8 Manfaat Daun Pepaya yang Dijadikan Jus untuk Kesehatan

Daun pepaya
Sumber :
  • Pixabay/ OtonielReyes

VIVA – Manfaat daun pepaya juga ternyata bagus untuk kesehatan tubuh selain dari manfaat yang dimiliki oleh buahnya. Buah pepaya memang salah satu sumber yang mengandung banyak sekali nutrisi dan bagus untuk kesehatan, termasuk juga daunnya. Mengutip dari The Hans India, dalam beberapa tahun terakhir ini pepaya memang cukup populer karena manfaat kesehatan yang dimiliki. Setiap bagian dari tanaman pepaya rupanya memiliki sifat antibakteri dan juga dapat menjadi obat.

Ramalan Zodiak Senin 8 April 2024, Sagitarius: Ada Kesempatan Menyambut Cinta Masa Lalu

Berikut akan dijelaskan sejumlah manfaat daun pepaya yang dijadikan sebagai jus untuk diminum:

1. Dapat membantu meningkatkan jumlah trombosit 

Persiapan Mudik Bawa Anak, Waspada Gejala dan Pertolongan Pertama

Daun Pepaya.

Photo :
  • U-Report

Manfaat daun pepaya yang pertama untuk kesehatan tubuh yakni adalah dapat membantu meningkatkan jumlah trombosit. Selain buahnya, bagian pohon pepaya yang paling banyak dikonsumsi adalah sarinya yang terbuat dari daun pepaya. Biasanya sari daun pepaya dikonsumsi dengan dibuat sebagai jus dan diminum. Jus daun pepaya ini akan membantu meningkatkan jumlah trombosit dalam tubuh. 

Bank Mandiri Tingkatkan Kontribusi ke Target SDGs Lewat Program Kesehatan TJSL

2. Dapat membantu mengobati gejala demam berdarah 

Ilustrasi jus daun pepaya.

Photo :
  • U-Report

Selanjutnya, manfaat lain dari daun pepaya adalah bisa membantu mengobati gejala  demam berdarah. Dengan menjadikan daun pepaya sebagai jus untuk diminum, jus daun pepaya tersebut dipercaya biasa digunakan untuk mengobati gejala yang berhubungan dengan demam berdarah. 

Seperti yang diketahui bahwa hingga saat ini, belum ada pengobatan khusus untuk demam berdarah. Dalam sebuah penelitian dilakukan pada ratusan orang yang menderita demam berdarah, ketika mereka ditawari untuk meminum jus daun pepaya, kadar trombosit darah mereka meningkat pesat.

3. Dapat membantu menyeimbangkan kadar gula darah 

Ilustrasi kadar gula darah

Photo :
  • U-Report

Daun pepaya yang dijadikan sebagai jus juga bagus untuk menyeimbangkan kadar gula darah dalam tubuh. Jus yang terbuat dari daun pepaya bisa disajikan sebagai obat alami untuk mengobati pasien diabetes. Mereka para pasien diabetes menunjukkan tanda-tanda peningkatan yang signifikan dalam kadar gula darah mereka setelah mengonsumsi jus daun pepaya. 

Dalam sebuah studi yang dilakukan pada tikus, ditemukan bahwa ekstrak daun pepaya kaya akan antioksidan dan menghasilkan efek penurunan gula darah. Selain itu juga membantu melindungi sel-sel penghasil insulin di pankreas agar tidak rusak, yang dimana bisa menyebabkan kematian dini.

4. Dapat membantu mendukung kesehatan pencernaan 

tanda-proses-pencernaan-alami-kerusakan

Photo :
  • U-Report

Daun pepaya juga dapat membantu meringankan gejala pencernaan seperti mulas, kembung dan buang-buang angin. Hal tersebut karena daun pepaya mengandung serat yang mendukung kesehatan pencernaan, membantu memecah protein yang lebih besar menjadi lebih kecil sehingga lebih mudah untuk mencerna protein serta asam amino. 

Selain itu juga dapat membantu mengobati berbagai masalah kesehatan seperti sembelit, mulas dan meringankan gejala bagi mereka yang menderita sindrom iritasi usus besar. Hal ini memang diketahui secara terbatas pada laporan anekdot saja, tetapi tidak ada salahnya untuk mencobanya sendiri sebagai obat tradisional alternatif. 

5. Memiliki efek anti-inflamasi 

Rheumatoid Arthritis

Photo :
  • Times of India

Manfaat daun pepaya yang dijadikan sebagai jus selanjutnya adalah dapat membantu mengobati berbagai kondisi peradangan baik internal maupun eksternal seperti nyeri otot serta nyeri sendi. Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa ekstrak daun pepaya secara signifikan bisa membantu mengurangi peradangan serta pembengkakan pada kaki tikus dengan arthritis. 

6. Dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut 

Ilustrasi rambut lurus.

Photo :
  • U-Report

Selain untuk kesehatan tubuh, manfaat daun pepaya yang lainnya adalah dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut kepala. Dengan mengaplikasikan daun pepaya yang telah dihaluskan pada kulit kepala, maka dapat meningkatkan pertumbuhan rambut serta kesehatan rambut. Tapi pembuktian dari hal ini masih terbatas. Namun, jus pepaya diketahui mengandung sifat antijamur yang dapat membantu mengendalikan ketombe penyebab jamur yang disebut Malassezia.

7. Dapat membantu membuat kulit menjadi lebih sehat 

Ilustrasi Kulit Sehat

Photo :
  • MS Glow

Manfaat daun pepaya yang selanjutnya pasti sangat dibutuhkan, terutama bagi para wanita. Daun pepaya yang dikonsumsi secara oral atau jusnya dioleskan pada kulit dipercaya dapat membantu membersihkan kulit dengan baik. Dikarenakan ada  enzim pelarut protein yang terkandung di dalam daun pepaya yang dikenal sebagai papain yang bekerja sebagai exfoliant yang sangat baik dan berhasil membantu menghilangkan sel-sel kulit mati serta debu. Selain itu juga membantu mengurangi munculnya kulit yang tersumbat, jerawat dan rambut yang tumbuh ke dalam kulit.

8. Mengandung sifat anti-kanker

Penyakit kanker.

Photo :
  • Freepik

Terakhir, daun pepaya juga mengandung sifat anti kanker. Dalam praktek pengobatan tradisional, daun pepaya telah digunakan untuk membantu mencegah serta mengobati jenis kanker tertentu. Jus daun pepaya diketahui memiliki kemampuan potensial untuk menghambat pertumbuhan sel kanker payudara serta prostat dalam penelitian tabung reaksi. Namun, belum ada ada penelitian yang dilakukan Pada manusia maupun hewan yang mereplikasi temuan di atas. 

Cara mudah membuat jus pepaya

Manfaat daun Pepaya

Photo :
  • U-Report
  • Ambil beberapa lembar daun pepaya segar dan potong batangnya
  • Masukkan daun pepaya yang sudah dipotong-potong ke dalam blender atau chopper
  • Tambahkan air secukupnya ke daun pepaya yang sudah dipotong-potong tersebut
  • Kamu juga bisa menambahkan sedikit gula atau garam agar rasanya lebih enak (langkah ini bisa diabaikan jika memang mau yang alami)
  • Blender sebentar daun pepaya bersama air sampai halus
  • Jus daun pepaya sudah siap untuk diminum

Sebagai catatan, kamu bisa mengonsumsi sekitar 30 ml hingga 35 ml jus daun pepaya dalam tiga kali sehari. Dengan mengonsumsinya secara rutin, manfaatnya dapat membantu untuk kesehatan tubuhmu. 

Itulah sejumlah manfaat daun pepaya yang baik untuk kesehatan tubuh dengan dijadikan sebagai jus untuk diminum. Kamu yang menginginkan tubuh sehat sangat bisa untuk mencoba mengonsumsi daun pepaya ini. Semoga tulisan manfaat daun pepaya ini dapat bermanfaat bagi kamu yang membaca dan membutuhkannya. 

Ilustrasi zodiak

Ramalan Zodiak Selasa 9 April 2024, Virgo Harus Berhati-hati

Ramalan zodiak Selasa, 9 April 2024. Taurus patah hati mulai menemukan kedamaian. Leo sedikit stres hari ini. Virgo harus berhati-hati. Pisces keluar dari zona nyaman.

img_title
VIVA.co.id
9 April 2024