Dampak COVID-19, WHO Peringatkan Ada Kenaikan Depresi di Seluruh Dunia

Ilustrasi stres
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan pada tentang peningkatan tajam dalam prevalensi kecemasan dan depresi terkait dengan pandemi COVID-19, yang sebagian besar disebabkan oleh isolasi sosial. Kaum muda dan wanita adalah yang paling terpukul.

7 Negara dengan Populasi Pedesaan Terbesar di Dunia, Indonesia Nomor 4

Menurut laporan ilmiah yang dirilis oleh WHO, pada tahun pertama pandemi, prevalensi global kecemasan dan depresi meningkat sebesar 25 persen, demikian dikutip Times of India. Sebanyak 90 persen negara yang disurvei memasukkan dukungan kesehatan mental dan psikososial dalam rencana tanggapan COVID-19 mereka, tetapi kesenjangan dan kekhawatiran besar tetap ada, lapor kantor berita Xinhua.

Stres yang belum pernah terjadi sebelumnya disebabkan oleh isolasi sosial akibat pandemi, kata WHO. Ini membatasi kemampuan orang untuk bekerja, mencari dukungan dari orang yang dicintai dan terlibat dalam komunitas mereka. Kelelahan telah menjadi pemicu utama pemikiran bunuh diri di kalangan petugas kesehatan.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

"Informasi yang kami miliki sekarang tentang dampak Covid-19 terhadap kesehatan mental dunia hanyalah puncak gunung es," kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus.

isolasi mandiri

Photo :
  • Times of India
Pengembang Perumahan di Dubai Beri Perbaikan Rumah Gratis Setelah Banjir Bandang

Ia menambahkan, "Ini adalah peringatan bagi semua negara untuk lebih memperhatikan kesehatan mental dan melakukan pekerjaan yang lebih baik dalam mendukung kesehatan mental populasi mereka."

Laporan singkat WHO mengatakan bahwa orang-orang muda, yang kesehatan mentalnya telah dipengaruhi oleh Covid-19, secara tidak proporsional berisiko terhadap perilaku bunuh diri dan melukai diri sendiri.

Wanita terkena dampak lebih parah daripada pria, dan orang-orang dengan kondisi kesehatan fisik yang sudah ada sebelumnya, seperti asma, kanker, atau penyakit jantung, lebih mungkin mengembangkan gejala gangguan mental saat terinfeksi COVID-19.

Pandemi telah sangat mengganggu layanan kesehatan mental di seluruh dunia, meninggalkan kesenjangan besar dalam perawatan bagi mereka yang paling membutuhkannya.

Meskipun situasinya agak membaik pada akhir tahun 2021, terlalu banyak orang saat ini tetap tidak dapat memperoleh perawatan dan dukungan yang mereka butuhkan baik untuk kondisi kesehatan mental yang sudah ada maupun yang baru berkembang.

Ilustrasi COVID-19/virus corona

Photo :
  • Pixabay/Tumisu

Menurut survei WHO baru-baru ini, 90 persen negara bekerja untuk memberikan dukungan kesehatan mental dan psikososial kepada pasien dan responden COVID-19, tetapi kekurangan sumber daya kesehatan mental global yang kronis masih berlanjut hingga hari ini.

"Atlas Kesehatan Mental" terbaru WHO menunjukkan bahwa pada tahun 2020, pemerintah di seluruh dunia menghabiskan rata-rata lebih dari dua persen anggaran kesehatan mereka untuk kesehatan mental, dan banyak negara berpenghasilan rendah melaporkan memiliki kurang dari satu pekerja kesehatan mental per 100.000 orang.

COVID-19 telah mengungkapkan kurangnya investasi dalam layanan kesehatan mental. Negara-negara harus bertindak segera untuk memastikan bahwa dukungan kesehatan mental tersedia untuk semua," kata Devora Kestel, direktur Departemen Kesehatan Mental dan Penggunaan Zat di WHO.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya