Diidap Mike Mora, Kenali Gejala Dini Kanker Perut

Mike Mora
Sumber :
  • celeb arena

VIVA – Kabar duka dari dunia hiburan Holywood yang baru saja mengumumkan kematian Mike Mora, suami dari penyanyi Kelis. Pemicu Mike Mora meninggal dunia dikaitkan erat dengan diagnosa kanker perut stadium 4.

Ini Dia Keju Paling Berbahaya di Dunia, Sekali Makan Bikin Muntah Hingga Diare Berdarah

Ada pun pengumuman sakit kanker yang dialami Mike Mora sempat diunggah di akun media sosial pada tahun 2021 lalu. Mike Mora yang menjadi fotografer populer itu sempat disorot dengan pengumuman penyakitnya tersebut.

Postingan tersebut menjelaskan bahwa penyakit kankernya mulai terasa ketika mengalami sakit di perutnya yang sangat buruk dan menyebabkan hilangnya nafsu makan dan sakit punggung hingga akhirnya dia memutuskan untuk memeriksakannya. 

Sering Mabuk Perjalanan? Ini Cara Mengatasinya Ketika Mudik Lebaran

"Saya pikir selama ini saya hanya menderita maag. Tanpa tahu apa yang akan terjadi pada saya. Di sinilah saya, di ranjang rumah sakit, di tengah pandemi. Sendirian," tulisnya saat itu.

Ilustrasi kanker perut.

Photo :
  • U-Report
Waspada, Tanda-tanda Ini Ternyata Gejala Awal Penyakit Glaukoma

Dikutip dari laman Cancer Center,  kebanyakan pasien dengan kanker perut stadium awal tidak memiliki gejala penyakit. Dalam kasus lain, pasien kanker perut mungkin salah mengira gejala mereka sebagai virus perut yang umum. Jika tanda dan gejala kanker perut tidak terlihat, penyakit ini dapat mencapai stadium lanjut sebelum diagnosis dibuat. 

Itulah mengapa penting bagi pasien yang dianggap berisiko tinggi untuk berbicara dengan dokter mereka tentang gejala yang mungkin merupakan tanda tumor perut. Tanda-tanda peringatan dini kanker perut sebenarnya bisa dikenal dengan ciri berikut:

Merasa begah

Banyak pasien kanker perut mengalami rasa "penuh" di perut bagian atas setelah makan dalam porsi kecil. 

Mulas

Gangguan pencernaan, mulas, atau gejala yang mirip dengan maag mungkin merupakan tanda tumor perut. 

Mual dan muntah

Beberapa pasien kanker perut memiliki gejala yang meliputi mual dan muntah. Terkadang, muntahnya mengandung darah.

Gejala umum lainnya dari kanker yang berkembang di perut mungkin termasuk:

Penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan akibat kurang nafsu makan atau penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan adalah tanda umum kanker. 

Sakit perut akibat ketidaknyamanan perut atau nyeri di perut di atas pusar mungkin merupakan gejala tumor perut. Selain itu, pembengkakan atau penumpukan cairan di perut juga bisa disebabkan oleh kanker perut.

Sebagian besar waktu, kanker perut (kanker lambung) bukanlah alasan untuk gejala-gejala ini—ini adalah ketidaknyamanan umum yang mungkin dipicu oleh kondisi seperti maag atau virus perut, atau bahkan makanan berat. Karena banyak gejala tahap awal dapat dengan mudah diabaikan atau dikaitkan dengan penyebab yang lebih umum, menangkap kanker perut sebelum berkembang mungkin sulit.

Siapa pun yang mengalami gejala kanker perut stadium awal yang penyebabnya tidak diketahui, atau tampaknya memburuk, disarankan untuk membuat janji dengan dokter. Apakah gejalanya disebabkan oleh kanker perut atau hal lain, dokter dapat membantu mengidentifikasi masalah dan mengobatinya dengan benar.

Gejala lanjut kanker perut

Saat kanker tumbuh lebih besar dan menyebar di luar perut, itu mungkin mulai menyebabkan gejala yang lebih terlihat. Tanda dan gejala kanker perut yang lebih lanjut mungkin termasuk:

Darah dalam tinja, muntah, penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan dan tidak disengaja, sakit perut, penyakit kuning (mata dan kulit menguning), penumpukan cairan, atau pembengkakan, di daerah perut, dan kesulitan menelan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya