7 Manfaat Buah Nanas bagi Kesehatan Tubuh dan Pencernaan

Manfaat buah nanas
Manfaat buah nanas
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Manfaat buah nanas menang sudah dikenal baik untuk menjaga kesehatan dan dapat mengatasi masalah dalam hal kesehatan. Buah nanas yang cukup populer ini mengandung nutrisi, antioksidan dan senyawa bermanfaat lainnya seperti enzim yang dapat melawan peradangan dan penyakit.

Nanas memang merupakan buah tropis yang sangat lezat dan sehat maka dari itu banyak disukai dan dikonsumsi. Buah yang berasal dari Amerika Selatan dan senyawanya ini telah dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan, termasuk membantu pencernaan, meningkatkan kekebalan dan mempercepat pemulihan dari operasi. 

Melansir dari Healthline, berikut ini sejumlah manfaat kesehatan yang mengesankan dari nanas untuk kesehatan tubuh.

1. Mengandung Antioksidan Penangkal Penyakit

Ilustrasi sakit kepala/demam.

Ilustrasi sakit kepala/demam.

Photo :
  • Pexels/Andrea Piacquadio

Nanas tidak hanya kaya akan nutrisi, tetapi juga mengandung antioksidan yang sehat. Antioksidan adalah molekul yang membantu tubuh memerangi stres oksidatif, keadaan di mana ada terlalu banyak radikal bebas di dalam tubuh. Radikal bebas ini bisa menyebabkan kerusakan yang terkait dengan peradangan kronis, sistem kekebalan yang melemah dan penyakit lainnya yang  berbahaya.

Nanas sangat kaya akan antioksidan yang dikenal sebagai flavonoid dan asam fenolik. Antioksidan yang terdapat di juga banyak terikat sehingga memungkinkan antioksidan untuk bertahan dalam kondisi yang lebih keras di dalam tubuh dan menghasilkan efek yang lebih tahan lama.

2. Enzimnya dapat Melacarkan Pencernaan

Ilustrasi sistem pencernaan

Ilustrasi sistem pencernaan

Photo :
  • Pixabay

Manfaat buah nanas yang selanjutnya adalah dapat melancarkan pencernaan. Buah nanas diketahui mengandung sekelompok enzim pencernaan yang disebut sebagai bromelain. Enzim tersebut berfungsi sebagai protease, yang memecah molekul protein menjadi bahan penyusunnya seperti asam amino dan peptida kecil. 

Setelah molekul protein dipecah, mereka lebih mudah diserap di usus kecil. Sehingga sangat membantu bagi orang dengan insufisiensi pankreas, suatu kondisi di mana pankreas tidak dapat membuat enzim pencernaan yang cukup. 

Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa peserta dengan insufisiensi pankreas mengalami pencernaan yang lebih baik setelah mengonsumsi suplemen enzim pencernaan yang mengandung bromelain, dibandingkan dengan mengonsumsi suplemen enzim pencernaan yang sama tanpa bromelain. 

3. Dapat Membantu Mengurangi Risiko Kanker

Cegah kanker payudara

Cegah kanker payudara

Photo :
  • U-Report

Manfaat buah nanas selanjutnya yang cukup dikenal adalah dapat membantu mengurangi resiko kanker. Kanker sendiri merupakan penyakit kronis yang ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak terkendali. Perkembangannya umumnya terkait dengan stres oksidatif dan peradangan kronis.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa nanas dan senyawanya dapat mengurangi risiko kanker. Hal tersebut dikarenakan mereka dapat meminimalkan stres oksidatif dan mengurangi peradangan. Salah satunya senyawa dalam kelompok enzim pencernaan yang disebut bromelain. Studi tabung menunjukkan bahwa bromelain juga dapat membantu melawan kanker.

Misalnya, dua penelitian tabung menunjukkan bahwa bromelain menekan pertumbuhan sel kanker payudara dan merangsang kematian sel. Semantara studi tabung reaksi lainnya menunjukkan bahwa bromelain menekan kanker di kulit, saluran empedu, sistem lambung dan usus besar. 

Namun diketahui bromelain yang terkandung langsung di dalam nanas jauh lebih sedikit daripada suplemen. Sehingga masih dibutuhkan lebih banyak penelitian sebelum membuat kesimpulan. 

4. Dapat Meningkatkan Kekebalan dan Menekan Peradangan

Ilustrasi pria sehat.

Ilustrasi pria sehat.

Photo :
  • U-Report

Selama ini buah nanas memang telah dikenal menjadi bagian dari pengobatan tradisional dan alternatif. Hal tersebut dikarenakan buah  mengandung berbagai macam vitamin, mineral dan enzim seperti bromelain yang secara kolektif dapat meningkatkan kekebalan dan menekan peradangan. 

Dalam sebuah studi selama sembilan minggu dengan memberi makan kepada 98 anak sehat tanpa nanas, beberapa nanas (140g) atau banyak nanas (280g) setiap hari untuk melihat apakah itu meningkatkan kekebalan mereka. Anak-anak yang makan nanas memiliki risiko infeksi virus dan bakteri yang jauh lebih rendah. Sementara anak-anak yang memakan banyak nanas memiliki hampir empat kali lebih banyak sel darah putih (granulosit) yang melawan penyakit daripada dua kelompok lainnya. 

Studi lain menemukan bahwa anak-anak dengan infeksi sinus pulih secara signifikan lebih cepat saat mengonsumsi suplemen bromelain, dibandingkan dengan pengobatan standar atau kombinasi keduanya. Terlebih lagi, penelitian telah menunjukkan bahwa bromelain dapat mengurangi penanda peradangan. Sifat anti-inflamasi ini diyakini dapat membantu sistem kekebalan tubuh.

5. Dapat Meringankan Gejala Arthritis

arthritis

arthritis

Photo :
  • Awezome

Arthritis diketahui sudah mempengaruhi lebih dari 54 juta orang dewasa di AS saja. Ada banyak jenis radang sendi, tetapi kebanyakan dari mereka melibatkan peradangan pada persendian. Karena nanas mengandung bromelain yang memiliki sifat anti-inflamasi, maka dari itu dianggap dapat meredakan nyeri bagi mereka yang menderita radang sendi. 

Faktanya, penelitian sejak tahun 1960-an menunjukkan bahwa bromelain digunakan untuk meredakan gejala rheumatoid arthritis, sejenis radang sendi yang melibatkan peradangan sendi. Sementara beberapa penelitian terbaru telah melihat efektivitas bromelain untuk mengobati radang sendi.

Sebuah studi yang dilakukan pada pasien dengan osteoarthritis menemukan bahwa mengambil suplemen enzim pencernaan yang mengandung bromelain membantu menghilangkan rasa sakit seefektif obat arthritis umum seperti diklofenak. Bromelain berpotensi meredakan gejala radang sendi, terutama dalam jangka pendek. 

Namun, hingga saat ini masih belum diketahui lebih lanjut apakah bromelain dapat menjadi pengobatan jangka panjang untuk gejala radang sendi. Masih diperlukan studi yang lebih lama sebelum merekomendasikan bromelain untuk meredakan gejala radang sendi.

6. Dikatakan dapat Mempercepat Pemulihan Setelah Operasi atau Oahraga Berat

Ilustrasi dokter dan pasien.

Ilustrasi dokter dan pasien.

Photo :
  • U-Report

Kamu sudah tahu belum kalau ternyata dengan memakan nanas dapat mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk pulih dari operasi atau olahraga. Hal itu karena sifat anti-inflamasi bromelain yang ada pada nanas. 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bromelain dapat mengurangi peradangan, pembengkakan, memar dan nyeri yang sering terjadi setelah operasi. Sebuah penelitian lagi juga menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi bromelain sebelum operasi gigi dapat mengurangi rasa sakit dan merasa lebih bahagia daripada yang tidak mengonsumsi bromelain. 

Olahraga berat juga dapat merusak jaringan otot dan menyebabkan peradangan di sekitarnya. Otot yang terkena tidak dapat menghasilkan kekuatan sebanyak itu dan terasa sakit hingga tiga hari. Protease seperti bromelain diyakini mempercepat pemulihan kerusakan yang disebabkan oleh olahraga berat dengan mengurangi peradangan di sekitar jaringan otot yang rusak. 

Dalam sebuah studi menguji teori ini dengan memberikan peserta suplemen enzim pencernaan yang mengandung bromelain setelah 45 menit melakukan olahraga berat di treadmill. Mereka yang mengonsumsi suplemen mengalami lebih sedikit peradangan dan mempertahankan lebih banyak kekuatan sesudahnya. Sementara beberapa penelitian lain menunjukkan bahwa bromelain dapat mempercepat pemulihan dari kerusakan yang disebabkan oleh olahraga. 

7. Baik untuk Diet

Ketahui Rahasia Diet Mayo, Sukses Selama 2 Minggu

Ketahui Rahasia Diet Mayo, Sukses Selama 2 Minggu

Photo :
  • U-Report

Manfaat buah nanas yang terakhir akan dibahas adalah baik untuk diet dan menurunkan berat badan. Nanas manis nyaman dan mudah dimasukkan ke dalam menu diet yang kamu lakukan. Seperti yang diketahui buah nanas ini cukup berair sehingga kamu akan merasa kenyang setelah memakannya. Kamu dapat menikmatinya dengan memakan langsung atau diolah menjadi smoothie, salad, atau pizza buatan sendiri.

Itulah sejumlah manfaat buah nanas yang dapat kamu ketahui dan mungkin bisa menjadi referensi tambahan untuk mengatasi masalah kesehatan yang sedang dialami. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi kamu yang membacanya.