Tak Hanya Antioksidan, Ini 12 Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan

Manfaat buah apel
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Manfaat buah apel ada beragam jenis. Buah apel terdiri dari dua jenis yaitu apel hijau dan apel merah. Keduanya sangat baik untuk kesehatan tubuh. Salah satu manfaat buah apel yang paling umum adalah sebagai antioksidan. Buah apel juga sering dijadikan sebagai cemilan saat program diet karena cukup mengenyangkan dan kaya vitamin.

Ramalan Zodiak Jumat 26 April 2024: Taurus Harus Waspada dengan Rekan Kerja, Leo Kena Tekanan Mental

Buah apel kaya akan vitamin sehingga dapat memberikan khasiat pada kesehatan mata. Apel merah menyimpan banyak antosianin hingga lima kali lebih banyak dari apel hijau seperti Granny Smiths. Antosianin merupakan pigmen yang menjadikan kulit apel berwarna lebih gelap. Pigmen antosianin ini menawarkan manfaat bagi kesehatan jantung dan menurunkan kolesterol.

Meski nutrisinya sama, apel merah jenis Red Delicious punya komposisi serat, kalsium, magnesium, fosfor, kalium, dan vitamin K yang sedikit lebih banyak. Di sisi lain, apel hijau Granny Smiths memiliki vitamin A yang sedikit lebih besar. Lalu, apa saja manfaat buah apel secara umum untuk kesehatan tubuh? Berikut penjelasannya:

5 Tips Merawat Kucing Peliharaan Agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit

1. Menjaga Kesehatan Otak dan Cegah Alzheimer

Polifenol yang terkandung di dalam buah apel dapat menjaga kesehatan otak. Polifenol pada buah apel dapat memelihara otak dari penurunan fungsi saraf yang menyebabkan Alzheimer dan Parkinson beserta daya ingat yang melemah akibat faktor usia. Pigmen quercetin dan asam fenolik memiliki peran yang besar dalam hal ini. Sifat buah apel yang dapat menangkal radikal bebas juga mampu menghambat penurunan kognitif otak.

Bukan Cuma Biar Adem, Tidur Telanjang Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan

2. Sifat Antiinflamasi

Apel dengan kulitnya menyimpan polifenol yang cukup untuk menghambat produksi senyawa pemicu inflamasi. Jus apel juga memiliki turunan flavonoid seperti procyanidin and phloretin. Molekul-molekul ini dapat menghalau ekspresi gen yang terlibat dalam terjadinya inflamasi.

3. Mengontrol Diabetes

Manfaat buah apel untuk kesehatan lainnya yaitu untuk mengontrol diabetes. Senyawa flavonoid buah apel dipercaya memiliki keterlibatan dalam mengurangi masalah berkembangnya diabetes. Sebuah studi menyatakan kalau orang-orang yang mengonsumsi 1-2 apel per hari mengalami risiko 25% lebih sedikit terkena diabetes tipe 2. Antioksidan yang diberikan dari flavonoid ini membuatnya apel jadi makanan yang begitu aktif dalam melindungi sel pankreas dari kerusakan. Apel juga mengandung indeks glikemik yang rendah, yang berarti gula darah bisa terkontrol dengan baik

4. Baik Untuk Jantung

Manfaat apel yang pertama adalah melindungi fungsi jantung. Beberapa studi menunjukkan kalau kadar flavonoid yang tinggi dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular sebesar 35%, khususnya pada perempuan. Ada pula penelitian lainnya yang dilakukan pada ribuan orang yang mengonsumsi apel dan wine. Hasil penelitian tersebut mengungkapkan adanya pengaruh apel terhadap pencegahan penyakit jantung dan serangan jantung.

5. Baik untuk Kesehatan Mata

Vitamin A, vitamin C, dan quercetin bisa melindungi mata dari degenerasi fungsi akibat faktor umur dan infeksi mata lainnya. Karotenoid seperti lutein dan zeaxanthin pada buah juga penting untuk mendeteksi warna di dalam retina. Karenanya, apel dan makanan dengan komponen yang serupa dapat memelihara kadar makula di retina dan menghindarkan fungsi penglihatan yang memburuk.

6. Memperkuat Tulang dan Gigi

Manfaat buah apel juga terletak pada jumlah mineralnya yang tinggi. Apel mengandung mineral boron, kalium, kalsium, dan zinc. Banyaknya mineral di dalam buah apel diperlukan untuk kesehatan tulang. Antioksidan pada buah apel dapat memperlambat munculnya kondisi buruk pada tulang, seperti osteoartritis dan osteoporosis. Daging apel yang berserat juga dapat meningkatkan produksi air liur dan menyeimbangkan asam di mulut.

7. Kandungan Serat Lebih Rendah

Manfaat buah apel hijau adalah membantu dalam pergerakan usus bebas. Namun, hal ini akan lebih pesat manfaatnya bila memakan apel hijau dengan kulitnya.

8. Rendah Kandungan Lemak

Apel hijau rendah kandungan lemak sehingga menjaga aliran darah yang tepat ke jantung serta mencegah kemungkinan stroke.

9. Mencegah Kanker Kulit

Konsumsi apel hijau mengandung Vitamin C yang membantu mencegah kerusakan sel kulit oleh radikal bebas dan dengan demikian mengurangi kemungkinan kanker kulit.

10. Baik untuk Hati

Selain sebagai agen detoksifikasi alami,menurut sebuah publikasi dari Bioscience, Biotechnology, and Biochemistry pada 2013, apel hijau juga diketahui memiliki antioksidan dalam jumlah yang baik. Antioksidan ini sebenarnya mencegah radikal bebas merusak hati.

11. Baik untuk Pembekuan Darah

Manfaat buah apel hijau lainnya yaitu sumber potensial vitamin K, elemen yang membantu darah beku dan menggumpal. Orang yang minum jus ini memiliki potensi penyembuhan dan perbaikan luka yang lebih baik.

12. Pengganti Kafein

Buah apel mengandung gula alami (glukosa) di dalamnya. Setiap apel rata-rata mengandung 13 gram gula. Sedangkan apel merah bisa mengandung hingga 16g gula alami (glukosa alami). Glukosa alami adalah elemen "gula bentuk dasar" yang diproses tubuh. Jadi, jika makan apel mentah terutama sebelum makan pagi, tidak hanya akan terjaga lebih lama daripada minum kopi, tetapi juga akan membersihkan saluran pencernaan.

Itulah beberapa manfaat buah apel untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit. Buah apel dapat diolah menjadi makanan dan cemilan yang enak dan menyehatkan. Apa saja?

1. Apple Pie

Bahan filling:
- 5 apel, potong-potong
- 5 sdm kismis
- 3 sdm almond
- 4 sdm air lemon
- 5 sdm gula pasir
- 2 sdm gula palem
- 1/2 sdt cinnamon bubuk
- 1 sdm butter leleh

Bahan kulit:
- 300 gram tepung terigu segitiga
- 200 gram butter dingin
- 1 sdt air lemon
- 6 sdm air es batu
- sejumput garam

Bahan olesan:
- kuning telur secukupnya

Cara membuat:
1. Filling: masak semua bahan kecuali almond dan butter. Aduk rata. Masukkan butter lalu almond. Sisihkan
2. Kulit: campur tepung dan garam. Masukkan butter, aduk rata. Tuangi air es sedikit demi sedikit sambil diaduk terus
3. Bentuk adonan ke cetakan. Tusuk adonan dengan garpu, isi bahan filling. Kemudian buat anyaman seperti bahan kulit
4. Masukkan kulkas selama 30 menit
5. Olesi permukaan dengan bahan olesan, panggang 180 derajat Celcius selama 35 menit.

2. Apel Mini Karamel

Bahan-bahan :
- 1 buah apel
- 200 ml air
- 500 gram gula pasir
- Marshmallow atau trimit secukupnya
- Susu cair secukupnya

Cara membuat:
1. Cuci bersih apel, lalu tusuk dengan stik es krim
2. Masukkan gula pasir ke wajan
3. Tuangkan air dan susu dan aduk sampai menjadi karamel
4. Celupkan apel ke dalam karamel
5. Taburkan marshmallow dan trimit
6. Apel mini karamel siap dinikmati.

3. Apple Banana Cake

Bahan-bahan:
- 180 gr tepung kunci
- 1.5 sdt baking powder
- 1/2 sdt soda kue
- 1/2 sdt cinnamon powder
- 3 butir telur, kocok lepas
- 120 gr gula pasir
- 30 gr gula palem
- 120 gr butter lelehkan
- 200 gr pisang lumatkan
- 2 buah apel malang potong dadu
- 85 gr kismis

Cara membuat:
1. Panaskan oven 180 derajat, ayak terigu, baking powder + soda kue + kayu manis bubuk, buat lubang di tengah
2. Tuang telur kocok + gula ke dalam lubang tepung tadi sambil diaduk whisk sampai basah, masukkan juga mentega leleh
3. Diikuti dengan pisang ambon, apel, kismis
4. Tuang adonan ke Loyang loaf yang sudah dikasih kertas dan olesan
5. Panggang 40 menit, angkat dan beri olesan madu diatasnya.

Buah Alpukat - Photo by Kelly Sikkema on Unsplash

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Alpukat, buah lezat yang seringkali dijuluki sebagai mentega alami, bukan hanya memberikan cita rasa yang lezat di dalam hidangan, tetapi juga menawarkan sejumlah manfaat

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024