Rendah Gula, 3 Jenis Makanan Terbaik untuk Diabetes

Ilustrasi okra/sayur-sayuran.
Sumber :
  • Freepik/valeria_aksakova

VIVA – Menjaga pola makan yang sehat adalah salah satu cara terbaik untuk tetap sehat, terutama bagi pengidap diabetes. Hal yang kerap diabaikan adalah camilan sehat yang rupanya memiliki peran besar dalam menjaga kadar gula darah tubuh.

Tantrum pada Anak, Apakah Ada Kaitannya dengan Makanan yang Dikonsumsi Sang Ibu Selama Kehamilan?

Penderita diabetes harus memberi perhatian khusus pada asupannya untuk memastikan mereka tidak mengonsumsi terlalu banyak gula. Memastikan Anda makan makanan yang seimbang adalah cara yang bagus untuk menjaga berat badan Anda tetap terkendali. Karena obesitas adalah salah satu risiko terbesar terkait diabetes. 

Obesitas diyakini menyumbang 80-85 persen dari risiko mengembangkan diabetes tipe 2 dan ini biasanya karena obesitas menyebabkan peningkatan kadar asam lemak dan peradangan. Hal ini dapat menyebabkan resistensi insulin yang pada gilirannya dapat menyebabkan diabetes tipe 2.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Pada tipe 2, sel-sel dalam tubuh menjadi resisten terhadap insulin, sehingga diperlukan jumlah yang lebih besar untuk menjaga kadar glukosa darah dalam kisaran normal.

Pakar Dr Alona Pulde mengungkapkan tiga makanan sehat yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi risiko diabetes.

Sederet Tips Jitu untuk Turunkan Berat Badan Setelah Lebaran

Ganti snack

Ilustrasi camilan sehat

Photo :
  • Pixabay/ponce_photography

Mencicipi camilan favorit tentunya membuat mood lebih menyenangkan. Tetapi jika pola makan itu tinggi akan jenis makanan yang diproses, maka mungkin sudah saatnya untuk menggantinya.

Dr Pulde menjelaskan bahwa mengganti camilan olahan yang sarat dengan lemak, gula, dan garam dengan pilihan yang sehat dan kaya nutrisi adalah salah satu cara terbaik untuk mengurangi risiko diabetes.

"Cobalah sayuran dan saus seperti guacamole atau houmous, sushi sayuran, edamame atau buncis panggang atau popcorn," tambahnya, dikutip dari The Sun, Jumat, 11 Februari 2022.

Pilih gandum utuh

Ilustrasi roti

Photo :
  • Pixabay/Fotoshoptofs

Makan biji-bijian sangat bagus untuk diet tubuh secara keseluruhan. Karena dibandingkan dengan karbohidrat putih seperti roti putih dan pasta, biji-bijian membantu membuat kita kenyang lebih lama dan juga memainkan peran besar dalam meningkatkan serat makanan kita.

Dr Pulde menyarankan memilih biji-bijian tinggi serat daripada biji-bijian olahan tanpa nutrisi. Sebab, serat membantu meningkatkan kadar gula darah dan menurunkan risiko diabetes.

"Cobalah nasi merah, roti gandum utuh, miju-miju atau pasta kacang dan biji-bijian lain seperti quinoa, millet atau bayam," tuturnya.

Ganti soda

Ilustrasi jus

Photo :
  • Pixabay/skeeze

Banyak orang mengonsumsi minuman bersoda yang seringkali sarat dengan gula dan kafein ekstra. Dr Pulde mengatakan Anda harus menggantinya dengan jus buah yang tinggi gula dan tanpa nutrisi lain.

"Alih-alih menikmati air rasa buah, teh herbal, atau smoothie berserat tinggi yang mengandung buah dan sayuran utuh", tambahnya.

Dr Pulde mengatakan sangat penting bagi penderita diabetes untuk menjaga pola makan mereka karena ini adalah kondisi yang dapat berkembang menjadi penyakit yang melemahkan dan menghancurkan.

Semakin tua usia Anda, semakin besar risiko diabetes Anda dan memiliki kerabat dekat dengan diabetes, seperti orang tua atau saudara kandung, juga meningkatkan risiko Anda. Dr Pulde menambahkan bahwa diabetes dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan mengakibatkan sirkulasi yang buruk yang pada akhirnya dapat mengakibatkan amputasi anggota badan, gangguan ginjal yang pada akhirnya memerlukan dialisis, penglihatan yang memburuk dan bahkan kebutaan, risiko infeksi yang lebih besar dan lebih banyak kesulitan dalam penyembuhan.

"Perubahan pola makan, khususnya pola makan whole food nabati (kaya buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan kacang-kacangan), adalah hal nomor satu yang dapat membantu mencegah dan bahkan membalikkan diabetes," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya