Fenomena Crazy Rich Pamer Harta, Psikolog Sebut Ini Pemicunya

Indra kenz
Sumber :
  • Instagram/indrakenz

VIVA – Fenomena Crazy Rich saat ini tengah menjadi sorotan dengan banyaknya orang di kalangan 'biasa' justru kerap memamerkan harta melimpah. Hal ini pun memantik rasa penasaran netizen akan penyebab fenomena ini yang dijawab oleh pakar.

Wow! Crazy Rich Vietnam Divonis Mati Gegara Korupsi 200 Triliun

Psikolog anak dan keluarga sekaligus Direktur Lembaga Psikologi Daya Insani, Sani Budiantini, menuturkan bahwa fenomena pamer harta memang terjadi sejak beberapa tahun belakangan. Sebabnya, tentu karena adanya 'panggung' yang mudah dijangkau oleh siapa pun.

"Generasi sekarang semua orang punya panggung. Untuk bisa terkenal, bisa dilihat orang, dan bisa diakui atau terakui. Beda kalau dulu," ujar Sani kepada VIVA, Selasa 15 Maret 2022.

Cerita Chacha Frederica Merasa Kesepian sampai Harus Konsultasi ke Psikolog

Deretan armada mobil sport crazyrich Surabaya

Photo :
  • instagram.com/crazyrichsurabayans/

Menurutnya, di generasi sebelumnya, orang-orang mencapai kesuksesan dan popularitas terbilang sulit. Butuh perjuangan untuk akhirnya bisa tampil di media massa dan dikenal banyak orang, namun dengan karya luar biasa. 

Terpopuler: Manfaat Belimbing Wuluh sampai Tanggapan Buya Yahya Soal Kasus Inses

Sayangnya, kini media sosial seolah menjadi panggung bagi tiap orang yang ingin dikenal dengan menampilkan sensasinya. Banyak orang yang sebenarnya tampil dan dikenal namun tak memiliki prestasi melainkan hanya hidup bergelimang harta.

"Namun sekarang semua orang punya panggung, bisa memperlihatkan apa yang dia miliki, baik kehidupan pribadi maupun harta yang dimiliki," tuturnya.

Lebih dalam, usaha dan kerja keras pada generasi sebelumnya untuk mendapatkan harta yang melimpah pun akhirnya tak pernah diindahkan oleh generasi saat ini. Keinginan untuk serba instan dengan dipicu adanya media sosial sehingga mendapat kemudahan untuk akses popularitas membuat sebagian generasi terkini enggan berusaha keras.

"Jadi memang di jaman era digital menurut saya, fenomena seseorang bisa terkenal atau punya panggung sangat mudah, termasuk fenomena crazy rich yang viral saat ini," pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya