Kenali Tanda Terbesar Kekurangan Zat Besi, Jangan Anggap Sepele

Sumber zat besi
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Diet sehat bukan hanya untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan tetapi kebutuhan untuk semua orang. Diet yang tidak memiliki lemak dan kalori yang berlebihan sangat membantu dalam menurunkan berat badan tetapi pada saat yang sama, harus dicatat bahwa makanan yang dimakan kaya akan nutrisi penting yang diperlukan untuk aktivitas sehari-hari, proses tubuh dan fungsi mental. 

Duel Keras Penuh Darah, Sebastian Fundora Hancurkan Rekor Tak Terkalahkan Tim Tszyu

Dari semua zat gizi, vitamin dan mineral sebagian besar dikonsumsi oleh masyarakat dalam bentuk suplemen karena ketidakmampuan pola makan yang teratur yang gagal menyediakan zat gizi tersebut dalam jumlah yang cukup. 

Zat besi merupakan salah satu mineral yang dibutuhkan oleh tubuh untuk fungsi vital seperti mengangkut darah ke seluruh bagian tubuh. Kekurangan zat besi menyebabkan anemia dan merupakan kondisi yang sangat umum di antara wanita dari semua kelompok umur. Itu tidak boleh dianggap enteng. 

Alasan Nyamuk Senang Menghisap Darah Manusia

Berikut adalah lima indikator kekurangan zat besi yang paling umum yang perlu Anda waspadai dilansir dari Times of India.

Kelelahan

Geger Kamar Pengantin Keluar Cairan Mirip Darah, Keluarga Panik

Anda selalu sarapan, makan siang yang mengenyangkan, dan makan malam yang lezat. Anda melanjutkan aktivitas sehari-hari seperti biasanya tetapi perasaan lelah terlalu ekstrem akhir-akhir ini. 

Kelelahan adalah indikator yang sangat jelas dari kekurangan zat besi, terutama kelelahan yang luar biasa tinggi yang dapat berubah menjadi hal yang kronis. 

Ketika melakukan aktivitas sehari-hari menjadi tugas, itu adalah tanda yang jelas dari kekurangan zat besi karena bagian tubuh Anda tidak mendapatkan cukup oksigen yang menyebabkan oksidasi makanan yang tidak efisien dan karenanya tingkat energi yang rendah.

Sakit kepala atau pusing

Kadar zat besi yang rendah menyebabkan suplai oksigen yang tidak mencukupi ke berbagai bagian tubuh termasuk otak. Kekurangan oksigen ke otak dapat menyebabkan pusing, gelisah dan sakit kepala. Pada wanita yang sedang menstruasi, kekurangan zat besi juga dikaitkan dengan migrain.

Kuku rapuh

Kuku rapuh

Photo :
  • Times of India

Kuku rapuh adalah indikator yang jelas dari kekurangan zat besi. Tingkat sel darah merah yang rendah menyebabkan kuku yang lebih lemah dan rapuh yang sangat mudah patah. Kadang-kadang sebuah gua ke dalam atau bentuk sendok juga diamati pada kuku yang lemah, yang pada dasarnya adalah kerusakan kuku.

Wajah Pucat

Pucat

Photo :
  • Times of India

Karena zat besi sangat penting untuk transportasi darah ke seluruh bagian tubuh, kekurangan zat besi menyebabkan pucat karena aliran darah yang tidak mencukupi. Kulit tampak kuning jika kekurangan zat besi terlalu tinggi.

Sakit dada

Sakit dada

Photo :
  • Times of India

Ini lagi-lagi merupakan akibat rendahnya suplai oksigen ke seluruh bagian tubuh. Karena oksigen diangkut oleh darah, dan zat besi memainkan peran penting dalam melakukannya, kekurangan zat besi dalam tubuh mengganggu aliran darah dan menyebabkan tingkat oksigen yang lebih rendah dan akhirnya kesulitan bernapas. 

Hal ini terkadang dapat menyebabkan nyeri dada juga. Lakukan tes kadar hemoglobin jika Anda sering mengalami episode nyeri dada.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya