14 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Tubuh dan Rahim

Kunyit
Sumber :
  • Pixabay/Steve Buissinne

VIVA –  Manfaat kunyit tentunya ada banyak sekali, selain sebagai bahan alami untuk masakan di dapur ternyata kunyit juga bermanfaat dan baik untuk kesehatan tubuh. Bahkan kunyit juga sering dijadikan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan suatu masalah kesehatan atau penyakit pada tubuh. Berbagai penyakit dipercaya bisa ditangkal dan disembuhkan dengan menggunakan dan mengonsumsi kunyit.

5 Efek Samping Kol Goreng Bagi Kesehatan yang Perlu Diwaspadai, Bisa Memicu Kanker

Kunyit bersifat anti-inflamasi dan antioksidan yang dimana mampu mencegah penyakit dan juga mengobati tubuh dari masalah kronis yang sebelumnya sudah ada pada tubuh. Kunyit mengandung senyawa kurkumin yang bertanggung jawab atas sebagian besar manfaat kesehatan potensial pada kunyit. Berikut ini berbagai macam manfaat kunyit yang telah dirangkum dan dikutip dari artikel-artikel Viva sebelumnya. 

Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Tubuh

Jarang Disadari, Ini 5 Manfaat Luar Biasa Daun Sirih untuk Kesehatan Tubuh

Gambar Kunyit

Photo :
  • U-Report

1. Menangkal Radikal Bebas 

5 Fakta Penting tentang Penyakit FLUTD pada Kucing

Radikal bebas pada tubuh.

Photo :
  • U-Report

Manfaat kunyit yang pertama diketahui dapat menangkal radikal bebas yang bisa datang dari mana saja mulai dari polusi, debu hingga makanan yang tidak baik bagi tubuh. Hal itu dikarenakan kunyit mengandung curcuma yang bermanfaat untuk melindungi organ tubuh dari radikal bebas. 

2. Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Ilustrasi bahagia & menjaga kesehatan

Ilustrasi bahagia & menjaga kesehatan

Photo :
  • ist

Kunyit dapat menjadi alternatif untuk membantu meningkatkan sistem imunitas atau kekebalan tubuh. Kamu bisa membuat kunyit menjadi minuman hangat di pagi hari agar kamu senantiasa selalu sehat. Dengan mengandung kurkuminoid dan minyak atsiri imunitas tubuh dapat terjaga. 

3. Bagus untuk Kesehatan Otak

ilustrasi kerusakan otak

Photo :
  • U-Report

Otak tentunya menjadi suatu bagian yang penting dalam tubuh. Kesehatan otak juga harus dijaga karena segala memori ada di dalam otak dan tubuh kita juga terhubung dengan otak sehingga jangan sampai rusak atau mengalami sakit. Salah satu manfaat kunyit adalah kunyit mampu memproteksi kesehatan otak. Bahkan bisa mencegah penurunan kondisi pada penderita alzheimer dengan  efek antioksidan dan neuroproteksi yang dimiliki kunyit. 

4. Organ Pencernaan 

Ilustrasi sistem pencernaan.

Photo :
  • Pixabay

Manfaat kunyit lainnya yakni adalah menjaga kesehatan organ pencernaan sehingga dapat terlindungi kesehatannya. Zat aktif yang terkandung pada kunyit dapat melindungi saluran mukosa pencernaan. Maka dari itu sangat baik bagi para penderita penyakit lambung. 

5. Mencegah Diabetes

Cegah diabetes

Photo :
  • U-Report

Dengan mengonsumsi kunyit, penyakit diabetes dapat dicegah karena kunyit dapat menekan kadar gula darah yang tinggi dengan zat aktifnya. Kunyit dengan zat aktif dan efek antioksidan bermanfaat untuk melawan radikal bebas  dan melindungi sel beta di pankreas dan jaga kestabilan insulin.

6. Mengatasi Nyeri Sendi

Nyeri sendi

Photo :
  • Times of India

Salah satu manfaat kunyit lainnya adalah dapat mengatasi penyakit nyeri sendi yang mempengaruhi aktivitas kita saat beraktivitas atau berolahraga. Dengan kunyit nyeri sendi dapat teratasi hanya dengan mencampurkan susu dengan kunyit agar rasa pahitnya tidak terlalu berasa. 

7. Flu dan Batuk

Ilustrasi flu dan batuk

Photo :
  • Telegraph

Penyakit yang umum dialami oleh banyak orang yakni flu dan batuk ini juga bisa diatasi dengan menggunakan kunyit lho!. Bakteri virus yang menyebabkan flu dan batuk dapat dilawan dengan kandungan antioksidan yang terkandung di dalam kunyit. Kamu bisa mengonsumsinya dengan rutin agar flu dan batuk cepat hilang dan sembuh. 

8. Mengatasi Risiko Penyakit Jantung

Ilustrasi penyakit jantung.

Photo :
  • U-Report

Salah satu bahan alami yang dianggap mampu mengatasi risiko penyakit jantung adalah kunyit. Hal itu dikarenakan kunyit mengandung pengencer darah dan antioksidan yang mampu mengurangi risiko penyakit jantung. Untuk mengatasinya kamu dapat menjadikan kunyit sebagai alternatif dengan membuatnya sebagai minuman hangat dan rutin dikonsumsi. 

9. Melindungi Kesehatan Liver 

Ilustrasi penyakit pembengkakan hati.

Photo :
  • U-Report

Salah satu penyakit yang berbahaya adalah penyakit hati atau disebut liver. Apabila kita mengalami penyakit liver maka tentunya akan sangat  berpengaruh pada kinerja tubuh. Liver sendiri berfungsi untuk mendetoksifikasi tubuh dan membuang sampah dari tubuh. Sehingga kesehatannya harus tetap terjaga salah satunya dengan mengonsumsi kunyit yang baik untuk kesehatan liver. 

10. Mencegah Kanker 

Penyakit kanker.

Photo :
  • U-Report

Kanker tentunya menjadi salah satu penyakit yang tergolong berbahaya dan mematikan. Namun kunyit sebagai bahan alami dipercaya mampu mencegah penyakit kanker karena kaya akan antioksidan yang dapat melindungi sel tubuh dari perubahan DNA yang memicu timbulnya kanker.

Manfaat Kanker untuk Kesehatan Rahim

Ilustrasi uterus, rahim

Photo :
  • Pixabay/ LJNovaScotia

1. Dapat mencegah Kanker Rahim 

Ilustrasi kanker rahim.

Photo :
  • U-Report

Dengan berbagai kandungan bermanfaat yang dimiliki oleh kunyit misalnya seperti kurkumin, antioksidan dan anti-inflamasi maka bahan alami ini dipercaya dapat mencegah timbulnya penyakit kanker rahim.

2. Mengatasi Keputihan

Ilustrasi keputihan.

Photo :
  • U-Report
 

Mungkin banyak dari para wanita yang sering mengalami keputihan yang tak kunjung selesai dan membuat kamu khawatir akan hal itu. Namun kamu tidak perlu terlalu khawatir lagi karena dengan mengonsumsi kunyit kamu bisa mengatasi keputihan yang berlebih. 

3. Mengurangi Nyeri Haid

Ilustrasi menstruasi/nyeri haid.

Photo :
  • Pixabay/Saranya7

Nyeri haid tentu adalah hal yang umum dialami oleh para wanita di luar sana. Biasanya kebanyakan wanita mengalami sakit perut yang luar biasa saat haid dan tentunya sangat menyiksa dan mengganggu aktivitas. Namun dengan  mengonsumsi kunyit hal tersebut bisa diatasi dan nyeri haid kamu dapat berkurang. 

4. Mengontrol Haid

Ilustrasi terlambat haid.

Photo :
  • U-Report

Kamu para wanita yang memiliki jadwal haid atau datang bulan yang tidak teratur dan tidak lancar dianjurkan untuk mengonsumsi kunyit. Hal itu agar haid kamu bisa kembali normal, lancar dan teratur. Sehingga kamu yang mengalami haid tidak teratur tidak perlu khawatir lagi karena kunyit dapat mengontrol haid. 

Itulah manfaat kunyit yang dapat kamu ketahui dan pelajari, siapa tahu suatu saat kamu membutuhkannya sebagai obat alternatif untuk mengatasi penyakit atau masalah pada tubuh. Manfaat kunyit ini sangat berguna untuk menjaga dan melindungi tubuh dari segala penyakit mulai dari yang biasa-biasa saja sampai yang kronis sekali pun. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi kamu yang membacanya.

Menteri Kesehatan RI  Budi Gunadi Sadikin

Menkes Budi Paparkan Penanganan Penyakit Arbovirus

Menkes RI Paparkan Penanganan Penyakit Arbovirus dalam International Arbovirus Summit Indo

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024