7 Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan Kulit Wajah

Manfaat Daun Binahong
Manfaat Daun Binahong
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Manfaat daun binahong diketahui memang bagus untuk kecantikandan kesehatan kulit wajah yang dapat menunjang penampilan bagi para wanita. Daun binahong atau yang bernama latin Bassela Rubra Linn ini merupakan salah satu tanaman tidak begitu sulit untuk ditemukan di Indonesia. Biasanya tanaman ini tumbuh merambat di area seperti pekarangan rumah. Namun ada juga sebagian orang yang menganggap bahwa binahong adalah tanaman liar. 

Daun binahong diketahui mengandung berbagai nutrisi seperti kalsium, vitamin C, vitamin A dan zat besi. Tak hanya itu, daun binahong juga memiliki protein yang cukup tinggi seperti potasium, lutein, fosfor dan beta karoten yang berperan penting bagi kesehatan tubuh. Selain itu, daun binahong ini juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk membantu penampilan secara alami, yang tentunya aman untuk digunakan secara rutin.

Lantas, apa saja manfaat daun binahong? Mengutip dari World Today News, berikut ini sejumlah manfaat daun binahong untuk kesehatan kulit wajah.

1. Membantu Mengencangkan Kulit Wajah

Kulit wajah kencang.

Kulit wajah kencang.

Photo :
  • U-Report

Manfaat daun binahong yang pertama yakni adalah dapat membantu mengencangkan kulit. Seperti yang diketahui bahwa kulit yang kencang menjadi penunjang penampilan, terutama bagi para wanita. Sehingga kulit yang kencang akan lebih meningkatkan kepercayaan diri dibanding kulit yang tidak kencang atau kendur. 

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengencangkan kulit wajah secara alami adalah dengan menggunakan daun binahong. Cara yang dapat dilakukan pun terbilang cukup sangat mudah, kamu hanya perlu meminum rebusan air daun binahong. Kamu bisa meminumnya dengan rutin agar manfaatnya yang dapat membantu mengencangkan kulit sekaligus menyehatkan tubuh. 

2. Membantu Menghilangkan Komedo pada Wajah

Komedo nakal

Komedo nakal

Photo :
  • U-Report

Komedo yang ada pada kulit wajah tentunya akan mengganggu kamu, apalagi komedo yang ada di area hidung yang komedonya terbilang besar. Munculnya komedo memang menjadi salah satu masalah kulit yang kerap dialami oleh banyak orang, terutama bagi wanita karena mengurangi penampilan wajah. 

Nah, salah satu manfaat daun binahong yang selanjutnya adalah bisa membantu untuk menghilangkan komedo. Cara yang dapat dilakukan juga terbilang sangat mudah, kamu hanya tinggal merebus daun binahong dan menggunakan air rebusannya untuk menjadi air cuci muka. Agar komedo bisa menghilang secara maksimal dari kulit wajah, kamu bisa menggunakan rebusan air daun binahong sebagai cuci muka pada tiga kali sehari. 

3. Membantu Memutihkan Kulit Wajah

Ilustrasi Kulit Sehat

Ilustrasi Kulit Sehat

Photo :
  • MS Glow

Manfaat daun binahong yang ketiga adalah dapat membantu untuk memutihkan kulit wajah. Nah, daun binahong ini bisa menjadi solusi bagi kamu untuk mendapatkan kulit yang lebih putih dan bersih. Daun binahong ini menjadi perawatan kulit yang alami sehingga aman untuk digunakan dan kamu tidak perlu mengkhawatirkannya. 

Cara menggunakannya pun terbilang cukup mudah dan tidak sulit untuk dilakukan. Kamu hanya tinggal merebus daun binahong dan air rebusannya tersebut dijadikan sebagai minuman. Agar kulit menjadi lebih putih kamu bisa meminumnya secara rutin. Air rebusan daun binohong ini juga dapat menyehatkan tubuh selain untuk memutihkan kulit lho!

4. Membantu Menghaluskan Kulit Wajah

Kulit wanita halus.

Kulit wanita halus.

Photo :
  • http://www.info-isl.com

Selanjutnya kamu bisa memanfaatkan daun binahong untuk digunakan sebagai bahan yang dapat membantu untuk menghaluskan kulit wajah. Seperti yang kita semua ketahui bahwa kulit wajah yang halus dan mulus tentunya menjadi yang diinginkan oleh setiap wanita. Jika kamu ingin melakukan perawatan kulit secara alami, daun binahong ini sangat cocok untuk digunakan karena tidak memiliki efek samping. 

Laku, bagaimana cara menggunakan daun binahong agar kulit menjadi halus dan mulus? Caranya sangat mudah sekali, kamu hanya tinggal menyiapkan 20 lembar daun binahong dan kemudian merebusnya dengan sekitar 500 ml air dalam sebuah wadah. Setelah direbus dan mendidih, diamkan beberapa saat hingga airnya dingin. Gunakan air rebusan daun binahong itu untuk mencuci wajah kamu. Kamu juga mengoleskannya pada wajah secara teratur pada dua kali sehari agar hasilnya lebih maksimal. 

5. Membantu Membersihkan Wajah

Mencuci kulit wajah.

Mencuci kulit wajah.

Photo :
  • U-Report

Saat kita melakukan aktivitas, terutama di luar ruangan pastinya kulit wajah akan mudah terkena polusi, debu dan berkeringat. Apalagi bagi wanita yang sehari-harinya menggunakan makeup. Hal itu tentunya membuat wajah seperti membawa beban yang berat. Kamu harus tahu bahwa jerawat bisa saja muncull karena pori-pori yang tertutup oleh polusi dan sisa makeup. 

Untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa menggunakan daun binahong sebagai solusinya. Daun binahong diketahui dapat membantu untuk membersihkan wajah agar tetap sehat, bersih dan terhindar dari jerawat. Cara menggunakannya pun juga sangat mudah, kamu hanya tinggal merebus daun binahong lalu menggunakan air rebusannya untuk membersihkan wajahmu. Jika kamu membersihkan wajah dengan daun binahong secara teratur, manfaatnya bisa akan langsung terlihat pada wajah kamu. 

6. Membantu Mengatasi Munculnya Jerawat

Ilustrasi jerawat/kulit berjerawat.

Ilustrasi jerawat/kulit berjerawat.

Photo :
  • Pexels/Anna Nekrashevich

Jerawat yang muncul pada wajah tentunya membuat banyak orang akan merasa tidak nyaman karena dapat mengganggu penampilan. Selain itu, jerawat yang muncul juga terkadang bisa terasa sakit dan perih pada kulit. Kamu yang wajahnya muncul jerawat pastinya ingin jerawat itu cepat hilang. 

Salah satu manfaat daun binahong adalah mampu mengurangi produksi minyak dan dapat mengecilkan pori-pori yang ada pada wajah. Sehingga dengan hal tersebut bisa mencegah timbulnya jerawat pada kulit wajah. 

Untuk mengatasi jerawat yang timbul pada wajah, kamu bisa menggunakan daun binahong sebagai solusinya. Cara yang dilakukan juga terbilang cukup mudah, kamu hanya tinggal menyiapkan daun binahong dan menumbuknya hingga hancur. Setelah itu ditempelkan ke kulit wajah secara merata dan diamkan selama kurang lebih 10 menit dan bilas dengan air. 

Selain menempelkannya pada wajah, kamu juga bisa menggunakan rebusan air daun binahong untuk diminum. Dengan meminumnya secara rutin, kamu jerawat yang ada pada wajah perlahan akan mereda dan memudar. 

7. Membantu Mencegah Penuaan Dini

Ilustrasi penuaan dini.

Ilustrasi penuaan dini.

Photo :
  • U-Report

Manfaat daun binahong yang terakhir adalah dapat membantu mencegah penuaan dini. Penuaan dini sendiri diakibatkan oleh stres oksidatif dan dapat bertambah buruk dengan adanya radikal bebas.Sel-sel kulit bisa rusak dan menyebabkan munculnya keriput karena radikal bebas. 

Nah, daun binahong ini bisa membantu untuk mencegah hal tersebut karena adanya kandungan antioksidan, vitamin A, C, lutein, zeaxanthin serta beta-karoten yang berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan radikal bebas. Vitamin A dan C pada daun binahong akan membuat kulit menjadi lebih elastis, meremajakan kulit dan mencegah penuaan dini.

Itulah sejumlah manfaat daun binahong yang bagus untuk kecantikan dan kulit wajah. Kamu bisa menjadikan daun binahong sebagai pilihan perawatan alami bagi wajah. Tentunya manfaat daun binahong ini bisa membantu segala masalah kulit seperti yang sudah dijelaskan di atas. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi kamu yang membacanya dan dapat membantu permasalahan kulit wajah yang sedang dialami agar penampilan tetap terjaga dan terlihat cantik.