Manfaat Madu Beserta Cara Membedakan Asli dan Palsu

Manfaat madu
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Manfaat madu memang sudah tidak perlu dipertanyakan lagi bagi kesehatan tubuh. Madu juga memang sering dijadikan sebagai obat tradisional untuk kesehatan oleh kebanyakan orang. Selain itu, madu juga bisa dikonsumsi untuk menambah nutrisi pada tubuh sehingga dapat terlindungi dari berbagai masalah kesehatan. 

Jarang Disadari, Ini 5 Manfaat Luar Biasa Daun Sirih untuk Kesehatan Tubuh

Mungkin ada diantara kamu yang masih belum tahu apa saja sih manfaat madu bagi kesehatan tubuh? Maka dari itu pada kali ini kita akan membahas mengenai apa saja manfaat madu yang dapat menjaga tubuh tetap sehat dan terlindungi dari penyakit. Mengutip dari Viva, berikut ini berbagai manfaat madu, mulai dari madu mentah, madu hitam, madu bajakah hingga cara membedakan madu yang asli dan palsu yang perlu kamu ketahui. 

Manfaat Madu Mentah

5 Manfaat Kentut Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui, Menandakan Pencernaan Sehat

Ilustrasi lebah madu.

Photo :
  • vstory

1. Sumber Antioksidan yangBaik

Ramalan Zodiak Senin 22 April 2024, Virgo Dapat Perhatian dari Orang Asing

Madu dengan berbagai jenisnya diketahui mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk membantu agar tubuh terlindungi dari kerusakan sel akibat radikal bebas. Radikal bebas sendiri menjadi penyebab penuaan dan berkembangnya penyakit kronis misalnya seperti penyakit kanker dan penyakit jantung. 

2. Mengandung Antibakteri dan Antijamur 

Berdasarkan hasil penelitian, madu mentah diketahui dapat membunuh bakteri serta jamur yang dapat menyebabkan penyakit dalam tubuh. Secara alami, kandungan yang terdapat di dalam madu mentah yakni ada hidrogen peroksida dan antiseptik. Dimana kandungan tersebut tentunya baik untuk tubuh kita agar terhindar dari bakteri dan jamur. 

3. Menyembuhkan Luka 

Madu terbukti efektif dalam membunuh kuman dan juga membantu regenerasi jaringan. Berdasarkan hasil studi, luka akan dibantu untuk pulih dan infeksi akan berkurang dengan menggunakan madu Manuka. Sehingga sangat bagus sebagai obat penyembuh luka. 

4. Meredakan Sakit Tenggorokan

Seperti yang diketahui bahwa madu memang sudah sejak lama digunakan sebagai obat untuk sakit tenggorokan. Saat kamu sedang flu kamu bisa membuat campuran madu dengan teh panas dan lemon yang dapat menghangatkan tenggorokan. Selain itu, batuk juga dapat diredakan dengan madu. Berdasarkan hasil penelitian, manfaat madu setara dengan dekstrometorfan, bahan umum dari obat batuk.

5. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Sistem imunitas atau kekebalan tubuh kita dapat ditingkatkan dengan madu karena kandungan antioksidan dan antibakteri yang terdapat di dalamnya. Kamu bisa mengkonsumsinya hanya dengan secangkir air hangat yang ditambahkan satu sendok madu dan perasan air lemon. Atau bisa juga dikonsumsi langsung tanpa campuran air dan lemon. 

Manfaat Madu Hitam

Madu hitam

Photo :
  • U-Report

1. Membantu Mencerahkan Wajah

Salah satu manfaat dari madu hitam adalah dapat membantu mencerahkan wajah. Jika kamu merasa wajah kamu kusam kamu bisa menggunakan madu hitam agar lebih cerah. Hal tersebut dikarenakan madu hitam mengandung vitamin C yang dimana sangat baik sebagai pencerah wajah dan baik untuk kulit. 

Cara memakainya juga cukup mudah, kamu hanya tinggal mencapurkan madu hitam, lemon, almond dan oatmeal. Kemudian oleskan ke wajah secara merata sambil dipijat dan setelah itu bilas dengan air. 

2. Melembabkan Bibir

Bagi kamu yang memiliki bibir kering dan pecah-pecah kamu bisa menggunakan madu hitam untuk melembabkan bibir. Dengan madu hitam bibir kamu akan menjadi jauh lebih lembab. Caranya juga sangat mudah, kamu hanya tinggal memanaskan segelas madu hitam hingga berbusa. Lalu, tiriskan dan diamkan sampai hangat baru setelah itu bisa dioleskan ke bibir yang kering dan pecah-pecah. 

3. Mengencangkan Kulit Wajah

Kamu yang memiliki masalah kulit keriput dan sudah mulai keluar tanda-tanda penuaan dini bisa mengatasinya dengan menggunakan madu hitam. Madu hitam dapat mengencangkan kulit wajah. Caranya hanya tinggal membuatnya menjadi masker wajah dengan mengoleskan madu hitam ke area wajah dan diamkan selama 10-15 menit. Setelah selesai lalu bilas dengan air. 

4. Mencegah Penuaan Dini

Dengan menggunakan madu hitam, kulitmu yang mulai mengeluarkan tanda-tanda penuaan dini dapat diatasi. Madu hitam mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada kulit wajah. Sehingga kulitmu akan tetap terjaga dari penuaan dini. . 

5. Menghilangkan Flek Hitam

Madu hitam juga memiliki manfaat lain yakni dapat membantu menghilangkan flek hitam pada kulit wajah. Karena mengandung vitamin C yang bisa mencerahkan kulit wajah, maka flek-flek hitam yang ada pada wajah dapat hilang dan wajahmu menjadi jauh lebih bersih. 

Manfaat Madu Bajakah

Ilustrasi madu.

Photo :
  • U-Report

Madu bajakah merupakan campuran madu dengan akar bajakah serta bahan herbal lainnya yang dijadikan sebagai minuman. Minuman ini bermanfaat sebagai obat tradisional. Mungkin manfaatnya memang hampir sama dengan madu yang lainnya, namun dengan madu bajakah sebagai formulasi baru ini, reaksi yang yang diberikan akan lebih cepat untuk membantu menyembuhkan penyakit. 

1. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Madu bajakah mengandung nutrisi yakni vitamin, mineral, asam amino, gula dan antioksidan berupa fenol dan flavonoid. Sehingga dapat meningkatkan tingkat imunitas tubuh. 

2. Membantu Melawan Sel Tumor atau Kanker

Akar Bajakah yang diformulasikan dengan madu diketahui mampu mengobati beberapa penyakit kronis misalnya seperti melawan sel tumor dan juga penyakit kanker. Hal itu karena kelebihannya yang dapat bereaksi dengan lebih cepat. Bajakah Kalalawit yang mengandung phenol dan antibacterial, dengan ekstrak yang mengandung katekin tingi dapat mencegah penyakit jantung.

3. Mempercepat Penyembuhan Luka

Manfaat madu kayu bajakah diketahui dapat mempercepat penyembuhan luka dan menghentikan perdarahan karena senyawa saponin dan tanin yang terkandung di dalamnya. Sehingga dapat merangsang pembentukan pembuluh darah baru pada luka. Maka luka akan lebih cepat pulih. 

Cara Membedakan Madu Asli dan Madu Palsu

Ilustrasi madu.

Photo :
  • Pixabay/fancycrave1

Seperti yang diketahui bahwa di pasaran ada banyak sekali madu palsu yang beredar sehingga bukannya malah membuat tubuh menjadi sehat, tapi malah menjadi tambah sakit. Maka dari itu berikut ini akan dibahas tentang cara membedakan madu asli dan madu palsu. 

Caranya sangat mudah dan bisa kamu praktekan sendiri di rumah yakni hanya dengan mencampurkan madu ke dalam air di wadah gelas atau mangkuk kemudian aduk-aduk. Madu yang asli setelah diaduk akan membentuk pola hexagon atau sarang lebah sedangkan madu palsu akan bercampur dengan airnya. 

Itulah manfaat dari berbagai jenis madu untuk kesehatan tubuh dan sebagai obat tradisional menyembuhkan penyakit dan bagaimana cara membedakan madu asli dan palsu. Semoga dengan tulisan ini kamu bisa lebih menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari segala penyakit dan semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi kamu yang membacanya. Semoga segala informasi manfaat madu yang disampaikan dapat menjadi hal yang baik. 

Kol goreng

5 Efek Samping Kol Goreng Bagi Kesehatan yang Perlu Diwaspadai, Bisa Memicu Kanker

Kol goreng hidangan yang digemari banyak orang karena kelezatannya, ternyata menyimpan efek samping yang perlu diwaspadai jika dikonsumsi berlebihan, bisa memicu kanker.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024