Pria Lebih Rentan Diintai Diabetes, Kok Bisa?

Diabetes
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Diabetes kerap dianggap sebagai momok menakutkan bagi banyak orang karena dampaknya dalam jangka panjang bagi kesehatan.

Jangan Dilewatkan! Ini Pentingnya Pemanasan Sebelum Olahraga

Meski dapat dicegah dengan gaya hidup sehat, sejatinya ada beberapa faktor yang membuat Anda lebih berisiko diintai diabetes. Apa itu?

Dikutip dari laman The Sun, diabetes tipe 2 dapat terjadi ketika tubuh berjuang untuk mengatur kadar gula darah. Ini karena insulin yang dibuat pankreas di tubuh tidak berfungsi dengan baik, atau karena pankreas tidak dapat membuat tercukupinya kebutuhan insulin. 

Nyeri-Pegal Usai Olahraga? Yuk Kenalan dengan DOMS

Pada akhirnya, kadar gula darah akan terus meningkat, membuatnya sulit dikendalikan, yang berarti lebih banyak insulin yang dilepaskan.

Ini adalah kondisi serius dan dapat menyebabkan komplikasi, menyebabkan kerusakan pada kaki, mata, dan yang terpenting, jantung Anda.

Garmin Run 2024 Fasilitasi Peserta Disabilitas

Bahkan kini terungkap bahwa mungkin ada hubungan antara COVID-19 dan diabetes tipe 2. Para ilmuwan di Inggris dan AS membunyikan alarm di awal pandemi, setelah melihat lonjakan kasus kondisi yang berpotensi mengancam jiwa. Sejak itu penelitian telah menghubungkan virus corona dengan diabetes tipe 1 dan 2.

CEK GULA DARAH

Photo :
  • U-Report

Namun, beberapa hal yang dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2, beberapa di antaranya tidak dapat Anda kendalikan. Berikut faktor risiko yang memicu Anda rentan diintai diabetes, dikutip dari laman The Sun.

Jenis kelamin

Dr Wendy Denning mengatakan bahwa jika Anda laki-laki dan kelebihan berat badan, maka Anda lebih mungkin terkena diabetes tipe 2. Ia menjelaskan, hal ini disebabkan oleh tempat penyimpanan lemak.

Pria dan wanita berpikir secara berbeda.

Photo :
  • U-Report

"Pria secara biologis lebih rentan dan perlu menambah berat badan jauh lebih sedikit daripada wanita untuk mengembangkan diabetes. Distribusi lemak dapat menjelaskan kecenderungan pria untuk mengembangkan diabetes pada tingkat BMI yang lebih rendah," tuturnya.

Dr Wendy, yang bekerja dengan suplemen diabetes CuraLin mengatakan bahwa biasanya, wanita menyimpan lebih banyak lemak secara subkutan (di bawah kulit) di area seperti pinggul dan paha, sementara pria cenderung menyimpan lebih banyak lemak di perut.

"Oleh karena itu, wanita mungkin perlu mengumpulkan jumlah lemak yang lebih besar sebelum mereka mulai mengembangkan timbunan berbahaya di daerah perut," katanya.

Etnis

Etnisitas juga dapat berperan dalam diabetes, kata para ahli. Anda lebih berisiko terkena kondisi ini jika Anda berasal dari Karibia Afrika, Afrika Hitam, atau Asia Selatan (India, Pakistan, atau Bangladesh) atau keturunan Cina, diabetes Inggris.

Pola makan

Diet

Photo :
  • Times of India

Diet adalah kunci untuk diabetes dan NHS bulan lalu meluncurkan rencana agar ribuan orang Inggris dengan kondisi tersebut dapat mengakses rencana diet yang dapat membantu mereka 'membalikkannya'. 

Ahli gizi dan instruktur kebugaran Cassandra Barns mengatakan bahwa kenaikan berat badan di sekitar perut merupakan indikasi bahwa kadar gula darah Anda bisa tinggi dan merupakan faktor risiko diabetes tipe 2.

“Jika sudah memiliki kondisi tersebut maka memiliki berat badan yang sehat akan memudahkan pengelolaan diabetes tipe 2 – termasuk mengontrol kadar gula darah – dan mengurangi risiko komplikasi,” ujarnya.

Tidak aktif gerak

Dr Denning mengatakan bahwa diabetes tipe 2 lebih kecil kemungkinannya terjadi jika Anda makan dengan baik dan berolahraga secara teratur. Olahraga juga membantu mengurangi risiko penyakit jantung, menurunkan stres dan dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

Olahraga dirumah tetap menyenangkan

Photo :
  • Kredivo

"Olahraga membuat tubuh Anda lebih sensitif terhadap insulin dan juga semakin banyak Anda berolahraga, semakin banyak glukosa yang Anda bakar sehingga menurunkan glukosa darah. Olahraga setidaknya 30 menit per hari – hampir setiap hari dalam seminggu," kata dia.

Kelelahan

Kelelahan dapat disebabkan oleh banyak hal, dan terkadang Anda mungkin hanya perlu tidur siang. Namun Cassandra mengatakan bahwa itu bisa menjadi indikasi bahwa tubuh Anda tidak secara efisien mengambil glukosa (gula) ke dalam sel Anda untuk digunakan sebagai energi, yang berarti gula darah Anda tetap tinggi.

Usia

Dr Denning mengatakan bahwa usia Anda dapat memiliki dampak yang signifikan terhadap peluang Anda terkena diabetes tipe 2. 

Dia menjelaskan bahwa usia paling umum untuk diabetes tipe 2 berkembang adalah antara 45 dan 60 tahun.

Orang lanjut usia atau lansia.

Photo :
  • Freepik

"Telah ditemukan bahwa orang tua dengan 'berat badan normal' dapat mengalami resistensi insulin, yang menunjukkan bahwa bertambahnya usia itu sendiri meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2," tuturnya.

Riwayat keluarga

Jika Anda memiliki riwayat penyakit dalam keluarga, misalnya kerabat dekat seperti saudara kandung atau orang tua menderita diabetes, maka kemungkinan besar Anda memiliki kondisi tersebut. 

Riwayat kesehatan Anda juga penting dan para ahli di Diabetes UK mengatakan bahwa jika Anda memiliki riwayat tekanan darah tinggi, serangan jantung atau stroke, diabetes gestasional, atau penyakit mental yang parah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya