Mengkudu Ampuh Stabilkan Hipertensi, Yuk Coba Resepnya

Buah mengkudu.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Tak banyak yang tahu kalau kandungan buah mengkudu (buah noni) merupakan bagian dari spesies keluarga kopi. Rasa dari buah ini memang tidak enak dan baunya sedikit tajam. Namun, ada banyak manfaat buah mengkudu untuk kesehatan.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Pakar herbal DR Dr Trifena, Msi (Herb.Est), MBiomed (AAM) menuturkan bahwa mengkudu memiliki beragam khasiat yang berasal dari buah, daun, hingga akarnya. Bahkan, ampas dari jus buah mengkudu mampu menjaga kesehatan kulit wajah.

"Bijinya punya manfaat. Akar juga bermanfaat. Cuma kalau buah dan akar lebih ke asam amino. Daunnya lebih ke vitamin atau antioksidan. Ampasnya bisa bermanfaat untuk kecantikan," tuturnya dalam acara Hidup Sehat, TvOne, Kamis 24 Februari 2022.

5 Penyakit yang Sering Mengintai Usai Lebaran, Jangan Terlena Makan Opor dan Kue Kering!

Buah mengkudu sendiri cukup populer karena rasa dan aromanya yang khas namun memiliki khasiat yang baik. Salah satunya, khasiat untuk menjaga tekanan darah yang kerap meningkat pada sebagian orang.

"Kalau mengkudu, bisa bantu turunkan darah tinggi. Tapi hati-hati dikonsumsi pada orang yang ada penyakit jantung. Namun bagi yang hipertensi, sangat baik. Untuk jaga gula darah juga bisa," katanya.

Konsumsi Garam Berlebih Sebabkan 3 Penyakit Ini, Berujung pada Masalah Seksual

Tekanan darah/hipertensi

Photo :
  • Times of India

Di dalam mengkudu, khususnya buah, memiliki kadar kalium yang cukup tinggi sehingga mampu menstabilkan kadar gula darah serta mengurangi nyeri otot. Akan tetapi, kalium tersebut bisa menjadi bahaya bagi pasien gangguan jantung dan ginjal.

"Bisa perbaiki sakit-sakit otot. Ada orang sakit di sendi, bisa bantu kurangi sakit. Bisa 1-2 buah tiap hari. Asal bagi yang sakit ginjal dan masalah jantung, jangan minum dulu karena tinggi kalium," ujarnya.

Nah untuk resepnya, dokter Trifena memberi dua pilihan yaitu salad dan jus. Untuk membuat salad, buah mengkudu di cuci bersih lalu potong bentuk dadu. Bisa pilih daun hijau apapun yang ingin dicampur dengan buah mengkudu serta bawang bombay dan kacang, lalu tuang saus saladnya.

Untuk jus, bisa pilih buah mengkudu yang segar dan cuci bersih. Lalu gabung dengan apel dan diblender, tuang di gelas. Blender juga bayam dan sawi untuk dicampur dengan cairan jus pertama tadi agar rasanya lebih segar dan lebih berkhasiat. Selamat mencoba!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya