4 Tanda COVID-19 Ini Ditemukan di Kulit

COVID-19
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Sementara kita telah membahas tentang gejala COVID-19 dan tanda-tanda pasca-COVID-19, kita mengabaikan sinyal yang terlihat yang mungkin merupakan peringatan awal penyakit atau sisa infeksi. 

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

COVID-19 merupakan penyakit infeksi pada saluran pernapasan, namun setelah menyerang tubuh manusia menimbulkan berbagai komplikasi, dan setelah keluar dari tubuh meninggalkan bekas serangan yang menetap di dalam tubuh selama berbulan-bulan.

Varian terbaru dari virus corona yang bertanggung jawab atas sebagian besar infeksi secara global adalah varian Omicron. Varian penyebar super dari virus corona ini tidak hanya bertanggung jawab atas penularan yang cepat, tetapi juga terkenal menyebabkan tubuh melalui berbagai komplikasi bahkan setelah menyelesaikan infeksi yang seharusnya.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Menurut para ilmuwan, yang dikutip dari Times if India, dari sekian banyak gejala infeksi varian Omicron yang terlihat di tubuh manusia, hanya sedikit yang bisa terlihat di kulit.

Jari kaki

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Dalam hal ini, jari kaki bisa tampak merah atau ungu, mirip dengan peradangan. Jari kaki juga bisa terasa gatal. Kejadiannya dominan selama infeksi coronavirus yang disebabkan oleh varian pertama, varian Alpha.

Menurut American Academy of Dermatology Association, banyak orang tidak merasakan apa-apa dan baru menyadari bahwa mereka memiliki jari kaki COVID ketika mereka melihat perubahan warna dan pembengkakan pada kaki (atau tangan) mereka. 

"Selain pembengkakan dan perubahan warna, jari kaki COVID juga dapat menyebabkan lecet, gatal, atau nyeri. Beberapa orang mengalami benjolan timbul yang menyakitkan atau area kulit kasar. Orang lain mungkin melihat sedikit nanah di bawah kulit mereka. Terkadang, orang yang memiliki jari kaki COVID memiliki gejala COVID-19 lainnya," kata mereka.

Bibir pecah-pecah

Sariawan

Photo :
  • Times of India

Banyak gejala infeksi COVID yang tumpang tindih dengan gejala flu biasa, dan bibir pecah-pecah adalah salah satunya. Jika Anda memiliki bibir pecah-pecah atau bibir sakit, dapat dikatakan bahwa Anda mungkin pernah menderita COVID-29 di masa lalu atau sedang melalui kondisi pasca-COVID-19.

?Kulit Kering

Tangan kering

Photo :
  • Times of India

Meskipun ada beberapa komplikasi medis yang mengeringkan kulit seseorang, hubungan COVID dengan kekeringan kulit telah terlihat pada banyak pasien, kata para ahli. Biasanya kulit menjadi lebih kering dan terasa gatal. Ini dapat muncul selama infeksi atau dapat bertahan di kulit selama berbulan-bulan setelah infeksi.

Ruam gatal-gatal

Ini biasanya merupakan kejadian umum ketika tubuh terpapar alergen apa pun. Dermatologis mengatakan pasien dengan COVID-19 mengembangkan ruam yang terlihat seperti gatal-gatal. Jika Anda melihat ruam seperti itu di kulit Anda, tanpa terkena alergen apa pun, dapat dikatakan bahwa Anda telah terpapar virus corona.

?Tanda-tanda COVID-19 lainnya terlihat pada kulit

Menurut para ahli, benjolan gatal, bintik-bintik, lepuh seperti yang terlihat pada cacar air, bintik-bintik datar, pola seperti renda juga terlihat pada banyak pasien dengan infeksi COVID-19. Para ahli telah berbicara banyak tentang COVID-19 dan gejala pasca-COVID.

Banyak tanda seperti pilek, sakit tenggorokan, sakit kepala, demam yang berhubungan dengan infeksi COVID-19. Bahkan setelah infeksi, orang terlihat melalui fase pasca-COVID-19 di mana gejalanya menetap atau muncul kembali setelah beberapa saat. 

sakit tenggorokan

Photo :
  • Times of India

Meskipun tidak ada definisi khusus tentang kondisi pasca-COVID atau long COVID tetapi jika gejala seperti kelelahan, sakit kepala, pilek, sakit tenggorokan, kehilangan indra penciuman dan perasa, bertahan lebih lama atau muncul kembali bahkan setelah infeksi mereda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya