Coba Yuk! Kebiasaan Sehat Ini Pangkas Risiko Diabetes dan Kanker

Ilustrasi makanan sehat.
Sumber :
  • Pixabay/Unsplash

VIVA – Studi menemukan bahwa mereka yang mempertahankan lima kebiasaan sehat akan hidup lebih lama. Menurut studi itu, lima kebiasaan sehat ini dapat memangkas risiko penyakit berbahaya yakni diabetes tipe 2, penyakit kardiovaskular, dan kanker.

Mengenal Penyakit Radang Usus, Bisa Sebabkan Kanker Usus Besar Jika Dibiarkan

Dikutip dari laman Express, Selasa, 22 Maret 2022, studi yang dipimpin oleh Harvard T.H. Chan School of Public Health, adalah tindak lanjut dan perpanjangan dari studi tahun 2018, yang menemukan bahwa mengikuti kebiasaan sehat dapat meningkatkan harapan hidup secara keseluruhan.

"Penelitian sebelumnya telah menemukan bahwa mengikuti gaya hidup sehat meningkatkan harapan hidup secara keseluruhan dan mengurangi risiko penyakit kronis seperti diabetes, penyakit kardiovaskular, dan kanker, tetapi beberapa penelitian telah melihat efek dari faktor gaya hidup pada harapan hidup bebas dari penyakit tersebut," kata penulis pertama Yanping Li, ilmuwan peneliti senior di Departemen Nutrisi.

Jokowi Bersyukur Angka Stunting Turun dari 37 Persen Menjadi 21 Persen

"Studi ini memberikan bukti kuat bahwa mengikuti gaya hidup sehat secara substansial dapat memperpanjang tahun seseorang hidup bebas penyakit," sambungnya.

Ilustrasi berolahraga/olahraga/berkeringat.

Photo :
  • Freepik/drobotdean
Tantrum pada Anak, Apakah Ada Kaitannya dengan Makanan yang Dikonsumsi Sang Ibu Selama Kehamilan?

Para peneliti melihat data 34 tahun dari 73.196 wanita dan data 28 tahun dari 38.366 pria yang masing-masing berpartisipasi dalam Studi Kesehatan Perawat dan Studi Tindak Lanjut Profesional Kesehatan. Terdapat lima kebiasaan sehat yaitu pola makan sehat, olahraga teratur, jaga berat badan, hindari alkohol, dan tidak merokok.

Diet sehat didefinisikan sebagai skor tinggi pada Indeks Makan Sehat Alternatif. Olahraga teratur setidaknya 30 menit per hari dengan aktivitas sedang hingga berat. Berat badan sehat dengan indeks massa tubuh 18,5-24,9 kg/m2. Untuk asupan alkohol moderat hingga satu porsi per hari untuk wanita dan hingga dua untuk pria.

Mereka menemukan bahwa wanita yang menjalani empat atau lima kebiasaan sehat pada usia 50 tahun hidup rata-rata 34,4 tahun lebih bebas dari diabetes, penyakit kardiovaskular, dan kanker, dibandingkan dengan 23,7 tahun sehat di antara wanita yang tidak mempraktikkan kebiasaan sehat ini.

ilustrasi makanan sehat.

Photo :
  • Pixabay/Pexels

Pria yang menerapkan empat atau lima kebiasaan sehat pada usia 50 tahun hidup 31,1 tahun bebas dari penyakit kronis, dibandingkan dengan pria yang tidak mempraktikkannya selama 23,5 tahun. Pria yang perokok berat saat ini, dan pria dan wanita dengan obesitas, memiliki risiko minim harapan hidup dan diserang penyakit.

“Mengingat tingginya biaya pengobatan penyakit kronis, kebijakan publik untuk mempromosikan gaya hidup sehat dengan meningkatkan makanan dan lingkungan fisik akan membantu mengurangi biaya perawatan kesehatan dan meningkatkan kualitas hidup,” kata penulis senior Frank Hu, Profesor Nutrisi Fredrick J. Stare dan Epidemiologi dan ketua, Departemen Gizi.

Selain itu, dianjurkan juga agar tetap menjaga pola tidur untuk memangkas risiko pengembangan penyakit kronis. Terbukti, durasi tidur malam yang cukup dapat membuat waktu istirahat terpenuhi sehingga kesehatan terjaga.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya