5 Cara Mengatasi Gigi yang Berlubang

Ilustrasi gigi berlubang
Sumber :
  • teruniknews.blogspot.co.id

VIVA – Kebersihan mulut yang buruk dapat menyebabkan beberapa masalah, seperti gigi berlubang, gusi berdarah, hingga mengeluarkan aroma yang tak sedap dari mulut. Untuk mencegah masalah pada gigi berlubang anda hanya perlu memberikan gigi secara rutin, mulai dari menyikat gigi, hingga melakukan perawatan secara rutin dengan dokter gigi. Gigi berlubang terjadi ketika lapisan bakteri yang menempel pada gigi, disebut dengan plak, terus menumpuk. Ketika Anda makan atau minum sesuatu yang mengandung gula, bakteri dalam plak akan menghasilkan asam yang menyerang email gigi.

Berawal Cabut Gigi Bungsu, Perempuan Ini Alami Infeksi hingga Meninggal Dunia

Berikut beberapa cara merawat gigi berlubang, seperti dikutip dari alodokter sebagai berikut:

1. Menggosok gigi.

Benarkah Ada Plastik yang Bisa 'Bunuh Diri'

Sangat disarankan untuk menggosok gigi secara teratur, minimal dua kali dalam sehari, anda dapat melakukanya setiap pagi atau sehabis sarapan, namun ada baiknya, menunggu sekitar 30 menit ketika sehabis sarapan.

Hal ini untuk mencegah enamel atau lapisan pelindung gigi yang terkikis akibat makan atau minum yang bersifat asam seperti roti panggang, jeruk dan kopi.

5 Risiko Menakutkan yang Tersembunyi di Balik Jenggot dan Kumis Kasar yang Tidak Terawat

Anda juga dianjurkan untuk menggosok gigi pada malam hari sebelum tidur. Perawatan gigi ini baik untuk menghilangkan kuman dan plak dari sisa makanan atau minuman yang menumpuk sepanjang hari.

2. Memilih Pasta Gigi

Pasta gigi yang anda pilih haus mengandung flouride di dalamnya, perawat gigi dengan pasta gigi yang mengandung fluoride dapat menghambat pertumbuhan bakteri yang mengumpul di bagian mulut hingga menyebabkan gigi berlumbang.

3. Menggunakan Obat Kumur

Penggunaan obat kumur atau cairan pembersih mulut dapat membersihkan sela-sela gigi yang tidak terjangkau dengan sikat gigi maupun benang gigi. Tak hanya itu, berkumur menggunakan obat kumur antiseptik setidaknya satu kali dalam sehari dapat mencegah pembentukan plak dan penyakit gusi.

4. Membatasi Makan dan Minum Yang Bersifat Manis

Membatasi mengkonsumsi minuman atau makanan yang manis merupakan langkah yang tepat untuk mencegah gigi berlubang, hal ini karena makanan dan minuman yang bersifat manis akan merusak lapisan pelindung gigi atau enamel.

Tidak hanya itu, kebiasaan tidak menggosok gigi setelah mengkonsumsi makanan dan minuman yang manis dapat mempercepat kerusakan dalam gigi, anda sebaiknya memperbanyak mengkonsumsi buah dan sayuran serta banyak minum air putih.

5. Memeriksa Gigi Secara Rutin

Perawatan gigi yang anda lakukan di atas sangat lah penting, namun apa salahnya jika anda melakukan perawatan secara berkala, minimal 3 bulan sekali untuk memeriksa kesehatan gigi anda.

Pemeriksaan rutin ke dokter gigi bertujuan untuk menghilangkan plak yang mungkin terlewat saat menyikat gigi atau ketika menggunakan benang gigi. Dokter gigi juga mungkin akan melakukan scalling untuk menghilangkan karang gigi yang tidak dapat dijangkau selama perawatan gigi rutin setiap hari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya