12 Manfaat Buah Srikaya, Mampu Turunkan Tekanan Darah dan Kolesterol

Srikaya
Sumber :
  • inmagine.com

VIVA – Manfaat buah srikaya sangat bagus untuk Kesehatan. Buah srikaya merupakan buah yang sangat menakjubkan dan banyak disukai oleh masyarakat. Srikaya adalah buah tropis milik keluarga Annonacea. Bentuk buahnya bermacam-macam dan bisa miring, bulat, tidak beraturan, berbentuk hati atau bulat.

Jemaah Haji Kategori Risiko Tinggi dari Kloter 3 Embarkasi Palembang Capai 91,7 Persen

Buahnya bulat atau lonjong, berdiameter 6-10 cm (2,4–3,9 inci), dengan kulit bersisik tebal atau menonjol yang membuatnya tampak seperti kerucut pinus. Berat buah 100-230 gram. Daging buahnya harum, manis, berwarna putih hingga kuning muda, dengan tekstur dan rasa custard.

Rasa dianggap yang terbaik di antara buah-buahan dalam genus. Bagian yang dapat dimakan adalah 28-37% dari total berat buah dan bijinya sesuai dengan 23-40%. Bijinya mengkilat, lonjong dan licin, berwarna coklat tua sampai hitam berukuran 1,3 cm sampai 1,6 cm.

Taiwan Siap Berbagi Pengalaman Pelayanan Medis dengan Indonesia

Buah Srikaya mengandung antioksidan dan vitamin C yang dapat membantu membuang radikal bebas dari dalam tubuh. Buah ini juga kaya akan sumber kalsium, zat besi, kalium, niasin, vitamin A, serat dan magnesium. Srikaya mengandung kalori dan gula alami yang tinggi, sehingga bisa menjadi camilan yang sangat sehat dan bergizi. Srikaya dapat dikonsumsi dalam bentuk smoothies, jus, makanan penutup dan es krim.

Manfaat buah srikaya ini sangat beragam, dan akan membuat takjub jika mengetahui manfaat buah srikaya bagi kesehatan. Buah ini sangat bagus untuk kesehatan jantung, kulit, rambut, menjaga tekanan darah normal dan kesehatan tulang. Srikaya juga dapat membantu menyembuhkan masalah gusi. Berikut sederet manfaat buah srikaya yang dikutip dari healthbenefitstimes.

Sambil Tahan Tangis, Ruben Onsu Ungkap Kondisi Rumah Tangganya

Manfaat buah Srikaya untuk kesehatan 

Buah srikaya.

Photo :
  • U-Report

1. Kesehatan rambut dan kulit

Manfaat buah srikaya yang pertama, yaitu dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan rambut. Srikaya yang sarat dengan vitamin A dan antioksidan yang membantu untuk membangun kembali jaringan dan melindungi struktur sel yang membuat kulit bersinar dan lembut serta rambut halus mewah. Antioksidan mencegah kerusakan akibat radikal bebas. Ini melindungi kulit dari tanda-tanda penuaan. 

Ini melawan kerusakan serta pertumbuhan abnormal yang menyebabkan kanker. Ini mengurangi munculnya kerutan dan membuat kamu terlihat muda. Vitamin A bekerja dengan protein dalam tubuh untuk membuat ligamen, tendon, dan otot menjadi kuat. Ini juga membantu dalam produksi kolagen. Ini meningkatkan fleksibilitas kulit dan membuat rambut kuat.

2. Kesehatan pernapasan

Tambahkan buah srikaya ke dalam makanan untuk mengatasi masalah pernapasan yang terkait dengan saluran bronkial yang meradang. Buah srikaya mengandung Vitamin B6 yang menawarkan manfaat anti-inflamasi. Ini membantu menurunkan peradangan di tubuh atau di sekitar saluran bronkial. Tabung menjadi lebih lebar yang memungkinkan lebih banyak udara melewatinya. Sangat membantu untuk pasien asma atau infeksi bronkial. Buah ini mengandung antioksidan yang membantu sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi dan masalah saluran napas.

3. Menurunkan tekanan darah tinggi

Manfaat buah srikaya juga dapat menurunkan tekanan darah. Tekanan darah tinggi telah menjadi masalah kesehatan yang umum karena berbagai alasan seperti pola makan yang buruk dan stres pekerjaan yang tinggi. Tekanan darah tinggi bertindak sebagai pembunuh diam-diam. Srikaya ditemukan bermanfaat untuk masalah kesehatan ini. Ini memiliki kandungan potasium yang lebih tinggi daripada di pisang. Kalium sangat penting untuk mendukung kesehatan jantung. Diet kaya kalium menyeimbangkan kadar natrium dan menurunkan tekanan darah.

4. Mencegah masalah jantung

Magnesium sangat penting untuk mengendurkan otot jantung. Kehidupan stres yang tinggi membuat jantung bekerja lebih keras dari yang seharusnya. Jadi magnesium membantu menyeimbangkan tekanan dan kerja berlebihan sehingga otot bisa sedikit rileks dan tidak lelah. Ini menurunkan kemungkinan serangan jantung dan penyakit lainnya. Satu buah srikaya menawarkan 10% dari kebutuhan harian kebutuhan magnesium. Penurunan tekanan darah menurunkan kemungkinan serangan jantung.

5. Menurunkan kolesterol

Manfaat buah srikaya juga dapat menurunkan kolesterol. Kolesterol tinggi berbahaya. Karena pola makan dan gaya hidup yang tidak banyak bergerak, kita cenderung memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Kekurangan Vitamin B3 meningkatkan kadar kolesterol jahat. Niasin membantu menurunkan kadar kolesterol jahat hingga 20%. Ini juga meningkatkan kadar kolesterol baik yang melapisi arteri dengan lapisan yang halus dan protektif. Jantung memperoleh semua aliran darah serta oksigen yang dibutuhkannya. Hal ini dapat berfungsi lebih mudah yang menurunkan kemungkinan mengembangkan serangan jantung atau penyakit jantung.

6. Kesehatan pencernaan

Buah srikaya merupakan sumber tembaga dan serat yang melimpah yang mendukung sistem pencernaan. Ini menurunkan kemungkinan sembelit dan ketidaknyamanan usus. Hancurkan ampas dan campur dengan air yang membantu mengeraskan tinja untuk mencegah diare. Ini meredakan penyakit Chron dan IBS dengan konsumsi apel gula secara teratur.

7. Pengaturan kadar gula darah

Buah srikaya membantu dalam mengatur tingkat gula darah. Menjadi sumber serat makanan yang bagus, itu menurunkan kemungkinan terkena diabetes tipe 2. Buah ini juga membantu dalam menyerap gula darah yang terkandung dalam tubuh. Konsumsi srikaya mencegah tubuh dari penyakit gula darah.

8. Mencegah anemia

Mereka yang menderita anemia dapat mengkonsumsi srikaya untuk pulih. Penyakit ini muncul karena kekurangan zat besi dalam tubuh. Di sisi lain, gejala penyakit ini bisa bermacam-macam. Namun, gejala yang paling sering terjadi adalah adanya pusing dan kelelahan kronis. Maka dalam hal ini, srikaya merupakan pilihan yang baik untuk membantu dalam mencegah anemia karena memiliki sumber komposisi zat besi yang penting di dalamnya.

9. Pencegahan kanker

Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa srikaya mengandung nutrisi yang bertindak sebagai sifat anti-kanker. Ini mencegah kemungkinan berkembangnya kanker. Ini mengandung acetogenin dan alkaloid yang mencegah pertumbuhan sel tumor.

10. Bermanfaat untuk kehamilan

Manfaat buah srikaya sangat bagus untuk ibu hamil. Folat sangat penting untuk mempromosikan kehamilan yang sehat karena mencegah kemungkinan cacat tabung saraf. Buah srikaya memiliki kandungan folat yang tinggi dan dapat membantu meningkatkan kesehatan kehamilan. Asupan srikaya selama kehamilan menurunkan kemungkinan keguguran. Selain itu, seseorang dapat mengonsumsi pepaya dan alpukat karena merupakan sumber folat yang baik.

11. Menurunkan nyeri rematik

Penelitian menunjukkan bahwa rebusan daun membantu nyeri rematik. Ini menurunkan rasa sakit dengan menyamakan keseimbangan air dalam tubuh untuk menghilangkan asam. Selain itu, srikaya mengandung magnesium yang mengontrol keseimbangan cairan dan elektrolit normal dalam tubuh. Ini menurunkan kemungkinan peradangan karena rematik dan radang sendi.

12. Menghilangkan kutu

Bubuk srikaya mentah sangat membantu dalam menghilangkan kutu. Campurkan dengan minyak kelapa atau air untuk membuatnya menjadi pasta. Kemudian oleskan ke kulit kepala dan biarkan selama 15 hingga 20 menit. Hindari kontak bedak ini dengan mata karena dapat mengiritasi mata dan dapat menyebabkan kebutaan. Jika diterapkan pada rahim atau tertelan secara tidak sengaja, itu menyebabkan keguguran janin.

Itulah manfaat buah srikaya yang bagus untuk Kesehatan tubuh. Konsumsi buah srikaya untuk membantu menjaga Kesehatan tubuh. Semoga artikel ini bermanfaat.

Logo BPJS Kesehatan. (foto ilustrasi)

BPJS Kesehatan: Tak Ada Narasi Penghapusan Kelas pada Perpres Nomor 59 Tahun 2024

BPJS Kesehatan menyatakan Perpres Nomor 59 Tahun 2024 tentang Jaminan Kesehatan tidak mencantumkan narasi penghapusan jenjang kelas rawat inap 1, 2, dan 3 bagi peserta.

img_title
VIVA.co.id
14 Mei 2024