5 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan, Bisa Turunkan Kolesterol

Daun Kelor
Sumber :
  • Pixabay/ Svibhandik

VIVA – Manfaat daun kelor telah dikenal selama ribuan tahun lalu untuk kesehatan tubuh dan kerap menjadi salah satu obat alternatif yang digunakan. Daun kelor sendiri juga dikenal sebagai tanaman yang sangat kaya akan antioksidan sehat dan senyawa tanaman bioaktif.

Bukan Hanya Menyenangkan, Ini 5 Manfaat untuk Anak Saat Main di Playground

Sejauh ini, para ilmuwan hanya dapat menyelidiki sebagian kecil dari sekian banyak manfaat kesehatan yang terkenal. Sebelum mengetahui apa saja manfaatnya, kita akan membahas terlebih dahulu nutrisi yang terkandung di dalamnya. Mengutip dari Healthline, berikut penjelasan mengenai nutrisi yang terkandung beserta sejumlah manfaat daun kelor untuk kesehatan tubuh yang didukung oleh penelitian ilmiah.

Daun kelor mengandung banyak nutrisi 

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Pohon kelor merupakan pohon asli yang cukup besar di India Utara. Kelor ini memiliki berbagai nama, misalnya drumstick tree, horseradish tree atau ben-oil.  Hampir semua bagian pohonnya dapat digunakan sebagai bahan obat-obatan herbal tradisional yang baik untuk tubuh. Terutama daun dan polongnya.

Daun kelor sendiri merupakan sumber yang sangat baik dan mengandung banyak vitamin dan mineral yang diantaranya adalah protein, Vitamin B6, Vitamin C, zat besi, riboflavin, Vitamin A (dari beta-karoten) dan magnesium. Sekadar informasi saja bahwa dibandingkan dengan daun kelor, polong pada pohon kelor umumnya lebih rendah vitamin dan mineral. Namun, mereka sangat kaya akan vitamin C. 

Ramalan Zodiak Jumat 26 April 2024: Taurus Harus Waspada dengan Rekan Kerja, Leo Kena Tekanan Mental

Manfaat daun kelor untuk kesehatan tubuh

1. Baik untuk penderita penyakit kronis

Ilustrasi kanker.

Photo :
  • Times of India

Antioksidan merupakan senyawa yang bertindak untuk melawan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas dengan tingkat yang tinggi diketahui dapat menyebabkan stres oksidatif, yang dimana berhubungan dengan penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2. 

Daun kelor sendiri memiliki senyawa antioksidan yang dibutuhkan tubuh. Antioksidan kuat yang terdapat di dalam daun kelor ini dapat membantu menurunkan tekanan darah. Dalam sebuah studi yang dilakukan pada wanita ditemukan bahwa mengonsumsi 1,5 sendok teh (7 gram) bubuk daun kelor setiap hari selama tiga bulan secara signifikan mampu meningkatkan kadar antioksidan dalam darah. Ekstrak daun kelor juga dapat digunakan sebagai pengawet makanan sehingga bisa meningkatkan umur simpan daging dengan mengurangi oksidasi.

2. Membantu menurunkan kadar gula darah

Ilustrasi kadar gula darah tinggi.

Photo :
  • U-Report

Manfaat daun kelor yang selanjutnya yakni adalah dapat membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Seperti yang diketahui bahwa kadar gula darah yang tinggi bisa menyebabkan masalah kesehatan yang serius dan menjadi ciri utama penyakit diabetes.

Dengan kadar gula darah tinggi juga dapat meningkatkan banyak risiko kesehatan lainnya yang serius, termasuk penyakit jantung. Sehingga sangat penting untuk kita menjaga gula darah dalam batas yang sehat.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun kelor dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Namun, sebagian besar bukti didasarkan pada penelitian yang dilakukan terhadap hewan. Hanya ada sedikit penelitian berbasis manusia, dan umumnya berkualitas rendah. 

Sementara dalam satu studi yang dilakukan pada 30 wanita menunjukkan bahwa mengonsumsi 1,5 sendok teh (7 gram) bubuk daun kelor setiap hari selama tiga bulan mampu mengurangi kadar gula darah. Studi kecil lainnya yang dilakukan 6  orang penderita diabetes ditemukan bahwa menambahkan 50 gram daun kelor ke dalam makanan mengurangi kenaikan gula darah sebesar 21%. 

3. Dapat membantu mengurangi peradangan

Ilustrasi sakit perut.

Photo :
  • Pexels/cottonbro

Manfaat daun kelor yang ketiga adalah dapat membantu mengurangi peradangan. Peradangan sendiri merupakan respon alami tubuh terhadap infeksi atau cedera. Hal ini adalah mekanisme perlindungan yang penting tetapi dapat menjadi masalah kesehatan utama jika berlanjut dalam jangka waktu yang lama. Pada faktanya, peradangan berkelanjutan terkait dapat menimbulkan banyak masalah kesehatan kronis, termasuk penyakit jantung dan kanker. 

Sebagian besar buah-buahan utuh, sayuran, rempah-rempah dan rempah-rempah memiliki sifat anti-inflamasi. Namun, sejauh mana mereka dapat membantu tergantung pada jenis dan jumlah senyawa anti-inflamasi yang dikandungnya. Para ilmuwan percaya bahwa isothiocyanates adalah senyawa anti-inflamasi utama dalam daun, polong, dan biji kelor.  Namun sejauh ini, penelitian terbatas pada penelitian tabung dan hewan. Masih harus dilihat apakah daun kelor memiliki efek anti-inflamasi yang serupa pada manusia.

4. Dapat membantu menurunkan kolesterol

Ilustrasi penderita kolesterol tinggi.

Photo :
  • U-Report

Salah satu manfaat daun kelor yang lainnya adalah dapat membantu menurunkan kolesterol pada tubuh. Kolesterol tinggi biasanya dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung. Untungnya, banyak makanan nabati yang secara efektif dapat membantu mengurangi kolesterol termasuk biji rami, gandum dan almond. Baik penelitian berbasis hewan dan manusia telah menunjukkan bahwa daun kelor mungkin memiliki efek yang dapat membantu menurunkan penurun kolesterol. 

5. Dapat membantu melindungi toksisitas arsenik

Ilustrasi daun kelor.

Photo :
  • U-Report

Terakhir, manfaat daun kelor juga dapat membantu melindungi terhadap toksisitas arsenik. Kontaminasi arsenik pada makanan dan air merupakan masalah yang sering terjadi dan dialami oleh banyak orang di berbagai belahan dunia. Jenis beras tertentu mungkin mengandung kadar yang sangat tinggi. 

Paparan arsenik tingkat tinggi dalam jangka panjang dapat menyebabkan masalah kesehatan dari waktu ke waktu. Misalnya, penelitian telah mengaitkan paparan jangka panjang dengan peningkatan risiko kanker dan penyakit jantung. 

Menariknya, beberapa penelitian yang dilakukan pada tikus telah menunjukkan bahwa daun dan biji kelor dapat melindungi dari beberapa efek toksisitas arsenik. Hasil ini memang menjanjikan, tetapi belum diketahui apakah ini juga berlaku untuk manusia.

Itulah sejumlah manfaat daun kelor bagi kesehatan tubuh yang dapat kamu ketahui dan mungkin bisa diterapkan dengan mengonsumsi daun kelor. Kamu bisa menjadikan daun kelor sebagai obat herbal tradisional alternatif untuk menjaga kesehatan kamu tetap terjaga. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi kamu yang membaca dan membutuhkannya. 

Raja Charles

Kesehatan Makin Memburuk, Istana Buckingham Perbarui Rencana Pemakaman Raja Charles III

Kondisi kesehatan Raja Charles III kini semakin memburuk. Sehingga, para pejabat di Istana Buckingham terus memperbarui rencana pemakamannya. Hal ini sudah dipersiapkan.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024