Ternyata Ini 7 Alasan Seks Bebas Dilarang dalam Ajaran Agama Islam

Ilustrasi pasangan suami istri berhubungan.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Seks bebas atau perzinaan merupakan sebuah perilaku yang dilarang dalam agama Islam. Hal ini karena mempunyai dampak yang sangat besar kepada diri dan suatu masyarakat. Tentu saja Allah SWT tidak akan melarang sebuah hal yang tidak mempunyai dampak untuk manusia. Terlebih bila dampak ini buruk atau menyesatkan, tentu sudah pasti diharamkan dan sangat dilarang. Seperti yang sudah kita ketahui, bahaya pergaulan bebas ini banyak sekali, salah satunya adalah terkena penyakit yang mungkin akan sulit untuk disembuhkan. 

Aturan Baru, Arab Saudi Izinkan Semua Jenis Visa Bisa Ibadah Umrah

Perzinaan ini merupakan salah satu dosa besar yang sangat dilarang oleh Allah SWT dan Rasul-Nya. Bahkan, larangan tersebut diawali dari mendekatinya dalam bentuk apapun untuk seorang umat Islam. Padahal, tindakan ini tampaknya sudah menjadi hal yang lumrah di tengah masyarakat modern. Mungkin tidak jarang juga dari kalian yang mempertanyakan sebenarnya tujuan alasan seks bebas tersebut dalam agama Islam. Nah, menyadur dari laman Elbalad, berikut ulasan tentang alasan larangan seks bebas dalam Islam.

1. Menjaga Martabat Perempuan

PKB Perkuat Politik Islam dalam Pemerintahan Prabowo-Gibran, Menurut Pengamat

Ilustrasi Stop Kekerasan Terhadap Perempuan. Sumber (gambar) : shutterstock

Photo :
  • vstory

Hukum tersebut akan menjaga dan juga melestarikan harkat serta martabat dari perempuan. Penyebaran dan juga legalitas berzina akan mengarah pada penghinaan kepada perempuan sampai menjadikannya komoditas. 

Mengenal Agama Sikh, Keyakinan yang Dianut Bunga Zainal dan Anak-anaknya

Karena itu, perempuan akan menjadi kesenangan bagi siapa saja yang menginginkannya. Islam datang untuk mencapai martabat ciptaan-Nya, terutama untuk kaum wanita, karena pengalaman dalma penghinaan yang mereka alami pada masa pra-Islam. 

2. Menjaga Garis Keturunan

Ilustrasi keluarga makan bersama

Photo :
  • U-Report

Larangan seks bebas berikutnya adalah untuk menjaga garis keturunan seseorang. Sebab, setiap umat Islam hanya diperbolehkan melakukan hubungan seks dengan istrinya saja dan istri dengan suaminya saja. Hal ini penting karena garis keturunan akan menjadi tidak jelas saat seorang suami memiliki wanita simpanan dan istri juga demikian. 

3. Sesuai Fitrah Manusia

Ilustrasi pasangan/cemburu.

Photo :
  • Freepik/yanalya

Larangan seks bebas ini sesuai dengan fitrah setiap manusia yang diciptakan oleh Allah SWT, yaitu mempunyai sifat cemburu. Sudah menjadi kewajaran bahwa seorang pria cemburu kepada wanitanya dan begitu juga sebaliknya. Bahkan, bukan hanya dalam kehidupan manusia, hewan juga mempunyai sifat tersebut. 

4. Menjaga Rumah Tangga

Pertengkaran rumah tangga.

Photo :
  • U-Report

Larangan ini akan menjaga rumah tangga seorang umat Islam dari ambang kehancuran, kehilangan sampai perceraian. Rumah tangga akan berantakan, suami akan kehilangan sang istri, dan begitu juga dengan sang istri yang kehilangan suaminya. Anak akan menjadi korban yang tidak percaya kepada orang tua ketika salah satu orang tuanya melakukan perzinaan. 

5. Mencegah Penyakit

Ilustrasi penyakit menular seksual.

Photo :
  • U-Report

Seperti yang kita ketahui bahwa tujuan Allah SWT melarang seks bebas adalah adanya penyakit yang kini sudah muncul, seperti sifilis sampai AIDS. Penyakit ini merupakan penyakit serius yang bisa mengakibatkan penderitanya meninggal dunia. Bahkan, hal ini kerap terjadi sepanjang tahun. 

6. Menekan Anak Terlantar

Petugas memberikan pembinaan kepada anak jalanan yang terjaring razia di Polres Tasikmalaya Kota, Jawa Barat

Photo :
  • ANTARA FOTO/Adeng Bustomi

Larangan seks bebas selanjutnya adalah untuk mengurangi fenomena anak terlantar yang biasanya ditinggalkan di jalanan umum, taman, atau dekat tempat ibadah. Hal ini harus dilakukan untuk mengurangi penderitaan mereka karena penolakan masyarakat. 

7. Menekan Angka Pembunuhan

Ilustrasi : Garis polisi di rumah korban pembunuhan

Photo :
  • VIVA.co.id/Yandi Deslatama

Mungkin kita sering mendengar bahwa perzinaan atau seks bebas kerap mengarah pada kejahatan atau pembunuhan yang marak terjadi di kota-kota besar. Dalam beberapa kasus ditemukan bahwa ada seorang pria yang membunuh istri dan kekasih istrinya. Kemudian tidak jarang pula ditemukan seorang wanita yang membunuh suami dan kekasih suaminya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya