10 Manfaat Buah Anggur Ini Baik untuk Kesehatan Tubuhmu!

Manfaat buah anggur
Sumber :
  • Pixabay/Unsplash

VIVA – Manfaat buah anggur juga ternyata baik untuk kesehatan tubuh selain dijadikan sebagai minuman fermentasi dan buah yang yang lezat untuk dimakan. Buah anggur yang paling populer dan umumnya diketahui memang berwarna ungu kehitam-hitaman namun ada jenis anggur lain yang berwarna hijau, merah, kuning dan merah muda yang juga memiliki manfaat. 

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dan Pencernaan Lancar dengan Buah Delima

Nah, ternyata anggur memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh manusia. Hal itu dikarenakan anggur mengandung nutrisi dan antioksidan yang tinggi sehingga baik untuk tubuh. Lantas, apa saja manfaatnya? Melansir dari Healthline, berikut ini sejumlah manfaat buah anggur yang dipercaya bagus untuk kesehatan tubuh yang bisa kamu pelajari untuk menjaga kesehatan. 

1. Membantu kesehatan jantung

WAML Gelar Kongres ke-28 di Batam, Sejumlah Isu Akan Dibahas

Ilustrasi Jantung

Photo :
  • U-Report

Manfaat buah anggur yang pertama yakni adalah dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan membantu menurunkan tekanan darah dan menurunkan kolesterol. Kalium yang terkandung dalam anggur mampu membantu menurunkan tekanan darah terutama membantu melebarkan arteri dan vena. Sehingga dapat mengeluarkan natrium dan mencegah penyempitan arteri dan vena. 

Buat Diri Lebih Tenang, Atasi Stres dengan 4 Tips Sederhana Ini

Sementara senyawa pada anggur dapat membantu melindungi kadar kolesterol tinggi dengan mengurangi penyerapan kolesterol. Antioksidan dalam anggur juga telah terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol pada tubuh. 

2. Memiliki efek antikanker

Ilustrasi kanker.

Photo :
  • Times of India

Selanjutnya manfaat anggur lainnya adalah dapat melindungi tubuh dari jenis kanker tertentu karena mengandung antioksidan. Resveratrol, antioksidan pada anggur dapat membantu mengurangi peradangan, bertindak sebagai antioksidan dan menghalangi pertumbuhan dan penyebaran sel kanker di tubuh. 

Selain itu, anggur juga mengandung antioksidan quercetin, anthocyanin dan catechin yang semuanya mungkin memiliki efek melawan kanker. Berdasarkan penelitian selama 2 minggu pada 30 orang ditemukan bahwa mereka yang berusia di atas 50 tahun dan memakan sekitar 150-450 gram anggur per harinya mengalami penurunan penanda risiko kanker usus besar. 

3. Mencegah diabetes dan menurunkan kadar gula darah

Ilustrasi diabetes.

Photo :
  • U-Report

Dengan mengonsumsi buah anggur diketahui dapat membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Sehingga dianggap mampu mencegah penyakit diabetes. Hal itu dikarenakan resveratrol atau antioksidan yang terkandung di dalam buah anggur. 

4. Baik untuk kesehatan mata

Ilustrasi mata cokelat.

Photo :
  • U-Report

Senyawa yang terkandung di dalam buah anggur diketahui dapat melindungi penyakit mata umum. Misalnya, dalam penelitian tabung reaksi, resveratrol ditemukan untuk melindungi sel retina di mata manusia dari sinar ultraviolet A (UVA). Hal ini dapat menurunkan risiko degenerasi makula terkait usia (AMD), penyakit mata yang umumnya terjadi. Resveratrol juga dapat melindungi mata dari glaukoma, katarak dan penyakit mata diabetes. 

Manfaat buah anggur lainnya karena juga mengandung antioksidan seperti lutein dan zeaxanthin yang telah terbukti dapat membantu menjaga kesehatan mata, meningkatkan kinerja visual mata dan mencegah penyakit mata yang berkaitan dengan usia. 

5. Meningkatkan daya ingat

Ilustrasi kecerdasan otak manusia

Photo :
  • U-Report

Dengan mengonsumsi buah anggur diyakini dapat meningkatkan daya ingat dan kesehatan otak. Dalam sebuah studi yang dilakukan selama 12 minggu pada 111 orang dewasa yang lebih tua dan sehat, mengonsumsi 250 mg suplemen anggur setiap hari secara signifikan bisa meningkatkan skor pada tes yang mengukur perhatian, memori, dan bahasa, dibandingkan dengan nilai dasar. 

Resveratrol pada anggur juga dapat melindungi dari penyakit Alzheimer dengan mengurangi peradangan otak dan menghilangkan peptida amiloid-beta, yang akumulasinya telah dikaitkan dengan kondisi ini.

6. Mendukung kesehatan tulang

Ilustrasi tulang .

Photo :
  • U-Report

Anggur mengandung banyak mineral yang diperlukan untuk kesehatan tulang seperti potasium, mangan serta vitamin B, C dan K yang membantu mencegah osteoporosis, suatu kondisi yang menyebabkan tulang rapuh. Dalam sebuah studi yang dilakukan pada wanita pascamenopause menunjukkan bahwa mengonsumsi 75 mg resveratrol dua kali sehari meningkatkan kepadatan mineral tulang dan memperlambat tulang yang keropos, mengurangi risiko patah tulang besar dan patah tulang pinggul. 

7. Melindungi dari bakteri dan jamur

Ilustrasi bakteri.

Photo :
  • Physics World

Manfaat buah anggur selanjutnya dapat melindungi tubuh dari bakteri dan jamur karena di dalam anggur terdapat beberapa senyawa yang dapat melindungi tubuh dari mikroorganisme berbahaya. Misalnya, resveratrol memiliki sifat antimikroba yang menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur seperti Campylobacter jejuni dan Candida albicans. Anggur juga menjadi sumber vitamin C yang baik dan bermanfaat untuk sistem kekebalan. 

Resveratrol uga membantu mencegah pertumbuhan bakteri berbahaya, seperti E. coli pada makanan. Senyawa lainnya yang ada di dalam anggur dengan aktivitas antimikroba termasuk anthocyanin, yang dapat menghancurkan dinding sel bakteri. 

8. Memperlambat penuaan dan meningkatkan umur panjang

Ilustrasi hidup sehat.

Photo :
  • http://urbanoustics.blogspot.com/

Senyawa di dalam buah anggur dapat mempengaruhi penuaan dan umur seseorang. Penelitian menunjukkan bahwa resveratrol dapat menunda tanda-tanda penuaan dengan meniru efek menguntungkan dari pembatasan kalori, seperti mengurangi stres oksidatif, meningkatkan ketahanan stres dan meningkatkan respons inflamasi. Namun manfaat ini hanya terlihat dalam penelitian pada hewan. Resveratrol juga mengaktifkan sirtuin, protein yang mengatur proses seluler seperti penuaan dan kematian sel. Sehingga manfaat buah anggur dapat meningkatkan umur yang panjang. 

9. Menurunkan peradangan

Ilustrasi tanda peradangan di tubuh.

Photo :
  • U-Report

Senyawa antosianin dan resveratrol pada anggur telah dikaitkan dengan sifat anti-inflamasi yang kuat. Sehingga bisa menurunkan peradangan rendah dan peradangan kronis seperti kanker, penyakit jantung, diabetes, radang sendi, dan gangguan autoimun. 

Penelitian menunjukkan bahwa kedua senyawa tersebut dapat menekan ekspresi penanda inflamasi seperti tumor necrosis factor-alpha (TNF-alpha) dan interleukin-6 (IL-6). Namun, penelitian yang melibatkan anggur itu sendiri masih kurang dan belum cukup. Tapi manfaat buah anggur kemungkinan bisa membantu menurunkan peradangan. 

10. Bermanfaat bagi kesehatan kulit dan rambut

Ilustrasi kulit wajah

Photo :
  • Freepik/benzolx

Kesehatan kulit dan rambut bisa mendapatkan perlindungan dari resveratrol. Senyawa ini dapat menembus penghalang kulit dan meningkatkan konsentrasi kolagen, serta melindungi terhadap kerusakan UV dari paparan sinar matahari. Penelitian menunjukkan bahwa resveratrol juga dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Resveratrol melindungi folikel rambut dari kerusakan dan mendorong peningkatan pesat sel-sel folikel penting untuk pertumbuhan rambut. 

Itulah manfaat buah anggur untuk kesehatan tubuh yang dapat kamu ketahui dan bisa kamu catat sebagai pengingat bahwa buah anggur bisa masuk dalam daftar buah yang harus selalu kamu makan. Apalagi bagi kamu yang memang menyukai anggur, kamu sangat beruntung karena kesehatan tubuhmu dapat terjaga dengan mengonsumsinya secara rutin. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kamu yang membacanya. 

ilustrasi pria berjanggut, cegukan, sendawa

5 Risiko Menakutkan yang Tersembunyi di Balik Jenggot dan Kumis Kasar yang Tidak Terawat

Jenggot dan kumis lebat telah menjadi tren kecantikan pria yang kian populer di era modern. Gaya maskulin ini tak hanya memancarkan pesona,

img_title
VIVA.co.id
2 Mei 2024