GERD Picu Maia Estianty Masuk RS, Dipicu Diet?

Maia Estianty
Sumber :
  • IG @maiaestiantyreal

VIVA – Kabar kurang menyenangkan datang dari musisi Maia Estianty yang harus dilarikan ke rumah sakit akibat kondisi tubuhnya yang menurun. Ibu tiga anak itu mengaku harus mengalami GERD sehingga kondisinya menurun bahkan 'tumbang'. Lantas, apa pemicu GERD?

Terungkap Alasan Maia Estianty Beri Cincin ke Laura Moane, Kekasih Al Ghazali

Hal itu diungkap oleh Maia Estianty dalam unggahan terbaru di akun Instagramnya. Terlihat Maia sedang memakai masker dan duduk dekat dengan putra ketiganya, Dul Jaelani.

"Mamaknya tumbang, dianter ke IGD ama anak bontot tengah malem… So sweet….. @duljaelani … Love you…Pertama kali kena GERD… ampun deh.. sakitnya," beber Maia.

Dear Penderita Maag, 5 Tips Ini Bermanfaat Untukmu

Unggahan tersebut menyita perhatian banyak netizen dan mendoakan kesembuhan istri Irwan Mussry ini. Tak terkecuali komentar dari El Rumi yang mengaitkan kondisi diet Maia dengan GERD.

Menu Sahur Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

"Yaampun kenapa bunda?? Gerd karena diett??? Jangan terlalu diforsir dietnya bundaa nanti kyk aku waktu ituu… lekas sembuh bundakuu," harap El.

Lalu, apa itu GERD? Benarkah bisa dipicu diet?

Dikutip dari laman Web MD, penyakit refluks gastroesofageal, atau GERD, adalah gangguan pencernaan yang memengaruhi cincin otot antara kerongkongan dan perut Anda. Cincin ini disebut sfingter esofagus bagian bawah (LES). Jika Anda memilikinya, Anda mungkin mengalami mulas atau gangguan pencernaan asam. 

Istilah gastroesofageal mengacu pada perut dan kerongkongan. Refluks berarti mengalir kembali atau kembali. Refluks gastroesofagus adalah ketika apa yang ada di perut Anda kembali ke kerongkongan Anda.

Dalam pencernaan normal, LES Anda terbuka untuk memungkinkan makanan masuk ke perut Anda. Kemudian menutup untuk menghentikan makanan dan cairan asam lambung mengalir kembali ke kerongkongan Anda. Refluks gastroesofageal terjadi ketika LES lemah atau rileks ketika tidak seharusnya. Ini memungkinkan isi lambung mengalir ke kerongkongan.

Beberapa hal dapat membuat Anda lebih mungkin menderita GERD antara lain kelebihan berat badan atau obesitas, Kehamilan, Keterlambatan pengosongan lambung (gastroparesis), Penyakit jaringan ikat seperti artritis reumatoid, skleroderma, atau lupus

Pilihan diet dan gaya hidup dapat memperburuk refluks asam jika Anda sudah memilikinya seperti merokok, makanan dan minuman tertentu, termasuk cokelat dan makanan berlemak atau gorengan, kopi, dan alkoholMakanan besar, makan terlalu cepat sebelum tidur, Obat-obatan tertentu, termasuk aspirin

Gejala GERD

Penyakit GERD atau Asam lambung naik.

Photo :
  • U-Report

Gejala GERD yang paling umum adalah mulas (asam gangguan pencernaan). Biasanya terasa seperti nyeri dada terbakar yang dimulai di belakang tulang dada dan naik ke leher dan tenggorokan. Banyak orang mengatakan rasanya seperti makanan masuk kembali ke mulut, meninggalkan rasa asam atau pahit.

Rasa terbakar, tertekan, atau nyeri mulas dapat berlangsung selama 2 jam. Ini sering lebih buruk setelah makan. Berbaring atau membungkuk juga dapat menyebabkan mulas. Banyak orang merasa lebih baik jika mereka berdiri tegak atau minum antasida yang membersihkan asam dari kerongkongan.

Orang terkadang salah mengira nyeri ulu hati sebagai nyeri penyakit jantung atau serangan jantung, tetapi ada perbedaannya. Olahraga dapat memperburuk sakit penyakit jantung, dan istirahat dapat meredakannya. Nyeri mulas cenderung tidak menyertai aktivitas fisik. Tetapi Anda tidak dapat membedakannya, jadi segera cari bantuan medis jika Anda mengalami nyeri dada.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya