Dijual Bebas, Obat Ini Bisa Bantu Obati Pasien Long COVID-19

Ilustrasi jaga jarak/virus corona/COVID-19.
Sumber :
  • Freepik

VIVA – Setelah infeksi COVID-19, beberapa pasien merasakan efek jangka panjang, seperti kabut otak, nyeri sendi, intoleransi olahraga dan kelelahan, yang telah memengaruhi kehidupan jutaan orang sehari-hari.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Peneliti di University of California, Irvine, melaporkan kasus dua wanita paruh baya, sehat dan aktif yang menderita long COVID-19. Mereka menunjukkan perbaikan hingga 1 tahun setelah mengonsumsi obat antihistamin yang dijual bebas, yang biasanya digunakan untuk mengobati rinitis alergi, pilek, influenza, dan alergi lainnya.

Menurut laporan yang diterbitkan dalam The Journal for Nurse Practitioners, kedua wanita tersebut menggunakan antihistamin yang dijual bebas untuk mengobati kondisi lain. Orang pertama untuk mengobati alergi susu setelah makan keju dan yang kedua karena kehabisan obat alergi. Dia biasanya mengalami peningkatan kognisi dan sedikit lelah pada keesokan harinya.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Gejala long COVID-19 wanita pertama juga termasuk intoleransi olahraga, nyeri dada, sakit kepala, ruam dan memar. Sedangkan yang kedua, menderita nyeri sendi dan perut, serta ruam dan lesi yang dikenal sebagai jari kaki COVID-19.

Ilustrasi COVID-19/virus corona

Photo :
  • Pixabay/Tumisu
Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Temuan ini dapat memberikan kabar gembira bagi jutaan orang yang menderita gejala COVID-19 yang menyakitkan dan melemahkan yang mengganggu aktivitas sehari-hari.

Efek COVID-19 pada tiap pasien berkisar dari gejala ringan hingga beberapa minggu, termasuk kabut otak, nyeri sendi, intoleransi olahraga, dan kelelahan yang berlangsung selama berbulan-bulan setelah infeksi awal.

Saat ini, tidak ada pengobatan standar untuk kondisi long COVID-19, yang dapat berlangsung dari beberapa minggu hingga satu tahun.

"Pasien memberi tahu kami bahwa mereka berharap lebih dari apa pun agar mereka dapat bekerja dan melakukan aktivitas paling dasar yang biasa mereka lakukan sebelum jatuh sakit karena COVID-19 yang berkepanjangan. Mereka mati-matian mencari sesuatu untuk membantu mereka bangkit kembali," kata penulis penelitian sekaligus Profesor Keperawatan UCI, Melissa Pinto, dilansir daru Times of India, Selasa, 15 Februari 2022.

Ilustrasi obat/vitamin.

Photo :
  • Freepik

"Kemungkinan bahwa obat yang mudah diakses dan dijual bebas dapat meringankan beberapa gejala, yang seharusnya memberikan harapan bagi sekitar 54 juta orang di seluruh dunia yang telah mengalami kesulitan selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun," tambah dia.

Dalam kasus pertama, wanita tersebut tidak meminum antihistamin lain selama 72 jam. Ketika gejalanya muncul kembali, dia minum obat dan kembali merasa lega.

Dengan bimbingan dari penyedia layanan kesehatannya yang meresepkan antihistamin, dia mulai mengonsumsi dosis harian yang secara signifikan mengurangi gejala long COVID-19 lainnya. Dia melaporkan telah pulih 90 persen seperti sebelum terinfeksi COVID-19.

Sementara kasus kedua, wanita tersebut menggunakan antihistamin yang dijual bebas sebagai pengganti apa yang telah dia konsumsi selama bertahun-tahun untuk mengatasi alergi musimannya. Setelah mencatat kelelahan dan kognisi COVID-19 yang lama telah membaik dia terus meminumnya setiap hari bersama dengan obat alergi lainnya.

Ilustrasi virus corona/COVID-19.

Photo :
  • Freepik/freepik

Setelah mengonsumsi obat tersebut, secara signifikan mengurangi gejala tambahan COVID-19 yang panjang. Dia melaporkan, telah mendapatkan kembali 95 persen dari fungsi pra-sakitnya.

Penelitian yang dilakukan sebelumnya juga menunjukkan potensi manfaat antihistamin sebagai pengobatan untuk kasus long COVID-19.

"Jika pasien ingin mencoba antihistamin OTC, saya mendorong mereka untuk melakukannya di bawah pengawasan medis," kata Pinto yang juga menegaskan perlunya penelitian lebih lanjut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya