Kaya Vitamin, Ini 17 Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan

Buah mangga.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Manfaat buah mangga sangat banyak untuk kesehatan. Seperti diketahui, manfaat buah mangga dapat dirasakan bagi segala usia, laki-laki, perempuan, wanita hamil dan ibu menyusui. Buah mangga kaya kandungan nutrisi dalam 100 gram mangga muda, yaitu energi 60 kkal, protein 0,5 gram, lemak 0,3 gram, karbohidrat 17 gram, Vitamin C 27,7 mg, Vitamin A 0,2 mg, folat 14 mcg, Vitamin B6 0,1 mg, dan Vitamin K 4.2 mcg.

Ramalan Zodiak Senin 22 April 2024, Virgo Dapat Perhatian dari Orang Asing

Menurut penelitian terbaru, buah mangga muda dengan varietas Langra seberat 300 gram (kira-kira) menghasilkan vitamin C sebanyak 35 buah apel atau 18 buah pisang atau sembilan buah lemon atau tiga buah jeruk atau satu buah nanas seberat satu kg. Buah mangga juga dapat dikonsumsi langsung atau dijadikan minuman jus.

Tak jarang pula buah mangga dijadikan sebagai bahan pelengkap ketika membuat kue atau puding. Nah, apa saja manfaat buah mangga yang baik untuk tubuh? Simak uraian berikut ini:

Ruben Onsu Tes Kesehatan Sampai 48 Kali, Curiga Ada yang Janggal Sama Penyakitnya

1. Cegah Gangguan Pencernaan

Buah mangga muda kaya akan pektin, yang sangat bermanfaat untuk mengobati gangguan pencernaan. Functional Foods in Health and Disease menjelaskan bahwa buah mangga muda juga merupakan obat yang efektif untuk diare, wasir, hingga sembelit. Selain itu, manfaat buah mangga muda untuk ibu hamil diyakini juga membantu meringankan mual di pagi hari.

Fairuz A Rafiq Beberkan Kondisi Terkini Usai Dilarikan ke RS Bersama Buah Hati

Ilustrasi sakit perut.

Photo :
  • Pexels/cottonbro

2. Cegah Pertumbuhan Jerawat

Beta-karoten dalam buah mangga muda membantu melawan jerawat. Caranya Anda dapat membuat masker mangga yang diaplikasikan pada wajah ketika malam hai sebelum tidur. Oleskan segenggam bubur mangga di malam hari dan simpan selama satu jam. Cuci muka sebelum tidur.

Cara lainnya, rebus mangga mentah hingga air berkurang menjadi setengahnya. Gunakan air ini sebagai astringent wajah untuk mengeringkan jerawat secara alami. Gunakan astringent mangga secara teratur di wajah untuk menghilangkan jerawat, jerawat dan bekas luka.

3. Kesehatan Hati

Jurnal Evid Based Complement Alternat Medicine mengungkapkan, manfaat buah mangga muda yaitu untuk kesehatan hati karena membantu mengobati penyakit hati. Asam dalam buah mangga muda juga meningkatkan sekresi asam empedu dan membersihkan usus dari infeksi bakteri. Kemudian, asamnya juga meningkatkan penyerapan lemak dengan membersihkan racun dari tubuh.

4. Masker Peel Off

Daging mangga mentah mengandung AHA (asam alfa hidroksil) dan Vitamin C yang tinggi, keduanya merupakan bahan pengupas yang sangat baik. Vitamin A bermanfaat bagi kulit dan kekurangannya dapat menyebabkan kulit kusam, menyebabkan pori-pori terbuka serta menyebabkan erupsi pada lengan, siku, dan lutut.

Menggunakan masker wajah alami.

Photo :
  • U-Report

5. Menetralkan Asam di Perut

Manfaat buah mangga selanjutnya adalah menetralkan asam di perut. Buah mangga muda kaya akan antioksidan, vitamin C, vitamin A dan asam amino yang bekerja sama untuk menetralkan asam di perut. Menurut Frontiers in Plant Science, kandungan buah mangga muda ini dapat mengurangi refluks asam dan mengurangi keasaman.

6. Cegah Morning Sickness bagi Ibu Hamil

Taburkan sedikit garam pada mangga mentah lalu santap. Cara ini dapat mencegah rasa mual bagi ibu hamil. Manfaat buah mangga selanjutnya adalah melawan preeklamsia. Cairan magnesium yang penuh, dapat membantu mencegah hipertensi dan mencegah kejang yang bisa berasal dari preeklamsia pada ibu hamil

7. Membantu Penderita Diabetes

Konsumsilah buah mangga muda untuk menurunkan kadar gula tubuh. Buah mangga baik untuk penderita diabetes.

Ilustrasi diabetes.

Photo :
  • Pexels/Nataliya Vaitkevich

8. Mencegah Degenerasi Makula

Manfaat buah mangga selanjutnya adalah mencegah degenerasi makula. Buah mangga muda mengandung antioksidan yang disebut zeaxanthin yang dibutuhkan untuk kesehatan penglihatan yang optimal. Ini menyaring sinar UV yang berbahaya dan membantu melindungi dari degenerasi makula terkait usia.

9. Mengobati Kelainan Darah

Manfaat buah mangga selanjutnya adalah mengobati kelainan darah. Mangga mentah sangat bermanfaat dalam mengobati kelainan darah karena kandungan vitamin C-nya yang tinggi. Vitamin C meningkatkan elastisitas pembuluh darah dan meningkatkan pembentukan sel darah baru.

Ilustrasi transfusi darah.

Photo :
  • Pexels/Charliehelen Robinson

Ini juga membantu penyerapan zat besi dan mencegah kecenderungan perdarahan selain meningkatkan daya tahan tubuh terhadap TB, anemia, kolera dan disentri

10. Turunkan Berat Badan

Buah mangga membantu meningkatkan metabolisme. Sehingga membantu membakar lebih banyak kalori juga lebih rendah kalori dan mengandung lebih sedikit gula. Buah mangga bisa dikonsumsi saat seseorang melakukan diet.

11. Redakan Sembelit

Dalam sebuah studi yang meneliti orang dengan sembelit kronis, makan buah mangga ternyata lebih membantu daripada makan makanan berserat seperti gandum. Penting untuk dicatat bahwa mangga termasuk makanan utama dari diet FODMAP. Diet ini merupakan diet yang menghindari makanan yang dapat memicu gas dan kembung pada orang dengan penyakit IBS.

12. Kesehatan Tulang

Buah mangga muda mengandung vitamin dan kalsium yang membantu serta menjaga kesehatan tulang. Nutrisi ini berfungsi untuk menghindari bahaya patah tulang. Sehingga, konsumsi buah mangga muda juga bagus untuk kesehatan tulang.

Ilustrasi Tulang Sehat

Photo :
  • U-Report

13. Menurunkan Risiko Kanker

Buah mangga muda mengandung beta-karoten tinggi dan sebuah studi oleh Departemen Nutrisi Sekolah Kesehatan Masyarakat Harvard menunjukkan bahwa mangga membantu melindungi seseorang dari kanker prostat.

14. Hindari Hipertensi

Manfaat buah mangga selanjutnya adalah menghindari hipertensi. Kalium dalam buah mangga muda mampu mengontrol hipertensi. Lebih lanjut, kandungan peptin dan vitamin C secara aktif bekerja untuk menurunkan kadar kolesterol. Sehingga, memberikan keuntungan jantung yang sehat.

15. Anti Bakteri

Buah segar ini juga bekerja sebagai anti-bakteri. Oleh karenanya, mangga muda akan cepat membantu membersihkan usus dari bakteri.

Ilustrasi bahagia & menjaga kesehatan

Ilustrasi bahagia & menjaga kesehatan

Photo :
  • ist

16. Kesehatan Rambut dan Kulit

Selain mengandung vitamin A, buah mangga ini juga memiliki kandungan sekitar 75 persen vitamin C harian untuk tubuh. Kombinasi vitamin A dan C diperlukan tubuh untuk menghasilkan kolagen. Kolagen merupakan protein khusus yang memberikan serta menjaga elastisitas kulit guna mencegah kulit berkeriput dan mengendur sebelum waktunya.

17. Kesehatan Mata

Lutein dan zeaxanthin adalah dua antioksidan yang paling banyak ditemukan dalam buah mangga. Keduanya dapat membantu melindungi fungsi retina dan lensa mata. Zat lutein dan zeaxanthin juga bekerja melindungi mata dari sinar ultraviolet yang berbahaya, dan memperlambat perkembangan katarak serta bahaya degenerasi makula.

Ilustrasi orang kentut.

5 Manfaat Kentut Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui, Menandakan Pencernaan Sehat

Kentut atau membuang angin, sering dianggap sebagai hal yang memalukan dan tidak sopan, ternyata memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024