Amankah Obat Warung Atasi Maag dan GERD? Ini Kata Dokter

Ilustrasi vitamin/obat.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Tidak sedikit orang yang masih bergantung pada obat warung. Jika merasakan masalah kesehatan tertentu, mereka kerap mengambil jalan pintas dengan mengonsumsi obat warung. 

5 Benefits of Fasting for People with GERD

Termasuk untuk mengobati nyeri maag dan GERD. Lalu, aman dan ampuhkah obat warung untuk mengatasi maag dan GERD? Dokter Spesialis Gastroenterologi FKUI-RSCM, Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, akan memberikan penjelasannya. 

"Obat warung itu komponennya hanya antasida. Nah, antasida itu sifatnya hanya menetralkan asam lambung. Jadi kalau misalnya pH-nya rendah 1-2, dikasih antasida mungkin bisa jadi 4," ujarnya saat Virtual Media Briefing, Kamis 10 Februari 2022.

Ini 5 Manfaat Puasa untuk Penderita GERD

Ilustrasi sakit maag/sakit perut.

Photo :
  • Pexels/Andrea Piacquadio

Namun Prof. Ari mengungkap, karena komponen obat warung hanya mengandung antasida saja, obat tersebut tidak dapat menekan produksi penyakit. 

Dear Penderita Maag, 5 Tips Ini Bermanfaat Untukmu

"Ketika efek obat ini turun, kambuh lagi dia. Karena dia sifatnya hanya menetralkan aja," ungkapnya. 

Jika hanya untuk menetralkan, Prof. Ari lebih menyarankan untuk mengonsumsi air gula ketimbang obat warung. 

"Bahkan dalam diskusi dengan salah satu media TV saya sampaikan, 'bagaimana ni dok mengatasinya?' Ya udah, seminimal-minimalnya minum air gula aja udah bisa menetralkan. Paling gak dia membuat lebih nyaman," terang dia. 

Ari menjabarkan, penyakit maag atau GERD bersifat asam sementara antasida bersifat basa. Itulah alasannya kenapa obat warung bisa menetralkan gejalanya, namun tidak mengobati. 

"Jadi, obat warung itu hanya menghilangkan gejala tapi tidak mengobati. Dia mungkin hanya relief symptoms tapi juga tidak lama, tapi dia tidak mencegah komplikasi. Artinya obat itu (warung) sifatnya hanya sementara," pungkas Prof. Ari Fahrial Syam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya