7 Manfaat Buah Semangka dengan Segudang Nutrisi Baik untuk Tubuh

Manfaat buah semangka
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Manfaat buah semangka mungkin telah diketahui oleh kebanyakan orang yang menyukainya. Buah yang satu ini cukup digemari dan menjadi salah satu buah yang oleh kerap dikonsumsi oleh banyak orang. Sebagian mengonsumsinya karena memang menyukainya dan sebagiannya lagi mengonsumsinya karena manfaat buah semangka bagi kesehatan tubuh. 

Ramalan Zodiak Jumat 26 April 2024: Taurus Harus Waspada dengan Rekan Kerja, Leo Kena Tekanan Mental

Seperti yang diketahui bahwa semangka rasanya manis dan buahnya mengandung banyak air. Sehingga buah ini juga bisa membantu kamu melepaskan rasa dahaga atau haus di musim panas atau saat sedang merasa dehidrasi. Buah semangka berbentuk bulat besar dengan warna kulitnya yang berwarna hijau dan daging buahnya yang berwarna merah cerah. Buah ini mengandung banyak nutrisi seperti antioksidan serta vitamin A dan vitamin C.

Lantas dengan nutrisi yang terkandung di dalam buah semangka tersebut, apa saja manfaat yang dimiliki? Melansir dari Healthline, berikut ini sejumlah manfaat buah semangka untuk kesehatan tubuh. 

5 Tips Merawat Kucing Peliharaan Agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit

1. Membantu tubuh tetap terhidrasi

Ilustrasi tubuh sehat.

Photo :
Bukan Cuma Biar Adem, Tidur Telanjang Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan

Manfaat buah semangka yang pertama yakni adalah dapat membantu tubuh tetap terhidrasi. Seperti yang sebelumnya juga sudah dibahas bahwa buah semangka memang sejatinya mengandung banyak air dalam daging buahnya. Apalagi menjaga tubuh agar tetap terhidrasi itu memang penting agar tubuh dapat berfungsi dengan baik.

Pengaturan suhu tubuh, fungsi organ normal, pengiriman nutrisi ke sel dan kewaspadaan hanyalah beberapa proses tubuh yang bergantung pada hidrasi yang memadai. Dengan memakan makanan yang mengandung banyak air maka dapat membantu memberikan tubuh kebutuhan air yang dibutuhkan untuk berfungsi dengan baik.

Semangka terdiri dari 92% air sehingga menjadi pilihan yang tepat untuk asupan air harian yang bisa dikonsumsi. Selain buahnya yang sehat membantu juga memberi kebutuhan air untuk tubuh. Selain itu, karena kandungan airnya yang tinggi, semangka juga memiliki kepadatan kalori yang rendah atau sangat sedikit kalori. Sehingga dapat membantu mengontrol berat badan dengan membuat kamu akan merasa kenyang lebih lama. Buah semangka ini sangat cocok bagi kamu yang sedang melakukan diet. 

2. Mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh

Ilustrasi semangka.

Photo :
  • U-Report

Semangka mengandung berbagai nutrisi sepert potasium, magnesium serta vitamin A dan C dan lainnya. Semangka juga tergolong ke dalam daftar buah yang rendah kalori. 

Berikut ini daftar nutrisi yang terkandung pada buah semangka dalam 1 cangkir (152 gram) semangka mentah yang dipotong dadu:

  • Kalori: 46
  • Karbohidrat: 11,5 gram
  • Serat: 0,6 gram
  • Gula: 9,4 gram
  • Protein: 0,9 gram
  • Lemak: 0,2 gram
  • Vitamin A: 5% dari Nilai Harian (DV)
  • Vitamin C: 14% dari DV
  • Kalium: 4% dari DV
  • Magnesium: 4% dari DV

Semangka juga merupakan sumber yang kaya citrulline dan asam amino yang dapat meningkatkan kinerja saat berolahraga. Selain itu, semangka juga menawarkan antioksidan, termasuk vitamin C, karotenoid, likopen dan cucurbitacin E. Senyawa ini membantu melawan radikal bebas, molekul tidak stabil yang dapat merusak sel jika menumpuk di tubuh. Seiring waktu, kerusakan ini dapat menyebabkan penyakit seperti diabetes, penyakit jantung dan kanker.

3. Memiliki efek antikanker

Foto ilustrasi sel kanker | news.sky.com

Photo :
  • vstory

Manfaat buah semangka selanjutnya kemungkinan adalah memiliki efek antikanker. Beberapa senyawa yang ditemukan dalam semangka, termasuk likopen dan cucurbitacin E diketahui memiliki kemungkinan efek antikanker. Sementara berdasarkan berbagai hasil penelitian, asupan likopen dapat dikaitkan dengan risiko beberapa jenis kanker yang lebih rendah, seperti kanker prostat dan kolorektal. 

Lycopene sendiri diyakini bekerja dengan menurunkan kadar insulin-like growth factor (IGF), hormon yang mendorong pembelahan sel. Khususnya, kanker terbentuk ketika pembelahan sel menjadi tidak terkendali. Selain itu, cucurbitacin E dapat menghambat pertumbuhan tumor dengan mempromosikan autophagy sel kanker. Autophagy adalah proses di mana tubuh menghilangkan sel-sel yang rusak. Meskipun demikian, penelitian terhadap manusia masih harus dilakukan lebih lebih lanjut.

4. Meningkatkan kesehatan jantung

Penyakit Pembengkakan Jantung

Photo :
  • U-Report

Beberapa nutrisi yang terkandung di dalam semangka diketahui dapat mendukung kesehatan jantung. Penyakit jantung sendiri menjadi salah satu penyebab utama kematian di seluruh dunia. Dalam sebuah studi menunjukkan bahwa likopen dapat membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Selain itu juga dapat membantu mencegah kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh kadar kolesterol tinggi.

Manfaat buah semangka dikatakan dapat meningkatkan kesehatan jantung karena mengandung citrulline dan asam amino yang dapat meningkatkan kadar oksida nitrat dalam tubuh. Oksida nitrat membantu pembuluh darah mengembang sehingga menurunkan tekanan darah. Vitamin dan mineral yang baik untuk jantung lainnya dalam semangka diantaranya seperti magnesium, potasium serta vitamin A, B6 dan C.

5. Mengurangi peradangan dan stres oksidatif

Ilustrasi sakit maag/sakit perut.

Photo :
  • Pexels/Andrea Piacquadio

Salah satu manfaat buah semangka yang menarik adalah dapat mengurangi peradangan dan stres oksidatif. Peradangan sendiri merupakan pendorong utama timbulnya penyakit kronis. Dengan kombinasi antioksidan, likopen dan vitamin C dalam semangka dapat membantu menurunkan peradangan dan kerusakan oksidatif.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada 31 orang yang tubuhnya obesitas dan penanda inflamasi tinggi 500 mg vitamin C dua kali sehari. Mereka menunjukkan penurunan penanda inflamasi yang signifikan dibandingkan dengan kelompok kontrol.  Sebagai antioksidan, likopen juga dapat menunda timbul dan berkembangnya penyakit Alzheimer. Namun, perlu diketahui bahwa masih diperlukan lebih banyak penelitian yang harus dilakukan. 

6. Membantu mencegah degenerasi makula

Ilustrasi degenerasi makula.

Photo :
  • U-Report

Masih ada lagi manfaat buah semangka yang lainnya untuk kesehatan tubuh, misalnya seperti membantu mencegah degenerasi makula. Senyawa likopen yang terkandung pada semangka mungkin memiliki manfaat untuk mata. Degenerasi makula yang terkait usia (AMD) sendiri merupakan masalah mata yang umumnya dapat menyebabkan kebutaan pada seorang lansia.

Peran likopen sebagai senyawa antioksidan dan anti-inflamasi dapat membantu mencegah dan menghambat AMD, meskipun penelitiannya masih terbatas. Sebuah penelitian tabung reaksi yang merawat sel mata dengan likopen menemukan bahwa likopen menurunkan kapasitas penanda inflamasi untuk merusak sel. Namun perlu dicatat bahwa penelitian terhadap manusia masih diperlukan.

7. Meredakan nyeri otot

Ilustrasi nyeri otot.

Photo :
  • U-Report

Terakhir, semangka dapat bermanfaat untuk meredakan nyeri otot. Citrulline, asam amino yang ditemukan dalam semangka diketahui dapat meningkatkan kinerja tubuh saat sedang berolahraga dan mengurangi nyeri otot. 

Dalam sebuah ulasan menemukan bahwa dengan asupan citrulline secara teratur setidaknya selama 7 hari dapat meningkatkan kinerja aerobik dengan meningkatkan produksi oksida nitrat tubuh. Senyawa ini membantu melebarkan pembuluh darah sehingga jantung tidak perlu bekerja keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh. 

Sebuah penelitian dilakukan terhadap atlet dengan memberi jus semangka biasa dan jus semangka yang dicampur dengan citrulline, atau minuman kontrol. Kedua minuman semangka menyebabkan nyeri otot lebih sedikit dan pemulihan detak jantung lebih cepat daripada minuman kontrol. Namun lagi-lagi masih diperlukan penelitian lebih banyak terhadap hal tersebut. 

Itulah sejumlah manfaat buah semangka yang dapat kamu ketahui dan dan menjadi sebuah ilmu yang bermanfaat. Dengan mengetahui manfaat buah semangka siapa tahu kamu bisa jadi lebih sering mengonsumsi semangka agar kesehatan tubuh tetap terjaga. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi kamu yang membacanya. 

Buah Alpukat - Photo by Kelly Sikkema on Unsplash

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Alpukat, buah lezat yang seringkali dijuluki sebagai mentega alami, bukan hanya memberikan cita rasa yang lezat di dalam hidangan, tetapi juga menawarkan sejumlah manfaat

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024