5 Manfaat Buah Alpukat untuk Penyakit Jantung hingga Berat Badan Sehat

Manfaat buah alpukat
Manfaat buah alpukat
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Manfaat buah alpukat mungkin sudah diketahui oleh kebanyakan orang karena buah yang satu ini memang cukup populer. Buah alpukat sendiri sudah menjadi makanan pokok hampir di seluruh dunia karena memiliki rasa yang lezat dan bergizi serta mengandung nutrisi yang bermanfaat. Manfaat buah alpukat ada banyak dan akan kita bahas pada kesempatan kali ini. 

Buah alpukat sendiri sangat populer di dunia kesehatan dan kebugaran karena sangat bergizi dan telah dikaitkan dengan beberapa manfaat kesehatan. Buah yang berwarna hijau dengan isi daging yang berwarna hijau pula ini memiliki banyak manfaat jika dikonsumsi. Melansir dari Healthline, berikut ini manfaat buah alpukat yang baik untuk kesehatan tubuh dengan berbagai nutrisi yang dimiliki. 

1. Memiliki banyak nutrisi yang sangat baik untuk tubuh

Ilustrasi alpukat.

Ilustrasi alpukat.

Photo :
  • U-Report

Manfaat buah alpukat didapatkan dari nutrisi yang terkandung di dalam buah itu sendiri. Seperti yang diketahui buah alpukat memang kaya akan nutrisi penting yang baik untuk tubuh. 

Berikut ini rincian nutrisi yang terkandung di dalam buah alpukat dehgan berat 7 ons (201 gram):

  • Kalori: 322
  • Lemak: 30 gram
  • Protein: 4 gram
  • Karbohidrat: 17 gram
  • Serat: 14 gram
  • Vitamin C: 22% dari nilai harian (DV)
  • Vitamin E: 28% dari DV
  • Vitamin K: 35% dari DV
  • Riboflavin (B2): 20% dari DV
  • Niasin (B3): 22% dari DV
  • Asam pantotenat (B5): 56% dari DV
  • Pyridoxine (B6): 30% dari DV
  • Folat: 41% dari DV
  • Magnesium: 14% dari DV
  • Kalium: 21% dari DV
  • Tembaga: 42% dari DV
  • Mangan: 12% dari DV

Berdasarkan rincian nutrisi di atas, alpukat adalah buah yang sangat bergizi dan merupakan sumber terkonsentrasi dari lemak dan serat sehat, ditambah lagi dengan sejumlah vitamin dan mineral yang dimiliki. 

Alpukat memiliki berbagai nutrisi yang tidak dimiliki oleh makanan yang mungkin sering dimakan. Misalnya seperti magnesium, B6, vitamin C, vitamin E dan folat. Selain itu, buah alpukat juga memberikan nutrisi yang penting untuk kesehatan sistem kekebalan tubuh, termasuk vitamin C, B6 dan E.

Buah alpukat mengandung banyak nutrisi yang penting untuk kesehatan yang optimal dan mengonsumsi alpukat secara teratur dapat membantu meningkatkan kualitas diet secara keseluruhan.

2. Bermanfaat untuk kesehatan usus

Ilustrasi usus.

Ilustrasi usus.

Photo :
  • Pixabay

Manfaat buah alpukat yang selanjutnya dikatakan baik untuk kesehatan usus. Hal itu dikarenakan alpukat tinggi akan serat. Mendapatkan cukup serat dalam makanan sangat penting untuk kesehatan sistem pencernaan untuk dapat membantu mendorong pertumbuhan bakteri sehat.

Sebuah penelitian dengan yang dilakukan pada 163 orang dewasa yang dianggap kelebihan berat badan menemukan bahwa orang pria yang mengonsumsi 175 gram alpukat dan wanita yang mengonsumsi 140 gram alpukat setiap hari selama 12 minggu memiliki konsentrasi asam empedu tinja yang lebih rendah dan meningkatkan keragaman bakteri dibandingkan dengan kelompok kontrol. 

Selain itu, kelompok alpukat memiliki lebih banyak bakteri Faecalibacterium, Lachnospira dan Alistipes yang di mana semuanya menghasilkan asam lemak rantai pendek (SCFA), termasuk butirat. SFCA membantu bahan bakar sel usus besar dan melindungi dari penyakit seperti kanker kolorektal dan penyakit radang usus. 

3. Dapat membantu mengurangi faktor risiko penyakit jantung

Makanan pencegah penyakit jantung

Makanan pencegah penyakit jantung

Photo :
  • U-Report

Manfaat buah alpukat yang ketiga adalah dapat membantu mengurangi faktor risiko penyakit jantung. Dengan mengonsumsi makanan padat nutrisi secara teratur seperti alpukat maka dapat membantu melindungi tubuh dari penyakit jantung.

Vitamin, mineral, lemak sehat dan serat yang ditemukan dalam alpukat semuanya berperan dalam menjaga kesehatan sistem kardiovaskular. Dalam sebuah studi menunjukkan bahwa alpukat dapat membantu meningkatkan faktor risiko penyakit jantung yang dapat membantu mencegah timbulnya penyakit jantung.

Buah alpukat juga diketahui dapat membantu meningkatkan kolesterol HDL pelindung jantung dan menurunkan kadar kolesterol LDL teroksidasi, sejenis kolesterol yang secara signifikan terkait dengan aterosklerosis atau penumpukan plak di sepanjang dinding arteri.  Selain itu, kandungan potasium dan magnesium dari alpukat bermanfaat untuk pengaturan tekanan darah. Menjaga tekanan darah pada tingkat yang sehat sangat penting untuk pencegahan penyakit jantung.

4. Sumber yang kaya akan antioksidan dan anti-inflamasi

Ilustrasi antioksidan.

Ilustrasi antioksidan.

Photo :
  • U-Report

Selain mengandung vitamin, mineral, lemak sehat dan serat, alpukat juga memiliki senyawa bioaktif termasuk karotenoid, vitamin C, vitamin E dan senyawa fenolik. Zat-zat tersebut telah terbukti memiliki aktivitas antioksidan, neuroprotektif dan kardioprotektif yang signifikan.

Karotenoid yang ditemukan dalam alpukat telah terbukti memiliki efek antioksidan yang kuat, melindungi terhadap kerusakan oksidatif, yang terkait dengan perkembangan banyak penyakit kronis. Maka dari itu memakan alpukat secara teratur dapat membantu meningkatkan pertahanan antioksidan pada tubuh. Apalagi alpukat mengandung  kadar antioksidan darah yang lebih tinggi seperti vitamin C dan karotenoid, yang keduanya telah dikaitkan dengan fungsi kognitif yang lebih baik, peningkatan kesehatan jantung, dan masih banyak lagi.

5. Dapat membantu meningkatkan berat badan yang sehat

Ilustrasi makanan penurun berat badan.

Ilustrasi makanan penurun berat badan.

Photo :
  • U-Report

Manfaat buah alpukat yang terakhir akan dibahas yakni adalah dapat membantu meningkatkan berat badan yang sehat. Meskipun alpukat tinggi kalori, mereka dikemas dengan nutrisi dan membantu meningkatkan rasa kenyang karena seratnya yang tinggi dan kandungan lemak yang sehat.

Dalam penelitian menunjukkan bahwa mengikuti pola diet dengan makanan berserat, seperti buah-buahan dan sayuran dapat membantu mendukung penurunan berat badan. Plus, orang yang makan lebih banyak serat cenderung mempertahankan berat badan yang lebih sehat dibandingkan dengan mereka yang mengikuti diet rendah serat. 

Tak hanya itu, sejumlah penelitian telah mengaitkan asupan alpukat dengan penurunan berat badan, peningkatan rasa kenyang dan penurunan lemak pada perut. Meningkatkan makanan yang kaya serat memang cenderung meningkatkan penurunan berat badan dengan meningkatkan rasa kenyang. Jadi, makan lebih banyak makanan berserat tinggi seperti alpukat bisa menjadi pilihan yang baik bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan atau mempertahankan berat badan.

Itulah kumpulan dari sejumlah manfaat buah alpukat bagi kesehatan tubuh yang bisa kamu ketahui. Jika biasanya kamu hanya memakannya tanpa mengetahui apa manfaat buah alpukat maka kini kamu sudah bisa mengetahuinya. Buah alpukat sendiri memang memiliki rasa yang lezat baik untuk langsung dimakan atau diolah menjadi makanan dan minuman. Bahkan tak hanya lezat, tapi juga memiliki berbagai nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi kamu yang membacanya.