6 Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut, Berikut Alasan Menggunakannya

Minyak zaitun
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Manfaat minyak zaitun untuk rambut ternyata sangat beragam. Minyak zaitun ini sudah dikenal sejak lama sebagai bahan alami untuk merawat rambut. Pasalnya, minyak dari ekstrak zaitun ini bersifat melembapkan, sehingga baik digunakan pada rambut. Tak heran jika minyak zaitun ini dijadikan sebagai kondisioner karena zaitun dipercaya dapat membuat rambut makin bersinar, kuat, dan lembut. Apa saja manfaat minyak zaitun untuk rambut? Simak ulasannya berikut ini yang dikutip dari hadviser.com

Manfaat Kalung Kesehatan, Solusi Nyata atau Sekadar Gaya?

Manfaat minyak zaitun untuk rambut

Ilustrasi minyak zaitun.

Photo :
  • U-Report
Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dan Pencernaan Lancar dengan Buah Delima

1. Pertumbuhan Rambut 

Manfaat minyak zaitun untuk rambut yang pertama yaitu untuk pertumbuhan rambut. Minyak zaitun dipercaya dapat sangat cocok untuk pertumbuhan rambut. Memang, oleuropein, senyawa yang terkandung dalam buah zaitun, terbukti dapat merangsang pertumbuhan rambut. Tokotrienol, vitamin E-group, telah menunjukkan efisiensi tertentu dalam meningkatkan jumlah rambut yang tumbuh. 

Rahasia Memilih Model Rambut, Tampil Menawan Sesuai Bentuk Wajah

2. Conditioning 

Minyak zaitun ternyata lebih bermanfaat untuk membuat rambut terlihat lebih sehat. Squalene, hidrokarbon yang ditemukan dalam minyak zaitun, banyak digunakan sebagai bahan pelembab dan emolien alami. Ini adalah alasan yang baik untuk menggunakan minyak zaitun untuk rambut kering agar lebih lembut dan kuat. 

Dan karena minyaknya adalah 83% asam oleat, yang membuatnya menjadi minyak tak jenuh tunggal, kita dapat dengan aman mengatakan bahwa ia mampu menembus batang rambut untuk meningkatkan pelumasannya. Ini memberi kami alasan untuk merekomendasikan minyak zaitun untuk rambut keriting alami yang rentan terhadap kekeringan dan keriting.

3. Mencegah kerontokan

Berkat vitamin E dan asam oleat, minyak ini mengurangi stres oksidatif, sehingga mencegah kerontokan rambut. Oleuropein yang disebutkan sebelumnya menawarkan efek antibakteri dan berkontribusi pada tamparan yang sehat, yang akan sangat dihargai oleh mereka yang menderita kulit kepala gatal. 

Selanjutnya, dengan menutupi celah di antara sel-sel kutikula, minyak menjauhkan beberapa zat agresif dari folikel. Ketika digabungkan dengan kekuatan minyak zaitun yang mempertahankan kelembapan, sifat-sifat ini memastikan perlindungan yang cukup kuat pada rambut dari kerusakan yang disebabkan oleh berbagai faktor.

4. Bikin rambut berkilau

Manfaat minyak zaitun untuk rambut lainnya yaitu membuat rambut makin berkilau. Saat minyak menghaluskan sisik-sisik kutikula rambut yang terangkat, minyak ini dapat bekerja sebagai obat yang bagus untuk rambut berkilau. Selain itu, dengan membungkus kutikula, ini membantu dalam menjinakkan dan mengurai rambut kusut, yang sangat penting untuk rambut hitam. 

Ujung bercabang adalah masalah lain yang harus diatasi dengan bantuan perawatan minyak zaitun, karena jenis lemak nabati ini merekatkan sisik rambut. Namun, kamu perlu mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan minyak zaitun untuk perawatan rambut berdasarkan tekstur rambut dan masalah yang ingin kamu atasi. Jadi, jenis rambut apa yang akan mendapat manfaat dari obat ini? Ini bagus untuk rambut kering yang juga tebal, kasar, atau bergelombang. Ini bekerja dengan baik untuk rambut dikeriting, rambut santai, dan pirang yang diputihkan. 

5. Mengurangi ketombe

Manfaat minyak zaitun untuk rambut juga dapat mengurangi ketombe. Minyak zaitun ini bisa digunakan untuk mengatasi ketombe dengan menghilangkan serpihan dan meredakan gatal. Di sisi lain, perawatan minyak zaitun tidak dianjurkan untuk rambut dan kulit kepala berminyak serta untuk rambut tipis. Overloading akan menghasilkan tampilan berminyak dan bahkan dapat mempengaruhi produksi sebum alami.

6. Menghilangkan kutu

Dikutip dari halodoc.com, ternyata manfaat minyak zaitun untuk rambut bisa menghilangkan kutu. Kutu rambut merupakan salah satu gangguan yang kerap menimbulkan rasa tidak nyaman karena gatal yang ditimbulkannya. Selain itu, kamu juga dapat mengalami iritasi pada kulit kepala karenanya. Jika ini terjadi, mulailah untuk memanfaatkan minyak zaitun untuk mengatasinya.

Caranya dengan mengoleskan minyak zaitun ke seluruh bagian kepala yang tumbuh rambut. Setelah itu, bungkus kepala selama kurang lebih 3 jam. Setelah itu, bersihkan rambut dari sisa-sisa minyak zaitun dengan sampo dan lakukan sebanyak 2 kali seminggu hingga masalah teratasi.

Minyak zaitun mana yang bagus digunakan?

Minyak Zaitun

Photo :
  • U-Report

Sebenarnya, kamu dapat dengan aman mengadaptasi minyak zaitun yang biasa kamu masak untuk perawatan rambut kecuali jika diberi label sebagai halus atau pomace. Minyak zaitun extra virgin memiliki kesehatan tertinggi, karena mempertahankan sebagian besar zat alami tanpa bahan kimia dan pemrosesan panas yang terlibat. 

Minyak zaitun murni sedikit kekurangan antioksidan fenolik tetapi lebih ramah biaya. Beberapa produk mungkin dicap sebagai minyak zaitun organik, artinya zaitun dibudidayakan tanpa bahan kimia yang digunakan selama proses berlangsung. Namun, minyak zaitun murni dapat berupa apa saja, mulai dari campuran minyak murni dan minyak sulingan hingga produk yang diekstraksi dengan panas, karena kadar seperti itu tidak diterima secara resmi.

5 alasan mengapa minyak zaitun sangat baik untuk pertumbuhan rambut

Minyak Zaitun.

Photo :
  • http://www.nemukabar.com/2014/04/minyak-zaitun-kandungan-dan-manfaatnya.html

Kaya akan asam lemak dan antioksidan, kamu dapat menggunakan minyak zaitun untuk pertumbuhan rambut dan juga menuai manfaat luar biasa lainnya mulai dari menguatkan hingga menutrisi. Kaya akan asam lemak dan antioksidan, minyak zaitun memiliki komposisi kimia unik yang diperoleh secara alami dengan menekan buah zaitun. Berwarna kuning muda atau hijau, minyak ini dikenal dapat memperkuat folikel rambut kamu, memiliki efek menenangkan pada kulit kepala dan bahkan merangsang pertumbuhan rambut. Ini alasan mengapa minyak zaitun sangat baik untuk pertumbuhan rambut dikutip dari healthshots.com.

1. Memelihara dan mengkondisikan rambut

Minyak zaitun bertindak sebagai pelembab yang hebat dan mencegah kekeringan. Ini mengandung semua nutrisi yang diperlukan yang diperlukan untuk memberi rambut nutrisi dan kondisioner yang tepat.

2. Menenangkan kulit kepala

Minyak zaitun memiliki efek yang sangat menenangkan pada kulit kepala, berkat sifat antibakteri dan antijamurnya. Efek pelembabnya membantu mengurangi rasa gatal, mengatasi kekeringan, melawan ketombe dan menyumbat folikel yang tersumbat. Folikel dan ketombe yang tersumbat ini adalah salah satu faktor utama penyebab kerontokan rambut. Oleh karena itu, mereka harus ditangani jika seseorang ingin menghindari kerontokan rambut.

3. Mengurangi produksi DHT

Produksi dihidrotestosteron, suatu hormon, adalah salah satu alasan utama di balik kerontokan rambut. Ini menyerang folikel rambut dan melemahkan rambut. Minyak zaitun menghalangi produksi hormon ini yang membantu mengurangi rambut rontok, meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat.

4. Mencegah kerusakan

Minyak zaitun kaya dengan persentase besar antioksidan yang mendorong pertumbuhan rambut. Hal ini dapat mencegah kerontokan rambut dan menyelamatkannya dari kerusakan. Kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dibalik oleh minyak zaitun.

5. Mengurangi kerusakan rambut

Namun manfaat lain dari minyak zaitun adalah membuat rambut menjadi tebal dan tebal dengan menjaga kerusakannya. Efek penguatan dan pengkondisiannya pada rambut serta kulit kepala membantu memperbaiki tekstur dan coraknya. Ini kaya akan asam lemak omega 6 yang menjaga kerusakan dan kekeringan.

Minyak zaitun memiliki beragam manfaat untuk kesehatan kulit hingga kesehatan rambut. Beragam manfaat minyak zaitun untuk rambut bisa kamu dapatkan jika rutin menggunakan. Itulah beragam manfaat minyak zaitun untuk rambut. Semoga bermanfaat.

[dok. Direktur Pemantauan dan Evaluasi Project Management Officer (PMO) Prakerja, Cahyo Prihadi, dalam konferensi pers di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu, 15 Mei 2024]

Anggarkan Rp 5 Triliun, Pemerintah Targetkan 1,14 Juta Orang Ikut Program Kartu Prakerja Tahun Ini

Program pelatihan Kartu Prakerja dipastikan masih akan berlanjut di tahun 2024 ini, dengan target jangkauan lebih dari satu juta warga.

img_title
VIVA.co.id
15 Mei 2024