10 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan Tubuh dan Kecantikan

Manfaat Bawang Putih
Manfaat Bawang Putih
Sumber :
  • Pinkvilla

VIVA – Manfaat bawang putih ternyata ada banyak dan sangat berguna khususnya bagi kesehatan kita. Bawang putih memang sebelumnya dikenal menjadi campuran bahan untuk menjadi obat alternatif tradisional selain menjadi bumbu dapur untuk bahan masakan. Bahkan untuk kesehatan bawang putih bisa langsung dikonsumsi tanpa diolah terlebih dahulu. Mungkin beberapa dari kamu belum mengetahui apa saja manfaat dari bawang putih yang bisa membantu berbagai masalah kesehatan dalam tubuh. Maka dari itu pada kali ini kita akan membahasnya.

Selain bawang putih menjadi bumbu penyedap untuk masakan yang sehari-harinya pasti digunakan, bawang putih juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Hal tersebut berdasarkan hasil dari berbagai penelitian dan studi yang dilakukan oleh ahli. Sebagai obat alternatif tradisional, manfaat dari bawang putih dapat dirasakan dengan mengonsumsinya dengan rutin baik itu langsung dimakan mentah maupun diolah dan dicampur dengan bahan lain. Nah, berikut ini akan dijelaskan sejumlah manfaat bawang putih yang telah dirangkum, mengutip dari artikel-artikel Viva sebelumnya.

Manfaat Bawang Putih

Bawang putih memiliki khasiat yang berguna untuk berbagai masalah kesehatan dan penyakit, bahkan bermanfaat untuk kecantikan khususnya bagi kulit dan rambut. Lantas, apa saja manfaat bawang putih? Berikut ini kumpulan manfaat dari bawang putih mulai dari untuk kesehatan hingga kecantikan. 

1. Melawan Pertumbuhan Kanker 

Penyakit kanker.

Penyakit kanker.

Photo :
  • Freepik

Bawang putih dipercaya dapat membantu menghentikan pertumbuhan sel kanker dan membantu sel kanker tersebut untuk tidak berkembangbiak ke berbagai bagian tubuh lainnya. Hal itu dikarenakan adanya kandungan senyawa belerang yang ada pada bawang putih. Berdasarkan sebuah penelitian yang diterbitkan oleh The American Institute of Cancer Research, pertumbuhan tumor kanker mampu dihentikan dan dikurangi dengan bawang putih.

2. Membantu Melawan Infeksi dan Alergi 

Alergi

Alergi

Photo :
  • allerair.blogspot.com

Beberapa penyakit yang penyebabnya karena infeksi dan alergi dapat dibantu disembuhkan bahkan dicegah oleh bawang putih karena didalamnya terkandung antibakteri dan antijamur. Dengan mengonsumsi bawang putih setiap hari tubuh kamu akan menjadi lebih kuat dan kebal terhadap penyakit yang mungkin bisa menyerang.

3. Mengurangi Risiko Serangan Jantung 

Ilustrasi penyakit jantung.

Ilustrasi penyakit jantung.

Photo :
  • U-Report

Kesehatan jantung kamu juga bisa terjaga dengan mengonsumsi bawang putih setiap hari. Bawang putih dapat mengurangi jumlah trigliserida dalam darah yang menyebabkan peningkatan kadar gula darah. Tak hanya itu saja, risiko pembekuan darah yang menyebabkan risiko penyakit stroke dan penyakit jantung juga dapat dibantu dikurangi dengan mengonsumsi bawang putih. 

4. Membantu Mengatasi Kolesterol

kolesterol naik

kolesterol naik

Photo :
  • U-Report

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan Canadian Journal of Cardiology, bawang putih disebut dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Manfaat bawang putih untuk membantu mengatasi kolesterol bisa didapatkan dengan mengonsumsinya dalam bentuk mentah tanpa diolah. Bisa langsung dikunyah atau digerus terlebih dahulu. 

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Tubuh segar dan sehat.

Tubuh segar dan sehat.

Photo :
  • U-Report

Manfaat bawang putih lainnya juga diketahui dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Hal itu dikarenakan bawang putih mengandung allicin, bahan kimia yang terbukti dapat membunuh bakteri dan jamur serta gangguan pencernaan tertentu dapat diringankan. Sehingga daya tahan tubuh dapat meningkat. Kamu bisa mengonsumsinya dengan cara dimakan mentah atau diseduh bila ingin mendapatkan manfaat dari bawang putih untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

6. Bermanfaat untuk Kulit dan Rambut 

Ilustrasi wanita/kecantikan.

Ilustrasi wanita/kecantikan.

Photo :
  • Freepik/drobotdean

Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, ternyata manfaat dari bawang putih lainnya adalah bermanfaat untuk kecantikan dan terutama untuk kulit dan rambut. Radikal bebas pada kulit dapat dibantu dilindungi oleh bawang putih. Selain itu, bawang putih juga dapat menghambat penuaan dini dan meningkatkan kolagen pada tubuh. Infeksi jamur yang dan alergi karena bakteri juga dapat diobati dengan menggunakan bawang putih. Nah kalau untuk rambut, ekstrak bawang putih bisa mengatasi rambut kamu yang rontok.

7. Meningkatkan kualitas tidur

Ilustrasi wanita tidur.

Ilustrasi wanita tidur.

Photo :
  • U-Report

Siapa sangka ternyata bumbu dapur bawang putih ini dapat membuat kualitas tidur menjadi lebih baik. Bagaimana bisa? Ternyata kandungan sulfur yang ada pada bawang putih dan juga aromanya sangat memiliki efek untuk meningkatkan kualitas tidur. Efeknya sangat menenangkan dengan aromanya yang dapat menjadi obat terbaik untuk kamu yang mengalami insomnia. Caranya kamu hanya tinggal meletakkan bawang putih di bawah bantal saat kamu tidur. Dengan begitu dipercaya bawang putih dapat mengisi ulang energi saat kamu sudah bangun. 

8. Mendetoksifikasi Logam Berat dalam Tubuh

Ilustrasi paru-paru sebelum dan sesudah detoksifikasi.

Ilustrasi paru-paru sebelum dan sesudah detoksifikasi.

Photo :
  • U-Report

Bawang putih juga dapat membantu mendetoksifikasi logam berat dalam tubuh dengan mengonsumsinya. Tubuh dapat terlindungi dari kerusakan organ karena toksisitas logam berat dengan kandungan senyawa belerang yang ada pada bawang namun pada dosis yang tinggi ya dikonsumsinya. 

9. Baik untuk Penderita Diabetes

Diabetes

Diabetes

Photo :
  • Times of India

Bawang putih juga ternyata baik bagi para penderita diabetes. Hal itu dikarenakan zat aktif yang terkandung dalam bawang putih dan dapat menstimulasi pankreas untuk menghasilkan insulin sehingga bisa menurunkan tekanan darah. Bawang putih bisa dikonsumsi agar produksi insulin dapat tercukupi dan gula dalam peredaran dara meningkat.

10. Baik untuk Penderita Hipertensi

Hipertensi.

Hipertensi.

Photo :
  • U-Report

Manfaat bawang putih yang paling banyak dibicarakan salah satunya adalah sebagai obat alternatif yang dapat menurunkan tekanan darah pada orang-orang yang menderita hipertensi. Hal itu dikarenakan kandungan allicin yang terdapat di dalam bawnag putih sehingga bahan kimia tersebut dapat melebarkan pembuluh darah dan menurunkan tekanan pasa darah.

Itulah manfaat bawang putih yang dapat kamu ketahui mulai dari bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan mengatasi berbagai penyakit yang biasa saja dan kronis hingga bermanfaat dalam kecantikan. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi yang membacanya dan sebagai alternatif saat kamu mengalami hal-hal di atas namun di rumah hanya ada bumbu dapur yakni bawang putih saja. Kamu bisa mempraktekan untuk membuat obat alternatif dan mencobanya di rumah.