10 Cara Menghilangkan Bekas Luka Yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah

Bekas luka
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Cara menghilangkan bekas luka sebetulnya sangat mudah tidak harus menggunakan krim cara menghilang bekas luka, anda juga bisa menggunakan bahan-bahan yang alami atau menjalani pemeriksaan dengan pergi ke dokter.

Simak, Begini Cara Kerja Manajer Investasi Reksa Dana

Ketika pada bagian tubuh kita terdapat bekas luka yang sudah lama tak kunjung hilang, maka hal tersebut dapat mengurangi rasa percaya diri seseorang. Terlebih jika bekas luka tersebut berada di bagian tubuh yang terlihat seperti wajah, tangan, kaki dan betis pastinya membuat kita kesal.

Mungkin saja Anda bisa saja menutupi bekas luka tersebut dengan berbagai cara, seperti mengenakan pakaian panjang agar luka tidak terlihat, tapi alangkah baiknya jika luka tersebut dapat dihilangkan. Bekas luka yang sering terjadi biasanya pada bagian kaki akibat terkena knalpot kendaraan atau terjatuh, sehingga pada bagian lutut mengalami luka yang sulit untuk dihilangkan.

Zaidul Akbar: Lidah Buaya Bermanfaat untuk Jantung, Darah dan Pankreas! Begini Cara Olahnya

Berikut beberapa cara menghilangkan bekas luka yang bisa anda lakukan seperti dikutip dari Alodokter dan Orami sebagai berikut.

1. Lidah Buaya

10 Manfaat Minyak Kelapa yang Sering Dianggap Remeh, Singkirkan Lemak Membandel

Ilustrasi lidah buaya/aloe vera.

Photo :
  • Freepik

Cara menghilangkan bekas luka yang pertama bisa dilakukan dengan lidah buaya, pasalnya lidah buaya termasuk  tanaman yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit. Selain bisa mengatasi kulit kering dan mencerahkan kulit, lidah buaya juga bisa membantu menyamarkan dan menghilangkan bekas luka membandel.

Cara menggunakan lidah buaya untuk menghilangkan bekas luka cukup mudah, Anda hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya ke area bekas luka, kemudian diamkan selama sekitar 30 menit. Setelah itu, bilaslah dengan air bersih.

2. Madu

Madu dan kayu manis

Photo :
  • Times of India

Cara menghilangkan bekas luka selanjutnya dengan menggunakan madu, Dibalik rasanya yang manis, madu bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka, sekaligus menghilangkan bekas luka yang membandel. Ini karena madu mengandung efek antibakteri, anti radang, dan antioksidan yang baik untuk proses pemulihan luka di kulit.

Anda cukup mengoleskan madu ke area bekas luka, lalu balut dengan perban. Setelah itu, diamkan semalaman dan lepaskan perban di pagi hari. Bersihkan kulit dengan air hangat.

3. Minyak Kelapa

Ilustrasi minyak kelapa.

Photo :
  • U-Report

Cara menghilangkan bekas luka bisa menggunakan minyak kelapa, Tingginya kandungan antioksidan di dalam minyak kelapa, minyak jojoba, atau minyak zaitun dipercaya mampu menghilangkan bekas luka, terutama akibat jerawat atau dermatitis.

Anda cukup mengoleskan langsung minyak zaitun atau minyak kelapa ke bekas luka, sambil memijit secara perlahan selama sekitar 10 menit. Selanjutnya, biarkan kulit menyerap minyak selama minimal satu jam.

4. Bawang Putih

Viral Bawang Putih Untuk Obat

Photo :
  • vstory

Cara menghilangkan bekas luka bisa dengan menggunakan bawang putih, pasalnya bawang putih sudah lama dikenal sebagai obat herbal untuk mengatasi sejumlah masalah kesehatan, termasuk masalah pada kulit. Tidak hanya mampu menghilangkan bekas jerawat, bawang putih juga dipercaya bisa membantu menghilangkan bekas luka akibat psoriasis.

Anda cukup mengoleskan bawang putih yang telah dihaluskan pada area bekas luka, kemudian diamkan beberapa menit. Selain itu, Anda juga bisa mengoleskan bawang putih dengan campuran lidah buaya atau madu.

5. Cuka Apel

Cuka sari apel.

Photo :
  • U-Report

Cara menghilangkan bekas luka bisa juga menggunakan cuka apel yang mengandung zat asam yang dapat mengangkat sel-sel kulit mati, mencegah infeksi bakteri, mengurangi produksi sebum, dan mengurangi peradangan. Oleh karena itu, cairan ini dinilai efektif dalam membantu menghilangkan bekas luka membandel, terutama bekas luka akibat jerawat.

Untuk menghilangkan bekas luka, Anda perlu mencampurkan 2 sendok teh cuka apel dengan 2 atau 3 sendok makan air putih, kemudian oleskan campuran cuka sari apel tersebut menggunakan bola kapas ke kulit.

6. Baking Soda

Baking soda untuk keputihan.

Photo :
  • U-Report

Cara menghilangkan bekas luka bisa menggunakan baking soda yang biasa digunakan untuk membuat kue, baking soda juga menjadi salah satu bahan alami yang dipercaya bisa menghilangkan bekas luka.

Anda cukup mencampurkan baking soda dengan air suling sedikit demi sedikit hingga berubah menjadi kental. Setelah itu, oleskan ke area bekas luka. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

7. Gunakan Krim

Krim alami penghilang bulu dan pencerah kulit.

Photo :
  • U-Report

Cara menghilangkan bekas luka bisa dengan krim untuk menghilangkan bekas luka kehitaman yang baik adalah krim yang mengandung silikon untuk menghaluskan dan mencerahkan warna kulit.

Menurut Jeannette Graf, ahli kulit di Majalah Allure, krim dengan kandungan ini dapat melunakkan jaringan parut dan membantu mengurangi keparahan penampilan pada kulit.

8. Basuh Luka Dengan Air Dingin

Ilustrasi air dingin/air es

Photo :
  • Pixabay/ColiN00B

Cara menghilangkan bekas luka bisa dengan membasuh dengan air dingin selama 20 menit, hal ini bisa membantu, mendinginkan kulit, meredakan luka bakar, dan mencegah cedera lebih lanjut.

kemudian oleskan salep hanya setelah selesai dengan langkah ini. Untuk hasil yang lebih baik, siapkan kompres dingin dengan kain basah bersih dan letakkan pada luka bakar.

9. Lemon

Ilustrasi lemon.

Photo :
  • U-Report

Cara menghilangkan bekas luka bisa juga dengan lemon, selain untuk mencerahkan dan membuat kulit tampak lebih bersinar, lemon juga termasuk berguna untuk menghilangkan bekas luka kehitaman.

Namun harus perlu diperhatikan karena ada beberapa dampak negatif dari penggunaan lemon sebagai cara menghilangkan bekas luka bakar yang menghitam, menurut dokter kulit John Diaz, mengatakan jus lemon mengandung asam sitrat dan bahan kimia yang dikenal sebagai psoralen. Keduanya dikenal mampu menimbulkan iritasi pada kulit.

10. Gunakan Sunscreen

Ilustrasi sunscreen/sunblock/tabir surya.

Photo :
  • Freepik/freepik

Yang terakhir cara menghilangkan bekas luka juga bisa menggunakan sunscreen, American Academy of Dermatology menyarankan untuk mengaplikasikan sunscreen atau tabir surya pada tubuh kita setiap hari untuk melindungi tubuh dari sinar matahari.

Gunakan tabir surya yang menawarkan SPF 30 atau lebih tinggi, perlindungan spektrum luas, dan seng oksida atau titanium dioksida, Jika memiliki kulit berminyak, cari sunscreen dengan klaim tidak akan menyumbat pori-pori atau non-komedogenik pada kemasan.

Itu beberapa cara menghilangkan bekas luka yang bisa anda lakukan, perhatikan langkah-langkahnya supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, namun alangkah baiknya konsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit.

Ilustrasi minuman dengan bahan alami.

5 Minuman Sehat Sebelum Tidur untuk Membantu Menurunkan Berat Badan

Menurunkan berat badan merupakan proses yang membutuhkan dedikasi dan usaha. Selain pola makan sehat dan olahraga teratur, kualitas tidur yang baik juga berperan penting.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024