Varian COVID-19 Berbeda Dapat Infeksi Tubuh Sekaligus, Ini Dampaknya

Ilustrasi COVID-19/virus corona
Sumber :
  • Pixabay/Tumisu

VIVA – Studi baru menemukan bahwa lebih dari satu varian virus corona dapat menginfeksi seseorang sekaligus. Terlebih, dampak dari infeksi COVID-19 tersebut bisa begitu berbahaya dan fatal. Bagaimana penjelasannya?

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Dikutip dari laman The Health Site, selama beberapa tahun terakhir, varian COVID-19 telah diperhitungkan dengan rencana pemulihan masyarakat.

Penyebaran varian menular seperti Delta, Omicron dan subvarian terus mempengaruhi orang di seluruh dunia. Meski terinfeksi dengan satu varian pada satu waktu menakutkan, para ilmuwan telah menemukan bahwa virus corona dapat tetap tersembunyi di berbagai bagian tubuh dan bermanifestasi.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Menurut sebuah penelitian baru-baru ini, coronavirus telah banyak mengubah strukturnya dari bentuk awalnya ketika varietas baru muncul, dan sekarang mempengaruhi organ manusia dengan cara yang berbeda.

Para peneliti juga mencatat bahwa versi virus yang berbeda dapat bersembunyi di area tubuh yang berbeda, sehingga menyulitkan pasien yang terinfeksi untuk membasmi COVID-19 sepenuhnya.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Coronavirus Dapat Berkembang dalam Berbagai Cara

Studi yang diterbitkan dalam jurnal Nature Communications menunjukkan bagaimana virus dapat berevolusi secara berbeda di berbagai jenis sel dan memodifikasi kekebalannya di inang yang sama.

Menurut Profesor Imre Berger dari Universitas Bristol, virus asli telah sepenuhnya digantikan oleh serangkaian varian, dengan Omikron dan Omikron B.A 2 (subvarian) berlaku di seluruh dunia.

"Kami menganalisis varian awal yang ditemukan di Bristol, BrisDelta. Itu telah berubah bentuknya dari virus aslinya, tetapi kantong yang kami temukan ada di sana, tidak berubah," kata Berger.

Dampak Varian COVID yang Menginfeksi Tubuh Sekaligus

Studi tersebut juga mengungkapkan bahwa tubuh seseorang dapat menampung banyak jenis virus. Dan, menurut Kapil Gupta, penulis utama studi BrisDelta, mereka dapat merusak organ yang berbeda. 

“Beberapa varian ini mungkin menggunakan sel ginjal atau limpa sebagai tempat bersembunyi, sementara tubuh sibuk bertahan melawan jenis virus yang dominan. Hal ini dapat mempersulit pasien yang terinfeksi untuk menyingkirkan SARS-CoV-2 secara keseluruhan,” dia berkata.

Sesuai penelitian, mekanisme bentuk terbalik ini berhasil menyelubungi virus dari sistem kekebalan tubuh.

Oskar Staufer, penulis utama studi kedua mengatakan bahwa virus menjadi kurang terlihat oleh sistem kekebalan dengan 'merunduk' protein lonjakan pada pengikatan asam lemak inflamasi.

"Ini bisa menjadi mekanisme untuk menghindari deteksi oleh inang dan respons imun yang kuat untuk jangka waktu yang lebih lama dan meningkatkan efisiensi infeksi total," kata sang penulis.

Peneliti lebih lanjut menjelaskan bahwa kantong ini, yang dirancang khusus untuk mengenali asam lemak ini, tampaknya menawarkan keunggulan bagi SARS-CoV-2 dalam tubuh orang yang terinfeksi, memungkinkannya berkembang biak dengan sangat cepat. Ini bisa menjelaskan mengapa muncul di setiap varian, termasuk Omicron.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya