5 Penyebab Tenggorokan Terasa Panas, Nomor Empat Waspada Virus

Sakit tenggorokan
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Ada sejumlah kondisi kesehatan yang dapat menyebabkan tenggorokan terbakar. Beberapa dari mereka mungkin lebih serius daripada yang lain, tetapi semuanya dapat menyebabkan ketidaknyamanan yang perlu diobati.

5 Benefits of Fasting for People with GERD

Berita baiknya adalah cukup mudah bagi penyedia layanan kesehatan untuk mencari tahu penyebabnya. Mereka akan menemukannya berdasarkan gejala Anda yang lain dan pemeriksaan fisik.

Terdapat beberapa gangguan kesehatan yang menyebabkan tenggorokan terasa panas. Berikut adalah kondisi kesehatan yang umumnya identik mengakibatkan tenggorokan panas dilansir dari verywellhealth.

Ini 5 Manfaat Puasa untuk Penderita GERD

GERD

Gejala khas penyakit gastroesophageal reflux (GERD) adalah sensasi terbakar di dada yang dikenal sebagai mulas. Itu terjadi ketika asam lambung mengalir kembali ke kerongkongan, tabung yang menghubungkan tenggorokan ke perut.

8 Tips Menghilangkan Cegukan, No 8 Paling Unik

Terkadang asam naik sampai ke tenggorokan dan kotak suara. Ketika itu terjadi, ini disebut refluks laringofaringeal (LPR). Menariknya, setengah dari penderita LPR mengalami "refluks diam", yang berarti mereka tidak mengalami mulas atau sakit perut.

Ilustrasi asam lambung.

Photo :
  • U-Report

Gejala LPR lainnya meliputi:

Perasaan konstan bahwa ada sesuatu di tenggorokan
Dahak di tenggorokan
Membersihkan tenggorokan
Iritasi tenggorokan
Batuk kronis
suara serak
Kesulitan menelan

GERD terjadi ketika otot sfingter esofagus bagian bawah (LES) terlalu banyak berelaksasi atau melemah. LES biasanya mencegah asam lambung naik kembali ke kerongkongan. 

Dengan LPR, sfingter esofagus bagian atas, yang menahan asam agar tidak naik kembali ke tenggorokan, juga tidak berfungsi dengan baik. Terkadang obat seperti penghambat pompa proton diperlukan selain perubahan gaya hidup.

Esofagitis

Esofagitis adalah kondisi lain yang dapat menyebabkan rasa terbakar di tenggorokan. Ini adalah peradangan kerongkongan dan GERD adalah penyebab umum.

Ketika asam lambung direfluks ke tenggorokan, itu bisa menyebabkan iritasi dan peradangan. Ini biasanya menyebabkan sensasi terbakar di tenggorokan. Ini juga dapat menyebabkan masalah atau rasa sakit saat menelan.

Selain GERD, penyebab lain dari esofagitis mungkin termasuk infeksi atau minum pil tertentu. Ini juga dapat disebabkan oleh terapi radiasi ke daerah leher, konsumsi bahan kimia (misalnya, minum pembersih saluran pembuangan), atau alergi makanan. Bila disebabkan oleh alergi makanan, disebut esofagitis eosinofilik.

Perawatan akan tergantung pada penyebab yang mendasarinya. Misalnya, jika infeksi jamur terlibat, maka obat antijamur diperlukan. Jika GERD adalah penyebabnya, maka perubahan gaya hidup dan penghambat pompa proton mungkin diperlukan.

Sindrom mulut terbakar

Sindrom mulut terbakar adalah istilah medis untuk sensasi terbakar yang berlangsung lama—dan terkadang sangat parah—di lidah, bibir, gusi, langit-langit mulut, atau di seluruh mulut dan tenggorokan. 

Ini tidak memiliki penyebab terkait kesehatan yang jelas. Seseorang dengan sindrom mulut terbakar mungkin juga memiliki mulut kering dan / atau rasa asin atau logam di mulut

Sindrom mulut terbakar adalah masalah yang kompleks dan membutuhkan apa yang dikenal sebagai diagnosis eksklusi. Ini berarti bahwa penyebab lain dari gejala harus disingkirkan terlebih dahulu melalui pemeriksaan fisik dan tes darah.

Perawatan mungkin menantang jika gejalanya tidak memiliki penyebab yang jelas. Jika itu masalahnya, fokusnya adalah membantu mengendalikan gejala.

Infeksi virus atau bakteri

Setiap orang pernah mengalami sakit tenggorokan di beberapa titik dalam hidup mereka. Peradangan yang menyakitkan di bagian belakang tenggorokan ini biasanya disebabkan oleh virus, meskipun mungkin ada alasan lain.

Selain tenggorokan terbakar, gatal, atau kasar, terutama saat menelan, seseorang dengan infeksi virus pada tenggorokan juga dapat mengalami batuk, pilek, suara serak, dan/atau diare (pada anak-anak).

sakit tenggorokan

Photo :
  • Times of India

Antibiotik tidak bekerja melawan virus. Itu berarti tujuan pengobatan adalah untuk mengelola gejala dengan istirahat, obat nyeri yang dijual bebas, obat kumur air asin, dan pelega tenggorokan atau semprotan saat infeksi berjalan dengan sendirinya.

Lebih jarang, penyebab infeksi adalah bakteri, dan ini disebut radang tenggorokan. Ini membutuhkan perjalanan ke penyedia layanan kesehatan Anda untuk mendapatkan antibiotik.4 Jika tidak diobati, itu dapat menyebar dan menyebabkan masalah serius seperti demam rematik, demam berdarah, dan radang ginjal.

Tanda dan gejala lain dari radang tenggorokan sering meliputi:

Demam
Pembengkakan dan pembengkakan kelenjar getah bening di leher
Bercak putih di amandel
Pegal-pegal

Postnasal drip 

Postnasal drip kadang-kadang disebut sindrom batuk saluran napas atas. Ini terjadi ketika lendir dan cairan dari sinus dan hidung mengalir ke tenggorokan Anda. 

Orang-orang biasanya mengatakan bahwa mereka merasakan sesuatu yang menetes di tenggorokan, dan ini dapat mengiritasi dan menyebabkan perasaan terbakar. Batuk juga biasa terjadi karena Anda terus-menerus berusaha membersihkan tenggorokan

Ada banyak penyebab postnasal drip termasuk:

Alergi
Infeksi sinus
Infeksi virus seperti flu biasa
Kelainan anatomi saluran hidung dan sinus
Terlalu sering menggunakan dekongestan yang dijual bebas (disebut rinitis medicamentosa)
Terkadang gejala GERD tampak sama dengan postnasal drip, atau keduanya terjadi bersamaan. Hal ini membuat diagnosis dan pengobatan sedikit lebih kompleks.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya