15 Manfaat Buah Belimbing, Turunkan Berat Badan Hingga Cerahkan Kulit

Manfaat buah Belimbing
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Manfaat buah belimbing sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Buah belimbing kaya akan vitamin c, sumber serat yang baik, dapat membantu mengatasi anemia, memiliki efek penghambatan pada mikroba. Selain itu, belimbing juga baik untuk mengurangi peradangan, memberikan tidur malam yang nyenyak, dan menjaga sistem pencernaan tetap teratur. Tak cuma itu, belimbing juga meningkatkan metabolisme, membantu menurunkan berat badan, sangat menghidrasi, hipolipidemik, dapat membuat kulit tampak muda, serta memainkan peran penting dalam pengobatan tradisional.

Ramalan Zodiak Jumat 26 April 2024: Taurus Harus Waspada dengan Rekan Kerja, Leo Kena Tekanan Mental

Berasal dari Asia, belimbing ini biasanya memiliki panjang 5-18 cm dan terlihat seperti bintang lima titik saat diiris. Buah mentah berwarna bening, hijau dan keras sedangkan yang matang berwarna kuning, dan berair. Rasa buah ini berkisar dari asam hingga manis. Berikut manfaat buah belimbing untuk kulit dan tubuh dikutip dari conserve-energy-future.

Manfaat buah Belimbing (Carambola) untuk kesehatan tubuh

5 Tips Merawat Kucing Peliharaan Agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit

Belimbing

Photo :
  • vstory

1. Tingkatkan kekebalan tubuh

Bukan Cuma Biar Adem, Tidur Telanjang Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan

Manfaat buah belimbing yang pertama yaitu dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Belimbing adalah sumber vitamin C yang meningkatkan kekebalan tubuh (sekitar 57 persen dari nilai harian per porsi), itulah sebabnya kamu harus mengkonsumsinya selama musim dingin dan flu. Vitamin C juga membantu sintesis kolagen, protein yang menjaga kulit, rambut, dan kuku tetap sehat dan kuat. Juga, ia mengais radikal bebas penyebab penyakit dan melawan infeksi.

2. Sebagai sumber serat yang baik

Wanita harus mengonsumsi sekitar 25 gram serat sehari, dan belimbing dapat membantu untuk memenuhi tujuan itu. Satu porsi 100 g memberikan 2,8 gram serat, sedangkan buah jeruk memiliki 2,3. Terlebih lagi, belimbing juga mengandung serat makanan yang tidak larut, yang menambah jumlah besar pada sistem pencernaan dan membantu kita tetap teratur. Serat makanan mencegah penyerapan Kolesterol LDL di lapisan usus, mengurangi risiko penyakit jantung koroner dan obesitas.

3. Rendah Kalori, Rendah Karbohidrat, Rendah Gula

Buah ini pilihan yang baik untuk pemakan rendah karbohidrat dan rendah gula. Sebuah buah belimbing berukuran sedang menyediakan sedikit lebih dari enam gram karbohidrat dan sekitar 3,62 gram gula. Bagi mereka yang pertama kali memulai diet gaya ketogenik rendah kalori, belimbing adalah pilihannya. Porsi berukuran rata-rata hanya memiliki 28 kalori. Jadi, jangan malu untuk menambahkan kelezatan asam manis ini saat kamu makan salad atau smoothie.

4. Dapat Membantu Mengatasi Anemia

Manfaat buah belimbing selanjutnya yaitu dapat mengatasi anemia. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, anemia lazim di kalangan anak-anak dan wanita hamil. Anemia defisiensi besi adalah jenis anemia yang paling umum, terjadi ketika tubuh kekurangan zat besi. Zat besi sangat penting untuk mensintesis sel darah merah dan membawa oksigen ke seluruh bagian tubuh.
Belimbing berukuran sedang hanya memiliki 0,08 mg zat besi tetapi vitamin C-nya memainkan peran kunci dalam meningkatkan penyerapan zat besi. Hal ini menyebabkan peningkatan produksi sel darah dan membantu menangkal kelelahan dan pusing, gejala klasik anemia.

5. Memiliki efek penghambatan pada mikroba

Karena adanya fitokimia seperti flavonoid, alkaloid, saponin, dan steroid, belimbing memiliki sifat anti-mikroba, anti-bakteri dan anti-jamur. Dibandingkan dengan buah matang, yang hijau atau mentah memiliki aksi penghambatan yang lebih tinggi terhadap mikroba.

Daun belimbing bekerja melawan bakteri gram positif (Bacillus subtilis, Staphylococcus aureus, dan Streptococcus mutans) dan gram negatif (Klebsiella pneumoniae, Proteus vulgaris, dan Pseudomonas aeruginosa). Ekstrak daun belimbing memiliki aktivitas anti-mikroba yang lebih tinggi dibandingkan dengan ekstrak daun markisa dan pepaya, kata sebuah studi perbandingan.

6. Belimbing baik untuk mengurangi peradangan

Flavonoid dalam belimbing seperti quercetin, epicatechin, dan asam galat dapat membantu mencegah peradangan. Dengan sifat antioksidannya, senyawa ini menetralkan radikal bebas berbahaya yang menyebabkan penyakit inflamasi. Kandungan vitamin C pada belimbing juga bersifat anti inflamasi dan dapat mengurangi pembengkakan pada persendian.

7. Membuat tidur malam yang nyenyak

Buah ini sarat dengan magnesium (10 g per 100 g sajian), mineral yang bisa meningkatkan kualitas tidur. Magnesium melakukan ini dengan mempertahankan kadar GABA (asam gamma-Aminobutyric), neurotransmitter penghambat. Cara lain buah belimbing menginduksi tidur adalah dengan mengatur metabolisme.

8. Belimbing menjaga sistem pencernaan tetap teratur

Manfaat buah belimbing lainnya yaitu menjaga sistem pencernaan. Buah berdaging bagian dalam dan kulit lilin buah belimbing menyediakan serat larut dan tidak larut. Serat makanan membantu menjaga kesehatan usus, meningkatkan penyerapan nutrisi dan bioavailabilitas mineral dan vitamin. Tidak hanya memberi makan bakteri usus tetapi juga memelihara saluran GI. Secara tradisional, rebusan daun belimbing digunakan untuk membuang bakteri dan racun penyebab peradangan.

9. Belimbing meningkatkan metabolisme

Tubuh manusia tidak hanya mengandalkan metabolisme untuk melakukan aktivitas sehari-hari, tetapi juga untuk bernapas, berpikir, mencerna, dan mengatur suhu. Metabolisme yang salah adalah penyebab sebenarnya di balik banyak penyakit.
Dengan kadar piridoksin (Vitamin B6), folat, dan riboflavin yang tinggi, belimbing dapat mempengaruhi proses metabolisme dan membuatnya sedikit lebih efisien. Vitamin ini berperan dalam segala hal mulai dari koordinasi saraf dan metabolisme energi hingga sirkulasi dan kontrol kognitif.

10. Belimbing dapat membantu menurunkan berat badan

Dengan sangat sedikit kalori per buah, camilan tropis ini tidak akan membahayakan tujuan kalori, jika kamu mencoba mengurangi lemak tubuh. Faktanya, ini adalah camilan malam yang enak untuk dikunyah saat rasa lapar menyerang. Selain itu, penuh dengan serat, vitamin, dan mineral yang dapat mempercepat metabolisme, yang akan sangat membantu perjalanan penurunan berat badan.

11. Buah belimbing sangat menghidrasi

Memenuhi delapan gelas air per hari tampak seperti tugas yang menakutkan pada beberapa hari. Tetapi tetap penting untuk minum banyak terutama pada hari-hari yang panas, lembab, atau setelah berolahraga. Jadi, inilah hasil tangkapannya, makan belimbing. Belimbing adalah salah satu buah yang paling menghidrasi dengan 91,4% air berdasarkan beratnya. Sebuah kata peringatan: Orang dengan masalah ginjal harus menghindari buah belimbing karena memiliki kadar asam oksalat yang tinggi.

12. Turunkan resiko serangan jantung

Manfaat buah belimbing selanjutnya yaitu dapat mencegah resiko terkena serangan jantung. Dengan kalsium dalam jumlah sedang (3mg per 100 g), belimbing dapat mengurangi risiko aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke dengan meredakan ketegangan pada pembuluh darah dan arteri. Penelitian Jenita Doli Tine Donsu dkk menyimpulkan bahwa jus belimbing wuluh dapat digunakan sebagai terapi komplementer untuk menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik pasien hipertensi. Dengan kandungan potasiumnya yang tinggi (133 mg per 100 g porsi), belimbing berguna untuk merelaksasi pembuluh darah dan menjaga tekanan darah.

13. Belimbing bersifat hipolipidemik

Penelitian menunjukkan bahwa carambola memiliki efek hipolipidemik dan dapat mencegah perkembangan penyakit hati berlemak non-alkohol dengan menurunkan kadar kolesterol total dan trigliserida. Sebuah studi tahun 2019 menyarankan bahwa ekstrak metanol daun Averrhoa carambola (A. carambola) (MEACL) dapat dikembangkan sebagai agen penurun lipid. Peneliti secara oral memberikan diet tinggi lemak (HFD) tikus yang diberi makan dengan MEACL selama lima minggu. Hasil analisis menunjukkan bahwa MEACL menurunkan indeks massa tubuh (IMT), indeks aterogenik, dan kolesterol hati dan trigliserida pada tikus.

14. Belimbing bisa membuat kulit tampak awet muda

Manfaat buah belimbing lainnya yaitu dapat membuat kulit tampak awet. Alasan lain untuk makan banyak belimbing! Ini mungkin bermanfaat untuk kulit karena berkat antioksidan termasuk Vitamin C, quercetin, asam galat, dan flavonoid polifenol lainnya. Antioksidan melawan efek stres oksidatif dan menetralkan radikal bebas sebelum merusak kulit. Vitamin C berperan dalam produksi kolagen, sehingga dapat mencegah atau meminimalkan munculnya kerutan, sekaligus menjaga kulit tetap bercahaya dan bebas noda seiring bertambahnya usia.

15. Sebagai pengobatan tradisional

Manfaat buah belimbing yang terakhir yaitu sebagai pengibatan tradisional. Obat tradisional menggunakan seluruh pohon belimbing untuk sifat anti-inflamasi, analgesik, hipotensi, anthelmintik, anti-ulkus, dan antimikroba. Dalam pengobatan tradisional Brasil, digunakan sebagai diuretik, ekspektoran, dan penekan batuk. Daun belimbing telah digunakan untuk mengobati sakit kepala, sakit perut, dan gastroenteritis. Bubuk biji belimbing ternyata memiliki efek positif dalam meredakan infeksi asma dan kolik.

Belimbing Bukan Untuk Semua Orang

Belimbing.

Photo :
  • U-Report

Meskipun buah belimbing tidak memiliki efek samping yang serius, namun kamu tetap harus mewaspadai efek samping dari mengonsumsi buah belimbing secara berlebihan berikut ini.

  • Alergi: Meskipun alergi belimbing jarang terjadi, pemula disarankan untuk mencoba sedikit untuk melihat bagaimana reaksi tubuh.
  • Toksisitas: Penderita gagal ginjal atau penyakit ginjal kronis sebaiknya menghindari buah belimbing karena ginjal tidak dapat menyaring senyawa tertentu di dalamnya. Cegukan, mual, kelemahan, nyeri punggung bawah, dan demam telah didokumentasikan dalam beberapa kasus.
  • Batu Ginjal: Seperti yang disebutkan sebelumnya, penderita batu ginjal harus benar-benar menghindarinya. Belimbing mengandung 50000-95800 ppm asam oksalat per 100 gr takaran saji. Menjadi asam oksalat anti nutrisi dapat mengganggu penyerapan nutrisi dan metabolisme mineral. Berlebihan bahkan dapat menyebabkan oksaluria, suatu kondisi yang mengarah pada pembentukan batu.
  • Interaksi Obat: Belimbing menghambat enzim CYP3A4, yang bertanggung jawab untuk metabolisme 50% dari semua obat dan obat-obatan. Oleh karena itu, kamu harus menghindari makan belimbing jika sedang dalam pengobatan resep.

Cara Makan Buah Belimbing

Jus buah belimbing.

Photo :
  • U-Report

Buah belimbing rasanya enak seperti apa adanya, diiris untuk camilan pagi yang cepat atau tambahan berbintang yang berwarna-warni untuk salad buah campuran. Ini juga dapat digunakan untuk membuat smoothie yang dicampur dengan yogurt Yunani. Jus belimbing fermentasi/tidak difermentasi, irisan dehidrasi, selai, dan jeli juga populer di kalangan pecinta kesehatan.

Buah Alpukat - Photo by Kelly Sikkema on Unsplash

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Alpukat, buah lezat yang seringkali dijuluki sebagai mentega alami, bukan hanya memberikan cita rasa yang lezat di dalam hidangan, tetapi juga menawarkan sejumlah manfaat

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024