5 Makanan Ini Membantu Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Air lemon
Sumber :
  • Pinkvilla

VIVA – Apakah sedang jatuh sakit saat musim berganti? Atau setiap kali muncul varian baru? Atau ada demam virus yang terjadi di lingkaran sosial Anda dan Anda langsung batuk dan pilek? 

10 Makanan Wajib Dihindari Jika Ingin Awet Muda Seperti Ade Rai, Nomor 2 Paling Sulit

Jangan khawatir! Paling sering, itu adalah mekanisme pertahanan tubuh Anda yang mencoba menjaga dan melindungi Anda, tetapi dalam prosesnya membuat Anda lelah sepenuhnya.

Nah, Anda dapat meningkatkan kekebalan dengan melakukan perubahan kecil ke dalam menu makanan Anda, karena pada akhirnya ini semua tentang vitamin esensial dan nutrisi lainnya. 

5 Manfaat Menakjubkan Mengonsumsi Air Kelapa Setiap Hari, Bisa Jaga Kesehatan Jantung

Dikutip dari Pinkvilla, menurut Ahli Gizi Vidhi Chawla berikut ini makanan yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Lemon

6 Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Menikmati Secangkir Kopi

Setiap kali seseorang sakit, hal pertama yang mereka dengar adalah mengonsumsi vitamin C. Mungkin ada banyak suplemen untuk mengisi kesenjangan nutrisi ini, tetapi cara terbaik adalah dengan mengonsumsi sayuran dan buah-buahan. 

Mulai dari buah jeruk Anda yang meliputi Jeruk Nipis, Lemon, Jeruk, Clementine, hingga sayuran Anda seperti Paprika, sayuran berdaun seperti Bayam, Selada, Kangkung, dan lainnya.

Kunyit

Kunyit.

Photo :

Bentuk kunyit paling murni, yang mudah tersedia di semua dapur, mengandung senyawa yang disebut kurkumin yang membuat yucky haldi benar-benar bermanfaat karena sifat anti-inflamasi dan antivirusnya. 

Anda dapat membuat bubuk kunyit mentah dan mencampurnya dengan susu dan madu dan meminumnya atau Anda dapat mengekstrak minyak esensial darinya yang memiliki sifat antijamur.

Bawang putih

Bawang putih tidak hanya dikenal untuk menangkal vampir tetapi juga, flu biasa dan virus umum lainnya, dengan meningkatkan kekebalan Anda. 

Viral Bawang Putih Untuk Obat

Photo :
  • vstory

Dan, bagaimana melakukannya, bawang putih mengandung konsentrasi seng tinggi yang melengkapi dan mendorong kemanjuran tubuh dalam meningkatkan sel-T, sehingga menjadikan bawang putih sebagai penangkal flu. Anda dapat memasukkan bawang putih ke dalam makanan dan kadha secukupnya, serta membuat sup bawang putih lezat yang juga meredakan sakit tenggorokan.

Jahe

Jahe.

Photo :
  • U-Report

Jahe sebenarnya adalah akar, karena itu membawa banyak nutrisi dan mineral yang meliputi vitamin B6, magnesium dan mangan. Semua nutrisi berperan aktif dalam meningkatkan metabolisme dalam pola yang sehat dan karenanya, kekebalan.

Jahe juga mengandung senyawa aktif spesifik yang disebut Gingerol, yang membuat jahe bersifat anti-inflamasi dan anti-bakteri sehingga menangkal infeksi. Biasanya, mencampur jahe dengan teh adalah obat yang efektif.

Rempah

Anda tidak perlu pergi terlalu jauh untuk menemukan obat yang sempurna. Melangkah ke kebun Anda akan membuat Anda berada di sebelah penguat kekebalan paling kuno. Herbal seperti kelor adalah obat terbaik yang bahkan direkomendasikan oleh Ayurveda untuk melawan infeksi karena semuanya kaya akan sifat antivirus dan antibakteri. 

Anda dapat menambahkannya ke makanan atau bahkan menggunakannya saat mengukus. Anda juga bisa menambahkan beberapa daun ini seperti tulsi untuk merebus air minum, hasilnya sungguh menakjubkan!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya