10 Manfaat Buah Salak untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Turunkan Berat Badan

Manfaat buah salak
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Manfaat buah salak ternyata bagus untuk kesehatan tubuh manusia dan baik untuk dikonsumsi. Salak yang termasuk dalam famili Arecaceae ini adalah buah asli asal Sumatera bagian selatan dan barat daya Jawa serta bagian negara lainnya.

Menguak Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh

Buah ini memiliki kulit yang mirip seperti sisik ular yang berwarna cokelat kemerahan. Meskipun luarnya mirip seperti luar namun rasa buahnya manis seperti madu atau terkadang bisa juga rasanya asam. Salak juga mengandung banyak mineral karena buahnya berair. 

Salak sendiri bisa menjadi buah yang dapat dijadikan sebagai alternatif untuk menjaga kesehatan tubuh manusia dari berbagai masalah kesehatan dan penyakit. Cobalah untuk mengonsumsi buah salak jika kamu ingin kesehatan tubuhmu tetap terjaga dari segala penyakit yang mungkin saja menyerang. Berikut ini sejumlah manfaat buah salak yang dikutip Viva dari Health Benefits Times agar kamu menjadi lebih sering lagi mengonsumsi salak yang berguna untuk kesehatan tubuh. 

Puluhan Korban Banjir dan Longsor di Luwu yang Terisolasi Dievakuasi dengan Helikopter

Manfaat buah salak

Buah salak ternyata mengandung banyak nutrisi nutrisi mulai dari protein, beta-karoten, vitamin-C, serat makanan, zat besi, kalsium, fosfor dan karbohidrat yang secara keseluruhan bagus untuk kesehatan tubuh. Salak mengandung banyak beta-karoten yang merupakan antioksidan kuat dan bekerja dengan baik untuk mencegah penyakit kardiovaskular, stroke dan bahkan kanker. Simak sejumlah manfaat buah salak yang akan dijelaskan di bawah ini.

Penyakit Kronis Jangan Diabaikan, Ini Gejala Meningitis yang Bisa Terjadi pada Jemaah Haji dan Umrah

1. Baik untuk kesehatan mata

Ilustrasi Mata

Photo :
  • pixabay

Manfaat buah salak yang pertama yakni dianggap baik untuk kesehatan mata. Menurut penelitian, buah salak mengandung beta-karoten yang baik untuk mata agar tetap sehat dan seimbang. Buah salak menjadi alternatif lain dari buah wortel yang selama ini sangat identik sebagai buah yang baik untuk mata. Dengan sering mengonsumsi buah salak ini maka kebutuhan akan beta-karoten yang baik untuk mata akan terpenuhi sehingga matamu tetap sehat dan terjaga. 

2. Baik untuk pencernaan

Ilustrasi sistem pencernaan

Photo :
  • Pixabay

Salak menjadi salah satu buah yang padat akan dengan berbagai nutrisi terandung di dalamnya seperti kalsium, tanin, saponin, flavonoid dan beta-karoten. Karena nutrisi-nutrisi tersebut, manfaat buah salak baik untuk kesehatan tubuh manusia. Nutrisi tanin sendiri bersifat anti diare, sehingga salak membantu menyembuhkan diare. Buah salak juga bermanfaat untuk mengobati gangguan pencernaan pada lambung. Bagi kamu yang ingin mencegah sembelit pada perut dianjurkan untuk mengonsumsi salak beserta kulit arinya. 

3. Penguat memori

Ilustrasi otak manusia berpikir keras.

Photo :
  • U-Report

Karena memiliki nilai gizi yang terbilang lebih tinggi, maka buah salak juga disebut sebagai 'buah memori'. Dengan jumlah potasium dan pektin yang tinggi di dalam buah salak, fungsi kognitif tubuh dan daya ingat dapat dibantu sehingga dapat meningkat. Jadi, kamu yang merasa sering mengalami lupa atau memori yang cepat hilang kamu bisa mengonsumsi buah salak dengan rutin sebagai solusi untuk menguatkan memori. Mulai sekarang masukkan salak ke dalam list buah yang harus kamu makan ya!

4. Mengontrol kadar gula darah

Ilustrasi diabetes.

Photo :
  • U-Report

Kulit buah salak yang diolah menjadi teh ternyata dapat meregenerasi sel di pankreas yang membantu mengendalikan diabetes. Selain itu salak juga mengandung pterostilbene yang merupakan agen penurun glukosa darah yang juga membantu dalam mengendalikan diabetes atau kadar gula darah. Sehingga manfaat buah salak ini sangat cocok sekali dikonsumsi oleh kamu yang ingin menurunkan kadar glukosa darah atau memiliki penyakit diabetes. 

5. Menjaga kesehatan kardiovaskular

Manfaat buah salak yang selanjutnya adalah dapat menjaga kesehatan kardiovaskular. Hal itu dikarenakan salak mengandung potasium yang baik untuk membuat jantung tetap sehat. Jumlah antioksidan dan mineral yang tinggi di dalam buah salak dapat menjaga sistem kardiovaskular berfungsi dengan baik dan membantu dalam pengaturan air di dalam tubuh manusia. Maka dari itu kamu dianjurkan untuk mengonsumsi buah salak untuk menjaga kesehatan tubuh. 

6. Menjaga stamina tubuh

Menjaga kesehatan dengan joging (foto ilustrasi).

Photo :

Vitamin A memang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata dan umumnya dianjurkan untuk mendapatkan vitamin tersebut kita dianjurkan untuk mengonsumsi banyak wortel agar memenuhi manfaat vitamin A. Namun bisa juga dengan mengonsumsi makanan yang banyak serat. Salak juga diketahui bisa menjaga stamina tubuh agar tetap sehat dan berstamina. Selain itu, kamu juga bisa mengolah salak menjadi sebuah jus atau bisa juga membuat jus salak yang dicampur dengan wortel sehingga nutrisinya semakin baik untuk tubuh. 

7. Menyembuhkan rabun jauh

Wanita alami rabun jauh.

Photo :
  • U-Report

Penglihatan yang tajam tidak dapat dibantu hanya dengan menggunakan manfaat dari vitamin A saja. Hal itu dikarenakan vitamin A hanya meningkatkan ketajaman melihat terang dan gelap (rabun senja). Gangguan rabun jauh bukanlah masalah pada retina mata, tetapi sumbunya memendek, sehingga diperlukan juga obat-obatan lain untuk digunakan. Selain itu bisa juga menggunakan manfaat buah salak, seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa salak memang baik untuk kesehatan mata. 

8. Meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan

Ilustrasi pria sehat.

Photo :
  • U-Report

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa salak merupakan salah satu buah yang padat nutrisi sehingga dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.Nutrisi yang terkandung di dalam salak seperti vitamin dan mineral penting membantu menjaga fungsi tubuh. Antioksidan yang dimiliki salak juga membantu melawan kerusakan sel dan jaringan serta mencegah tubuh dari kerusakan karsinogenik yang berbahaya. Maka dari itu kamu bisa mengonsumsi salak secara rutin untuk membantu mengurangi risiko pembentukan wasir.

9. Baik untuk ibu hamil

Ilustrasi ibu hamil.

Photo :
  • U-Report

Wanita yang sedang hamil tentunya akan memilih dan menjaga makanan mereka menjadi sehat agar bayinya menjadi sehat pula saat lahir. Sehingga makanan yangs sehat akan menjadi pilihan utama bagi mereka. Ternyata mengonsumsi buah salak sangat baik untuk ibu hamil yang mengalami morning sickness. Namun perlu dicatat bahwa jangan terlalu banyak juga mengonsumsi salak. Selain itu makan juga makananan yang kaya protein dalam jumlah seimbang seperti kacang-kacangan.

10. Membantu menurunkan berat badan

Ilustrasi berat badan.

Photo :
  • U-Report

Manfaat buah salak yang terakhir adalah dapat membantu menurunkan berat badan sehingga sangat cocok bagi kamu yang sedang berdiet. Hal itu dikarenakan kandungan serat dan antioksidan yang tinggi pada salak sehingga membantu untuk mengontrol berat badan. Karena salak terdiri dari kalsium dan karbohidrat, salak memberikan energi dan stamina yang diperlukan tubuh saat diet. Salak yang diolah menjadi teh juga manfaatnya tetap terlihat  sehingga bisa membantu mengurangi berat badan.

Itulah sepuluh manfaat buah salak yang dapat kamu ketahui, terutama bagi kamu yang memang belum mengetahuinya. Mulai sekarang kamu bisa memasukkan buah salak ke dalam list buah yang harus kamu makan agar kesehatan tubuh dapat tetap terjaga dan nutrisinya terpenuhi. Namun seperti yang sudah dijelaskan juga sebelumnya bahwa kamu bisa mengonsumsi buah salak secara rutin namun tetap dengan takaran yang wajar dan tidak terlalu berlebihan agar nutrisinya tetap bisa seimbang. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi kamu yang membacanya. 

Gelombang Cuaca Luar Biasa Panas Melanda Asia Selatan dan Tenggara

Cuaca Panas di Thailand Kian Mengkhawatirkan, Tewaskan 61 Orang Sepanjang 2024

Gelombang cuaca panas di Asia semakin mengkhawatirkan, terutama di Thailand. Serangan panas atau heatstroke di negara itu telah menewaskan 61 orang sepanjang 2024.

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024