Deretan Alasan Kenapa Urine Bau, No 6 Ngeri

Ilustrasi urine
Sumber :
  • Pixabay/ frolicsomepl

VIVA – Saat masuk toilet, seringkali tercium bau pesing. Apalagi ketika Anda berada di toilet umum. Aroma tak sedap yang mengganggu ini bisa jadi patokan untuk mengetahui kondisi kesehatan seseorang. 

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Meskipun urine bisa berbau karena beberapa alasan yang tidak penting, ada alasan lain juga di balik aroma tak sedap urine atau kencing. Kadang-kadang, urine yang berbau dapat disebabkan oleh infeksi dan kondisi kesehatan lain yang mendasarinya. Berikut adalah beberapa kemungkinan alasan mengapa urine atau air kencing berbau seperti dikutip laman Times of India.

ISK

Segar dan Wangi, Inilah Khasiat Daun Mint untuk Penderita Diabetes

ISK atau Infeksi Saluran Kemih sering terjadi karena bakteri yang tidak diinginkan yang berakhir di kandung kemih dan berkembang biak. Bau tersebut merupakan akibat langsung dari keberadaan bakteri tersebut. Namun, ISK ditandai dengan beberapa gejala lain seperti sensasi terbakar saat buang air kecil dan sering buang air kecil.

Kurang Minum

5 Penyakit yang Sering Mengintai Usai Lebaran, Jangan Terlena Makan Opor dan Kue Kering!

Ilustrasi air minum/air putih.

Photo :
  • Pexels/Lisa Fotios

Urine tidak lain adalah campuran air dan produk limbah lainnya. Ketika kuantitas air tidak cukup, maka produk limbah lainnya mendominasi komposisi urine dan dapat menimbulkan bau yang tidak sedap.

Minum kopi terlalu banyak

Minum kopi

Photo :
  • vstory

Meskipun hal ini tidak berlaku untuk semua orang, tetapi kopi dapat membuat urine berbau karena komposisi kopi yang begitu dimetabolisme, produk sampingannya dapat membuat urine berbau. Selain itu, kopi juga dapat menyebabkan dehidrasi, yang merupakan penyebab lain dari urine yang berbau tidak sedap.

Diabetes

Diabetes

Photo :
  • Times of India

Orang yang menderita diabetes tetapi tidak menyadarinya dapat mengalami urine yang berbau tidak sedap karena tubuh mereka tidak dapat mencerna gula seperti yang dilakukan tubuh orang lain, sehingga urine mereka mungkin berbau manis atau buah. Ciri lain dari penderita diabetes termasuk juga sering buang air kecil.

IMS

Infeksi Menular Seksual bisa sangat menonjol ciri-cirinya pada kondisi urine dan kandung kemih. Kadang-kadang infeksi ini dapat menyebabkan peradangan pada uretra yang dapat mengubah bau urin. Selain IMS, iritasi ringan pada vagina juga dapat menyebabkan urine berbau.

Makanan khusus

Bawang Merah

Photo :
  • Pixabay/ Marco Costanzi

Semua tubuh berbeda dan karena mekanisme operasinya yang berbeda, mereka mencerna makanan yang berbeda secara berbeda. Asparagus, kubis brussel, bawang merah, bawang putih, salmon, alkohol, dan kari adalah beberapa kelompok makanan yang sulit dicerna sepenuhnya oleh tubuh sebagian orang dan meninggalkan metabolit yang disertai dengan bau.

Infeksi jamur

Ragi atau jamur secara alami hadir di beberapa bagian tubuh termasuk vagina. Ketika mereka berkembang biak terlalu banyak, dapat menyebabkan komplikasi dalam tubuh, dan jamur tumbuh di vagina. Urine yang berbau dapat mengindikasikan infeksi jamur karena kedekatan antara uretra dan vagina. Infeksi disertai dengan gejala lain yang meliputi kemerahan, pembengkakan dan keluarnya cairan putih kental.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya