5 Gejala Long COVID-19 yang Harus Diwaspadai

Memakai masker
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Tidak hanya selama masa infeksi, efek COVID-19 terlihat pada banyak orang bahkan setelah infeksi mereda. Disebut Long COVID-19, kondisi ini sama mengancamnya dengan infeksi itu sendiri. Namun, sayangnya banyak orang yang tidak menyadari efek COVID-19 yang lama hingga memperburuk kesehatan individu.

Atasi Gangguan Mental Sebelum Berujung Depresi, Ini Solusi Menjaga Kesehatan Jiwa

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui gejala-gejala Long COVID-19 yang lama agar seseorang dapat mengambil bantuan medis tepat waktu, dilansir dari Times of India. Dengan kata sederhana, jika seseorang mengalami efek ringan hingga berat pasca-COVID-19 itu disebut Long COVID-19. 

"Kondisi pasca COVID-19, juga dikenal sebagai "covid panjang," mengacu secara kolektif pada konstelasi gejala jangka panjang yang dialami beberapa orang setelah mereka menderita COVID-19. Orang yang mengalami kondisi pasca COVID-19 terkadang menyebut diri mereka sebagai jarak jauh," kata Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Meli Joker Tewas Bunuh Diri Sambil Live di Instagram, Psikolog Soroti Hal Ini

Beberapa gejala Long COVID-19 yang umum adalah kelelahan, sesak napas, dan disfungsi kognitif seperti kebingungan, pelupa, atau kurangnya fokus dan kejernihan mental. Berikut ini lima gejala Long COVID-19 yang harus diwaspadai. 

?Kerusakan saraf

Kolesterol Naik Usai Lebaran? Jangan Panik, Ini 5 Tips Menurunkannya

Para ahli telah menemukan hubungan antara Long COVID-19 dan kerusakan saraf. Para peneliti di Rumah Sakit Umum Massachusetts dan Institut Kesehatan Nasional telah mengungkapkan bukti neuropati perifer; gejalanya adalah lemas, nyeri pada tangan dan kaki serta kelelahan.

“Temuan kami menunjukkan bahwa beberapa pasien COVID yang lama mengalami kerusakan pada serat saraf perifer mereka, dan kerusakan pada jenis sel saraf serat kecil mungkin menonjol,” kata penulis utama Anne Louise Oaklander, seorang peneliti di Departemen Neurologi di Massachusetts General Rumah sakit mengatakan kepada Harvard.

Mengenai efek dari kondisi tersebut, peneliti mengatakan, "Saya pikir apa yang terjadi di sini adalah saraf yang mengontrol hal-hal seperti pernapasan, pembuluh darah, dan pencernaan kita dalam beberapa kasus rusak pada pasien COVID yang lama ini."

Depresi

cegah depresi

Photo :
  • U-Report

Salah satu masalah mendesak saat ini adalah berurusan dengan depresi. Sementara banyak yang menganggap penguncian pandemi bertanggung jawab atas peningkatan kasus depresi sejak wabah pandemi, para ahli telah menemukan hubungan antara depresi dan Long COVID-19.

"Orang yang telah terinfeksi COVID-19 tiga kali lebih mungkin mengalami kecemasan, dan hampir dua kali lebih mungkin mengalami depresi, dan 2,6 kali lebih mungkin untuk memiliki kedua kondisi tersebut, daripada orang yang tidak pernah menderita COVID-19," kata seorang studi yang diterbitkan dalam European Journal of Internal Medicine.

Kabut otak

Sakit kepala

Photo :
  • Times of India

Mengalami kesulitan berkonsentrasi setelah pulih dari COVID-19, adalah salah satu gejala yang umum. Gejala Long COVID-19 dapat mencakup kurangnya perhatian, masalah kognitif, kelelahan, masalah perilaku dan gejala neurologis lainnya, kata para ahli.

"COVID-19 dapat menyebabkan kerusakan otak secara langsung oleh ensefalitis, yang mungkin memiliki konsekuensi yang menghancurkan atau tidak kentara," kata sebuah studi Harvard dan menambahkan bahwa pada banyak orang terlihat tingkat kerusakan kognitif yang parah. Sesuai jurnal kesehatan, masalah neurologis ini terlihat pada hampir 25% orang setelah pulih dari COVID-19.

Sensasi kesemutan di badan

Sensasi kesemutan yang terjadi saat Anda duduk dalam waktu lama adalah yang dialami banyak orang pasca COVID-19. Salah satu gejala COVID-19 yang paling umum, sensasi kesemutan tidak hanya menjengkelkan, tetapi juga mengkhawatirkan dan memengaruhi fungsi normal seseorang.

Mati rasa atau kesemutan kronis dapat menjadi gejala dari sejumlah gangguan: stroke, tumor, multiple sclerosis - untuk beberapa nama. Juga, gangguan jebakan saraf, di mana saraf dikompresi atau dibatasi oleh jaringan di dekatnya dapat menyebabkan parestesia disertai dengan rasa sakit. 

"(Sindrom Terowongan Carpel adalah contoh dari gangguan jebakan saraf). COVID-19 juga dapat menyebabkan mati rasa dan kesemutan pada beberapa orang. Sulit untuk memprediksi siapa yang mungkin mengalami parestesia setelah COVID-19," kata laporan University of Michigan.

?Masalah jantung

Serangan jantung

Photo :
  • Times of India

COVID-19 memengaruhi banyak organ dan efek mematikannya sebagian besar terlihat di jantung. "COVID-19 adalah badai yang sempurna untuk jantung," kata Federasi Jantung Dunia (WHF) di awal pandemi. Banyak orang mengeluhkan masalah jantung setelah sembuh dari COVID-19.

Sebuah studi penelitian tahun 2021 menemukan bahwa seminggu setelah diagnosis COVID-19, risiko serangan jantung pertama meningkat tiga hingga delapan kali lipat. Studi pada 87.000 orang, di mana 57% adalah wanita, juga menemukan bahwa pada minggu-minggu berikutnya, risiko pembekuan darah dan serangan jantung menurun dengan mantap tetapi tetap meningkat setidaknya selama sebulan.

Para ahli juga menghubungkan COVID-19 dengan masalah terkait jantung seperti miokarditis dan perikarditis

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya