Tingkatkan Sensitivitas Insulin, 2 Buah Ampuh Pangkas Gula Darah

Ilustrasi diabetes.
Sumber :
  • Pexels/Nataliya Vaitkevich

VIVA – Diabetes umumnya terjadi ketika tubuh mengembangkan ketidakmampuan untuk memproduksi insulin yang cukup atau merespons hormon. Karena peran insulin adalah untuk mengambil glukosa darah dan mengubahnya menjadi energi, tanpa itu, kadar gula darah naik. 

5 Manfaat Rebusan Air Daun Salam, Bisa Bantu Kurangi Kadar Gula Darah

Hal ini dapat menyebabkan kerusakan permanen pada saraf dan organ tubuh, jika tidak ditangani. Untungnya, penambahan dua buah berikut ke dalam menu makanan sehari-hari, mampu mengendalikan kadar glukosa darah. 

Sejumlah faktor dapat memengaruhi individu untuk kondisi tersebut, namun gaya hidup adalah penyebab utamanya. Penyesuaian pola makan dapat secara signifikan menurunkan risiko seseorang mengembangkan gejala. 

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Buah-buahan tertentu, dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan meningkatkan penyerapan glukosa darah, karena aktivitas antioksidannya. 

Ilustrasi buah-buahan/beri.

Photo :
  • Pixabay/PublicDomainPictures
Segar dan Wangi, Inilah Khasiat Daun Mint untuk Penderita Diabetes

Sebuah studi pada 2017 yang diterbitkan dalam British Journal of Nutritional, menetapkan bahwa polifenol yang berasal dari cranberry dan stroberi, dapat meningkatkan sensitivitas terhadap insulin dan menurunkan gula darah. 

Data yang dikumpulkan selama penelitian menunjukkan, konsumsi selama 6 minggu sebanyak 333 mg polifenol dari stroberi dan cranberry, secara signifikan meningkatkan sensitivitas insulin. 

Namun para penulis peneliti menekankan, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk menjelaskan aktivitas polifenol ini. Selain itu, perlu juga dilakukan studi yang lebih besar dan jangka panjang. 

Tetapi kemudian, temuan itu digaungkan kembali dalam sebuah studi pada 2020, yang diterbitkan dalam jurnal Current Development in Nutrition.

Ilustrasi buah stroberi

Photo :
  • Pixabay/Couleur

Uji coba secara acak, yang berlangsung selama periode 14 minggu, mempelajari orang dewasa dengan sindrom metabolik yang ditugaskan ke salah satu dari tiga perawatan. Termasuk, bubuk kontrol, satu porsi stroberi (bubuk) atau 2,5 porsi stroberi (bubuk). 

"Bubuk beku kering dicampur dalam air, dan peserta mengonsumsi setengah dosis harian di pagi hari dan setengah lagi di malam hari," kata para penulis penelitian, dikutip dari laman Express, Selasa 22 Maret 2022. 

Kemudian, peserta diminta untuk mengikuti kebiasaan diet dan gaya hidup mereka sambil menahan diri dari mengonsumsi buah beri lainnya. 

"Data ini menunjukkan, mengonsumsi stroberi sebanyak 2,5 porsi setiap hari selama 4 minggu secara signifikan meningkatkan resistensi insulin dan profil partikel LDL pada orang dewasa dengan sindrom metabolik," catat para peneliti. 

Jus cranberry.

Photo :
  • U-Report

Sebuah studi sebelumnya pada 2008, yang dilakukan pada penderita diabetes tipe 2, mendapatkan hasil yang sama. Penelitian itu mengonfirmasi, jus cranberry dapat membantu mengontrol gula darah di antara penderita diabetes. 

Penelitian sebelumnya menyimpulkan, manfaat polifenol untuk penderita diabetes terjadi melalui mekanisme yang berbeda. Dengan mempromosikan penyerapan glukosa dalam jaringan, polifenol telah disarankan karena dapat meningkatkan sensitivitas insulin. 

Dengan meningkatkan sinyal insulin, buah-buahan tersebut memungkinkan gula darah keluar dari aliran darah dan lebih cepat masuk ke dalam sel. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya