Waspada, 4 Bumbu dan Saus Ini Diam-diam Perburuk Kondisi Diabetes

Bumbu dan saus
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Bumbu dan saus memang dapat menambahkan rasa pada makanan yang hambar. Bahkan bumbu dan saus dapat melezatkan makanan rendah kalori yang biasanya memiliki rasa yang kurang terlalu enak. Tapi, apakah bumbu dan saus benar-benar sehat?

783 Juta Orang Akan Menderita Diabetes Tahun 2045

Saus dan bumbu yang sering kita konsumsi, mungkin menjadi penyebab kenaikan berat badan bahkan berakhir pada peningkatan gula darah pada penderita diabetes.

Berikut daftar saus dan bumbu yang dapat memperburuk kadar gula darah pada penderita diabetes, karena mengandung bahan-bahan tersembunyi yang tidak sehat, dilansir Times of India, Senin 14 Februari 2022.

Pria di Florida Todongkan Pistol ke Pegawai McDonald's Hanya Gegara Saus

Diabetes

Photo :
  • Times of India

Saus tomat

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Saus ini sarat dengan sirup jagung fruktosa tinggi, yang merupakan zat pemanis dan memiliki kandungan gula yang tinggi, yang dapat langsung meningkatkan kadar gula darah. Meskipun tomat mengandung antioksidan yang disebut likopen yang memiliki beberapa manfaat kesehatan. Tetapi ketika diolah menjadi saus tomat, kehadiran gula jagung akan menutupi kebaikan likopennya.

Saus salad atau mayones

Jangan salah, saus lezat satu ini ternyata mengandung banyak gula, sirup jagung bertepung, natrium, pengawet dan lemak jenuh. Yang lebih memprihatinkan adalah, penambahan bahan pengawet berbahan dasar kimia di dalamnya dapat meningkatkan risiko beberapa jenis kanker.

Faktanya, saus salad yang creamy, mengandung sekitar 145 kalori, 328 kalori natrium, 15 gram lemak dalam 2 sendok makan saja, yang dapat merusak makanan sehat yang kita konsumsi.

Kecap

Kecap mengandung sekitar 1000 miligram sodium dalam 1 sendok makan, yang dapat meningkatkan tekanan darah. Ini juga berbahaya bagi penderita diabetes, karena dapat menyebabkan penyakit jantung koroner dan meningkatkan risiko serangan jantung serta stroke.

Balsamic Italia atau vinaigrette

Ini adalah salah satu jenis saus salad yang paling disukai. Tapi hati-hati, sebagian besar saus yang dijual komersial, telah ditambahkan sirup jagung, gula, dan minyak sayur.

Saus vinaigrette yang begitu populer ternyata juga mengandung sekitar 100 kalori, 1500 miligram natrium serta 3 gram gula per porsi, yang setara dengan sekitar 65 persen dari jumlah asupan garam harian yang direkomendasikan untuk sehari. Jadi, hanya dengan 2 sendok makan saus ini, sudah dapat merusak perut kita.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya