Belajar dari Suami Baby Margaretha, Buah Ini Penurun Kolesterol Tinggi

Ilustrasi Apel
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Lutfi Dwi Pujiastuti

VIVA – Suami Baby Margaretha, Christian Bradach meninggal dunia pada hari Minggu, 13 Maret 2022 di Bandung, Jawa Barat. Diduga kuat bahwa mendiang meninggal akibat penyakit yang sudah lama dialaminya yaitu kolesterol tinggi.

5 Efek Samping Kol Goreng Bagi Kesehatan yang Perlu Diwaspadai, Bisa Memicu Kanker

Dalam sepekan terakhir, Baby Margaretha mengaku Christian enggan dirawat di rumah sakit meski kolesterol tingginya kambuh. Hingga akhirnya, mendiang meninggal dunia saat berada di meja makan. 

"Enggak mau dirawat, dia bilang dia oke, dia kuat. Emang keras kepala, susah, enggak mau ajak ke dokter. Tadi meninggalnya di rumah di meja makan," ucapnya.

5 Minuman Herbal Penjaga Kolesterol Tetap Terkendali

Memiliki kolesterol tinggi bisa menjadi hal yang menakutkan. Meskipun tubuh Anda membutuhkan kadar kolesterol tertentu untuk berfungsi optimal, terlalu banyak kolesterol dapat menyebabkan penyumbatan arteri dan risiko penyakit jantung yang lebih tinggi.

Untungnya, Anda dapat membantu menjaga kadar kolesterol yang sehat dengan menerapkan pola makan yang sehat. Namun, mungkin sulit untuk memutuskan makanan mana yang perlu Anda makan untuk menjaga jumlah yang dibutuhkan.

7 Manfaat Tempe untuk Kesehatan Tubuh, Jadi Sumber Protein untuk Kesehatan Tulang

Dikutip dari laman Eat This, ada banyak jenis makanan yang berbeda yang dapat membantu angka kolesterol menurun, dan menurut penelitian, apel mengandung bahan yang telah diketahui memiliki sifat penurun kolesterol. Berikut alasan bahwa apel adalah salah satu buah terbaik yang dapat Anda makan untuk menurunkan kolesterol.

Ilustrasi apel.

Photo :
  • U-Report

Apel adalah buah terbaik untuk menurunkan kolesterol

Menurut Harvard Health, ada banyak makanan berbeda yang dapat membantu Anda menurunkan kolesterol dengan caranya sendiri yang unik. Misalnya, gandum dapat membantu karena kandungan seratnya yang tinggi, sementara ikan tertentu dapat membantu menurunkan kolesterol karena kadar omega-3-nya.

Jadi ada apa dengan apel secara khusus yang menjadikannya buah penurun kolesterol terbaik? Apel adalah salah satu buah dengan jumlah serat tertinggi, dan mengandung jenis serat larut tertentu yang disebut pektin.

Menurut Mayo Clinic, serat larut dapat membantu menurunkan kadar LDL (low-density lipoprotein) dengan mengurangi jumlah kolesterol yang diserap ke dalam aliran darah Anda.

Dan sebuah penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Nutrition menemukan bahwa serat pektin tidak hanya membantu mengurangi kolesterol, tetapi pektin yang ditemukan dalam apel adalah yang terbaik untuk penurun kolesterol dari sumber buah.

Alpukat juga bantu stabilkan kolesterol

Buah lain yang dapat membantu menurunkan kolesterol, yang mungkin tidak disadari oleh sebagian orang adalah buah, adalah alpukat! Buah ini adalah sumber lemak sehat yang dapat diandalkan, dan menurut Harvard Health, lemak sehat dapat menggantikan lemak yang tidak sehat, yang pada gilirannya dapat membantu mengurangi kadar kolesterol.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya