10 Cara Menghilangkan Karang Gigi yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah

Ilustrasi sikat gigi
Sumber :
  • instagram.com/dentist_kush

VIVA – Cara menghilangkan karang gigi ada beberapa yang harus kamu lakukan. Memang masalah gigi yang sering disepelekan adalah tumbuhnya karang gigi, sebetulnya masalah ini harus diperhatikan secara serius, bagaimana dan apa saja cara menghilangkan karang gigi?

Industri Facility Manajemen Indonesia di Atas Vietnam dan Kamboja

Mula-mula, penyebab karang gigi adalah berkembangnya plak yang dihasilkan dari sisa makanan dan minuman yang banyak mengandung karbohidrat seperti gula, pati, susu, kismis, kue, permen dan minum ringan lainya.

Bakteri yang menumpuk dari semua jenis makanan dan minuman akan hidup di bagian mulut dan berkembang biak sehingga bakal menghasilkan asam, jika bakteri ini ditinggalkan lama di dalam mulut dan gigi, asam yang dapat menghasilkan bau mulut yang tak sedap dan merusak enamel atau daya tahan gigi.

6 Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Menikmati Secangkir Kopi

Plak pun dapat berkembang pada akar gigi di bawah gusi yang menyebabkan kerusakan tulang penyangga gigi, karang gigi yang dibiarkan terus tumbuh dapat muncul semakin banyak dan dapat mengiritasi gusi, maka dari ikut menjaga kesehatan gigi memang perlu dilakukan dengan benar-benar.

Gigi dan mulut menjadi kesatuan yang termasuk dalam sistem pencernaan. Keduanya perlu dijaga dengan baik, karena melakukan kontak langsung dengan makanan dan minuman setiap hari. Jika lalai menjaga kebersihannya, sisa-sisa kotoran dari makanan dan minuman akan menempel pada gigi dan membentuk plak.

Pendingin Udara Ini Bisa Mendeteksi Pergerakan Manusia

Seperti dikutip dari Halodoc mengenai karang gigi "Karang gigi menjadi salah satu masalah yang sering disepelekan. Padahal jika ditelaah lebih jauh lagi, karang gigi dapat memicu penyakit, bahkan kerusakan gigi permanen. Dalam intensitas ringan, gangguan yang satu ini dapat diatasi dengan langkah sederhana."

Berikut cara menghilangkan karang gigi yang bisa anda lakukan di rumah seperti dikutip dari Hellosehat sebagai berikut:

1. Sikat Gigi Dua Kali Sehari.

Ilustrasi sedang bersikat gigi

Photo :
  • U-Report

Cara menghilangkan karang gigi yang pertama adalah, Menyikat gigi secara teratur masuk dalam daftar pertama sebagai cara menghilangkan juga membersihkan karang gigi. Terutama untuk karang gigi yang masih berwarna putih.

Para ahli menganjurkan setiap orang menyikat gigi sebanyak dua kali sehari, pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Supaya benar-benar bersih, sikatlah gigi Anda selama dua menit. anda disarankan untuk menyikat selama 30 detik untuk masing-masing empat bagian gigi samping kanan, samping kiri, depan, dalam.

2. Sikat Gigi Dengan Cara Yang Benar

Sikat gigi.

Photo :
  • U-Report

Cara menghilangkan karang gigi yang kedua, Sikatlah gigi Anda dengan gerakan memutar dari atas ke bawah. Pastikan Anda menyikat setiap bagian gigi sehingga plak dan sisa makanan yang menempel akan hilang. Mulai dari gigi geraham atau pada sisi belakang di salah satu sisi mulut.

Pastikan Anda tidak menyikat terlalu keras atau menekan gigi. Kebiasaan ini malah akan mengikis permukaan luar gigi enamel yang jadi pemicu gigi sensitif.

3. Bersihkan Gigi Dengan Benang

Dental Floss atau Benang Gigi

Photo :
  • Pixabay/ muklinika

Cara menghilangkan karang gigi ketiga,  membersihkan gigi dengan benang atau dental floss. Benang gigi efektif untuk membersihkan sela-sela dan bagian terdalam gigi yang sulit dijangkau oleh bulu sikat.

Rutin membersihkan gigi dengan benang juga dapat mengurangi risiko penyakit gusi dan bau mulut. Membersihkan gigi dengan benang idealnya dilakukan setelah menyikat gigi.

4. Gunakan Baking Soda

Baking soda.

Photo :
  • U-Report

Cara menghilangkan karang gigi keempat dengan menggunakan Soda kue mampu untuk menghilangkan plak tanpa merusak enamel gigi Anda. Dalam sebuah studi juga menunjukkan bahwa pasta gigi yang mengandung soda kue lebih efektif mengurangi jumlah plak.

Tak hanya itu, kandungan soda kue dapat melindungi gigi dari kehilangan kalsium serta email. Ditambah dengan adanya sifat antimikroba untuk mencegah kerusakan gigi.

5. Bersihkan Lidah

Cara menghilangkan karang gigi kelima dengan membersihkan lidah juga perlu jadi bagian rutinitas yang harus anda lakukan, pasalnya 50 persen bakteri mengumpul di bagian lidah.

Campuran air liur dan bakteri dapat membentuk plak di atas permukaan lidah. Sayangnya, plak ini tidak bisa dihilangkan hanya dengan membilasnya dengan air atau berkumur pakai obat kumur.

6. Pilih Sikat Dan Pasta Gigi Yang Tepat

Akibat Malas Sikat Gigi Tingkatkan Risiko Terkena Diabetes.

Photo :
  • U-Report

Cara menghilangkan karang gigi keenam dengan menggunakan sikat dan pasta gigi yang tepat pun juga dapat memuluskan cara menghilangkan karang gigi, dan pilihan sikat gigi yang memiliki bulu yang halus dan lembut, sesuaikan lebar kepala sikat gigi dengan ukuran mulut anda.

Penting juga untuk memilih sikat yang gagangnya nyaman ketika digenggam. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah untuk menyikat gigi dengan teknik yang tepat.

7. Gunakan Obat Kumur

Ilustrasi Obat kumur

Photo :
  • Dokumentasi Ayo Hidup Sehat tvOne

Cara menghilangkan karang gigi yang ketujuh dengan menggunakan obat kumur, mouthwash merupakan cara yang tepat untuk menghilangkan karang gigi, yang pastinya obat kumur itu bermacam-macam jenisnya, pastikan anda memilih untuk yang memberikan karang gigi.

Obat kumur dapat membantu merontokkan plak, kotoran, dan sisa-sisa makanan yang menempel di permukaan gigi. Bonusnya, obat kumur juga dapat membantu menyegarkan aroma napas Anda. Dengan begitu, Anda jadi terhindar dari risiko bau mulut.

Hindari beberapa obat kumur yang mengandung alkohol, pasalnya dengan adanya alkohol dapat menyebabkan mulut anda kering, pastika anda memilih obat kumur yang sudah terdaftar di BPOM.

Berkumurlah pakai obat kumur setelah Anda menyikat gigi. Gunakan obat kumur sesuai dengan dosis yang ada di petunjuk pemakaian atau yang dianjurkan dokter.

8. Berhenti Merokok

Terlalu banyak merokok.

Photo :
  • Dok. Istimewa

Cara menghilangkan karang gigi selanjutnya dengan berhenti merokok, pasalnya rokok terdapat kandungan kimia yang dapat memicu pembentukan karang gigi yang semakin banyak, bahkan karang gigi yang suka merokok itu cenderung berwarna hitam.

Itu kenapa berhenti merokok merupakan cara tepat untuk membantu menghilangkan karang gigi. Mulailah dengan perlahan dan jangan ragu untuk meminta bantuan dari keluarga atau kerabat dekat.

9. Banyak Minum AIr Putih

10 Tanda Tubuh Kurang Minum Air Putih

Photo :
  • U-Report

Cara menghilangkan karang gigi yang kesembilan, banyak minum air putih bisa menjadi solusi yang tepat, pasaknya dengan banyak minum air putih dapat membantu meningkatkan produksi air liur di dalam mulut.

Air liur berfungsi untuk menjaga kelembaban mulut dan meluruhkan plak dan sisa-sisa makanan yang ada di permukaan gigi. Enzim yang terkandung dalam air liur juga dapat membantu melawan bakteri penyebab infeksi di mulut

10 Bijak Pilih Makanan

Pilih buah-buahan atau makan-makanan berlemak?

Photo :
  • U-Report

Dan yang terakhir Cara menghilangkan karang gigi dengan memilih makanan yang anda makan setiap hari juga menjadi salah satu solusi yang bagus, karena setiap yang anda makan akan mempengaruhi perkembangan bakteri dan plak di dalam mulut.

Semakin manis atau asam makanan Anda, semakin banyak pula bakteri berkembang biak di dalam mulut. Bakteri, plak, dan sisa makanan yang dibiarkan terus menumpuk memicu pembentukkan karang gigi.

Itu beberapa cara menghilangkan karang gigi seperti yang sudah dijelaskan oleh Hellosehat, anda bisa melakukanya di rumah, namun alangkah baiknya anda harus rajin memeriksa kesehatan gigi anda secara rutin dengan minimal enam bulan sekali.

Ilustrasi Demam Berdarah Dengue (DBD)

Waspada! DBD di Indonesia Melonjak Hampir 3 Kali Lipat pada Kuartal I 2024

Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) terjadi di Indonesia pada kuartal I tahun 2024. Hingga Maret 2024, terdapat 43.271 orang yang menderita DBD dan 343 jiwa meregang nyawa.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024