Telan Korban, Mainan Ini Mulai Dilarang di Sejumlah Negara

Mainan yang Dilarang di Australi
Sumber :
  • news.com

VIVA – Baru-baru ini, seorang anak berusia empat tahun di Sydney dilarikan ke rumah sakit. Dilansir dari Nine News, ia menelan mainan bola magnet yang baru-baru ini populer. Berdasar hasil rontgen delapan bola tersebut masih berada di perut sehingga masih bisa dikeluarkan.

Glaukoma Lebih Berbahaya Daripada Katarak

Hal ini akan lebih mematikan jika bola-bola tersebut berada di salur pencernaannya. Sebelumnya, pada Januari 2020, seorang anak berusia 7 tahun dilarikan ke rumah sakit setelah menelan lima bola dan nyaris lolos dari komplikasi medis yang lebih serius.

Bola kecil, bulat dan berwarna-warni secara resmi dilarang di toko-toko Australia. Namun, orang tua yang tidak mengetahuinya masih dapat membelinya secara online atau dari pengecer yang tidak terverifikasi.

Anak-anak Dalam Bahaya

Di Amazon.com, produk yang tampaknya identik dipasarkan sebagai "mainan desktop berkualitas tinggi yang dirancang untuk membantu Anda tetap fokus dan bergaya di tempat kerja, ruang kelas, dan rumah".

Kostum Asli dari Jepang, Pertunjukan Ultraman Blazar Makin Seru di Indonesia

Laporan menelan magnet juga umum di Amerika Serikat, di mana mereka tidak dikenakan larangan. Dalam satu kasus, seorang anak laki-laki berusia 2 tahun menelan lima bola, yang membuat usus kecilnya berlubang, sehingga sebagian besar harus dikeluarkan.

Operasi tersebut membuat bocah itu perlu diberi makan melalui selang di dadanya dan membutuhkan kantong ostomi, menurut Consumer Reports nirlaba yang berbasis di AS.

Ilustrasi anak/balita.

Photo :
  • Freepik/rawpixel.com

Pada tahun lalu, lima penarikan telah dikeluarkan untuk produk bola magnet yang melebihi kekuatan maksimum yang diizinkan oleh Komisi Persaingan dan Konsumen Australia (ACCC).

"Jika seorang anak menelan sejumlah magnet, magnet dapat mengunci bersama melalui dinding usus dan menyebabkan perforasi dan penyumbatan. Pembedahan mendesak diperlukan untuk menghilangkan magnet untuk menghindari komplikasi medis yang serius atau kematian," kata situs web ACCC.

Penarikan terakhir adalah dari Februari tahun lalu di mana bola dijual oleh sejumlah vendor di pasar Paddy dan Parklea di Sydney.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya