8 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah, Atasi Kerutan hingga Flek Hitam

Manfaat minyak zaitun untuk wajah
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Manfaat minyak zaitun untuk wajah ini sangat beragam. Manfaat Minyak zaitun untuk wajah memberi nutrisi lebih untuk kulit dan bisa mengatasi berbagai keluhan baik jerawat maupun wajah kusam. Sejak zaman Romawi Kuno, minyak zaitun sudah digunakan untuk obat-obatan, bahan masakan, sabun, bahan bakar lampu kuno, hingga kosmetik.

5 Manfaat Lakukan Facial, Tingkatkan Sirkulasi Darah Hingga Jaga Kesehatan Kulit

Manfaat minyak zaitun untuk wajah ini bisa untuk wajah kusam hingga jerawat yang membandel. Cara pemakaiannya pun sangat mudah. Biasanya, cara memakai minyak zaitun untuk wajah ini dilakukan sebelum tidur di malam hari. Sehingga kita bisa melihat hasilnya pada pagi hari.

Manfaat minyak zaitun untuk wajah sangat banyak sekali dan luar biasa. Minyak zaitun ini diperoleh dari hasil penggilingan zaitun, dan minyak yang berasal dari tanaman asli Mediterania. Kandungan senyawa-senyawa yang ada dalamnya banyak sekali, sehingga bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Termasuk untuk kecantikan kulit wajah, karena mengandung vitamin E, vitamin K, Lemak omega 3, omega 6 dan omega 9, serta masih banyak lagi.

Manfaat Kalung Kesehatan, Solusi Nyata atau Sekadar Gaya?

Minyak zaitun merupakan minyak yang dihasilkan dari penggilingan tanaman zaitun. Minyak yang berasal dari tanaman Mediterania ini juga sangat bagus untuk berbagai kesehatan tubuh, seperti menjaga kesehatan jantung, menjaga kesehatan hati, menurunkan risiko kanker payudara, menekan risiko diabetes tipe 2, mengobati rematik dan lain sebagainya.

Bagi para Wanita, memiliki kulit wajah yang bersih adalah suatu kewajiban paten. Hal tersebut karena, kecantikan bisa membuat wanita jadi jauh lebih percaya diri. Sayangnya, terkadang keinginan kita tidak selalu terpenuhi, ada saja permasalahan yang muncul di kulit wajah. Minyak zaitun ini memiliki banyak manfaat nutrisi ketika dikonsumsi, tetapi juga sering dioleskan pada kulit dan rambut. Lantas, apa saja manfaat minyak zaitun untuk wajah? Berikut ulasan selengkapnya.

Mirip Karakternya, Intip Rahasia Kulit Kalem Afgan

1. Mencegah Penuaan & Kerutan di wajah

Ilustrasi kerutan di wajah.

Photo :
  • U-Report

Manfaat minyak zaitun untuk wajah yang pertama yaitu untuk mencegah penuaan dan kerutan. Dengan menggunakan minyak zaitun ini bisa menjadi alternatif untuk pembersih make-up. Karena minyak zaitun ini tidak menggunakan bahan kimia yang berbahaya untuk kesehatan kulit, maka minyak zaitun ini cocok untuk kulit kamu yang sensitive. Kandungan antioksidan di dalam minyak zaitun ini juga dapat memperlambat pembentukan kerut halus.

Gunakan minyak zaitun sebagai bagian dari gaya hidup sehat kamu karena minyak esensial ini juga mengandung banyak vitamin A, vitamin E, dan zat yang disebut Squalane, yang bermanfaat untuk memelihara kulit tetap awet muda. Untuk penggunaannya, bisa digunakan sebagai masker atau di minum langsung, sesuai dengan minyak yang herbal dan ori pastinya. Berbagai vitamin yang ada di minyak zaitun ini dapat mengurangi stres oksidatif pada kulit, yang menjadi salah satu penyebab penuaan dini pada kulit.

2. Mengatasi Jerawat 

Ilustrasi jerawat/kulit berjerawat.

Photo :
  • Pexels/Anna Nekrashevich

Kandungan antioksidan, anti bakteri, dan anti inflamasi yang sifatnya non comedogenic, bikin jerawat hilang dari wajah. Ternyata, minyak zaitun ini tidak menimbulkan komedo. Bahkan sebaliknya, sifatnya menutupi pori-pori kulit wajah kita. Bahkan, minyak zaitun juga dapat mencegah timbulnya jerawat dan menyembuhkan bekas-bekas jerawat. Maka, lakukan perawatan dengan minyak zaitun setiap malam, dioleskan dibiarkan sampai pagi agar jerawat menghilang. Kandungan polifenol yang tinggi, selain sebagai antioksidan untuk mencegah kerusakan wajah, juga dapat memutihkan kulit.

3. Mengatasi Flek Hitam 

Flek Hitam

Photo :
  • U-Report

Manfaat minyak zaitun untuk wajah lainnya yaitu mengatasi flek hitam. Penyebab munculnya flek hitam di wajah yaitu akibat memakai pil kb. Flek hitam di wajah tentu membuat penampilan menjadi kurang menarik dan bikin tidak percaya diri. Kandungan minyak zaitun ini juga di percaya mampu untuk mengatasi dan memudarkan flek hitam di wajah. Dengan pemakaian rutin dan benar, flek hitam akan hilang tanpa harus menggunakan bahan kimia dan obat lainnya.

4. Menjaga Kelembaban Wajah 

Perawatan wajah

Photo :
  • Times of India

Menjaga kesehatan, kelembaban dan mengencangkan kulit wajah dapat dirasakan jika menggunakan minyak zaitun. Kandungan zat aktif di dalam minyak zaitun, dapat menjaga kadar air di dalam kulit wajah. Sehingga menjadikannya lebih lembab dan juga mencegah penuaan dini.

Minyak zaitun ini bisa dikatakab sebagai anti aging, yang akan mengencangkan kulit wajah. Karena dapat menjaga kadar air di dalam kulit dan juga mengandung antioksidan yang disebut dengan polifenol. Dengan menggunakan minyak zaitun ini dapat mencegah kerusakan di kulit wajah, sehingga bisa mengencangkan kulit wajah secara alami dan natural.

Cara pakainya, cukup dengan mengoleskannya di wajah setiap malam atau bisa juga sebagai masker. Campurkan satu sendok makan minyak zaitun dengan satu sendok makan madu, lalu dioleskan dan kemudian biarkan selama 15 menit. Kemudian bilas hingga bersih. Lalukan secara rutin atau seminggu dua kali, dan dijamin hasilnya pasti bikin wajah glowing dan kencang.

5. Mengecilkan Pori-Pori 

Pori-pori kulit

Photo :
  • U-Report

Kandungan nutrisi yang sangat tinggi, dapat membantu mengecilkan pori-pori kulit wajah. Minyak zaitun ini juga berfungsi sebagai moisturizer alami, yang mengandung vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. Sehingga dapat menutrisi, melembabkan, dan menghaluskan kulit wajah.

Tingginya senyawa polifenol dan zat anti-oksidan yang terkandung di dalam minyak zaitun ini bisa membantu untuk mengecilkan pori-pori wajah agar tidak mudah tersumbat debu, kuman, dan kotoran. Penggunaannya pun sangat simple. Cukup tuangkan 1 – 2 sdm minyak zaitun ke dalam wadah, lalu oleskan secara merata ke seluruh permukaan kulit wajah. Diamkan selama sekitar 15 menit dan bilas hingga bersih.

6. Mempertebal alis 

Alis mata.

Photo :
  • Pixavay/claudioscotece

Ternyata, manfaat minyak zaitun untuk wajah juga bisa untuk mempertebal alis dan memanjangkan bulu mata. Jika kamu ingin melebatkan bulu mata, kamu bisa mengoleskan minyak zaitun ini ke alis dan bulu mata setiap malam. Biarkan sampai pagi, lalu dibilas. Minyak zaitun ini sangat tinggi nutrisi. Vitamin E yang ada pada minyak zaitun dapat berfungsi memberikan nutrisi pada setiap helai rambut alis. Memberi pijatan pada alis yang sudah diberi olesan minyak zaitun juga mampu merangsang pertumbuhan bulu alis lebih cepat.

7. Atasi Bruntusan

Cara menghilangkan bruntusan di wajah

Photo :
  • U-Report

Manfaat minyak zaitun untuk wajah bisa mengatasi bruntusan? Diketahui jika minyak zaitun ini memiliki banyak manfaat untuk Kesehatan kulit. Bahkan, minyak zaitun juga dipercaya mampu mengatasi masalah bruntusan dan jerawat meradang. Pemakaian minyak zaitun asli dengan rutin akan membuat kulit wajah kembali halus normal dan terhindar bruntusan.

Jika kamu mengalami masalah kulit seperti bruntusan, minyak zaitun ini bisa menjadi solusi mengatasi bruntusan tersebut. 
Selain melakukan pijatan, penguapan dan masker. Kamu juga bisa mengatasi bruntusan di wajah dengan melakukan scrubing minyak zaitun. Caranya cukup mudah yaitu campurkan 2 sendok makan garam laut halus dengan 1 sendok makan minyak zaitun.
Kemudian, aduk hingga merata. Gosok kulit yang berjerawat atau bruntusan selama sekitar 3 hingga 4 menit secara lembut. Lalu bilas wajah hingga bersih. Lakukan perawatan ini seminggu satu kali. 

8. Pembersih Make-Up 

Ilustrasi make-up.

Photo :
  • Pixabay

Manfaat minyak zaitun untuk wajah yang terakhir yaitu bisa digunakan untuk pembersih make-up. Make-up memang sudah menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian wanita, di mana wanita selalu menggunakan make-up dalam situasi apapun. Tanpa make-up, wanita jadi kurang percaya diri. Minyak Zaitun dipercaya bisa membantu mengangkat sisa-sisa kotoran make-up yang menempel di wajah, yang nantinya berakibat menjadi jerawat dan bruntusan secara cepat. Kebanyakan orang menganggap memakai minyak zaitun pada kulit yang berminyak akan semakin memperparah kondisi kulit. Tapi sebenarnya minyak zaitun justru bisa membersihkan wajah dari make-up lebih efektif.

Itulah beberapa manfaat minyak zaitun untuk wajah yang bisa mengatasi berbagai masalah wajah. Pastikan untuk menggunakan yang original dan pemakaian secara teratur agar hasilnya maksimal.

Ilustrasi wanita/skincare/kecantikan.

Bingung Pilih Skincare Lokal atau Luar? Begini Saran Dokter

Banyak orang yang makin sadar untuk merawat kulit terutama dengan penggunaan skincare. Tak heran, berbagai merek skincare bermunculan, mulai dari yang diimpor dari luar.

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024