Ahli Sarankan Baricitinib untuk Pengobatan COVID-19, Apa Itu?

Ilustrasi obat COVID-19.
Sumber :
  • Health Europa

VIVA – Sebuah tim ahli Inggris mengatakan, mereka telah menemukan obat lain yang dapat membantu mengobati orang yang terinfeksi COVID-19. Ya, obat tersebut adalah baricitinib

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Baricitinib merupakan obat anti inflamasi yang biasanya digunakan untuk mengobati rheumatoid arthritis. Dalam percobaan, obat tersebut menunjukkan dapat mengurangi risiko kematian sekitar seperlima pada pasien yang membutuhkan perawatan di rumah sakit untuk COVID-19 yang parah. 

Baricitinib dapat digunakan bersamaan dengan perawatan COVID-19 lainnya, seperti obat steroid deksametason. 

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

"Ini dapat menyelamatkan lebih banyak nyawa. Itu mungkin mengurangi separuh kematian," ujar para peneliti, dilansir Times of India, Selasa 8 Maret 2022. 

National Health Service (NHS) akan segera merekomendasikan baricitinib berdasarkan hasil temuan tersebut. Obat berbentuk pil ini dihargai sekitar 250 poundsterling atau sekitar Rp4,7 juta untuk pengobatan 10 hari. Namun, masih ada kemungkinan untuk NHS menurunkan harganya. 

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

"Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua peneliti, dokter, dan sukarelawan yang terlibat dalam pekerjaan ini," kata Sekretaris Kesehatan dan Perawatan Sosial, Sajid Javid. 

Ilustrasi obat COVID-19.

Photo :
  • Pixabay

"Para ahli medis dan ilmiah kami sekarang akan mempertimbangkan hasilnya sebelum keputusan diambil pada langkah selanjutnya," tambah dia. 

Meskipun vaksin COVID-19 telah melakukan pekerjaannya dengan baik dalam mengurangi infeksi dan melindungi kehidupan, namun beberapa orang masih berpotensi untuk tertular dan menjadi sangat sakit karena COVID-19. 

Uji coba pemulihan telah menguji baricitinib pada pasien COVID-19 untuk melihat apakah ini akan membantu. Setelah diidentifikasi bersamaan dengan penggunaan deksametason, tocilizumab dan pengobatan Ronapreve, menurut peneliti, penemuan ini telah mengubah praktik klinis dan menyelamatkan ratusan ribu nyawa di seluruh dunia. 

Kini, beberapa pasien COVID-19 yang parah termasuk yang menggunakan ventilator, jauh lebih baik jika mereka menerima baricitinib. 

Para penelti mengatakan, manfaat baricitinib bahkan di atas obat COVID-19 yang terbukti dapat menyelamatkan jiwa lainnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya