Organ Tubuh Manusia : Mengenal Jenis dan Fungsinya

Tubuh manusia
Sumber :

VIVA – Organ tubuh manusia terutama terdiri dari triliunan sel yang dianggap sebagai unit dasar kehidupan. Kumpulan sel yang sejenis dengan fungsi yang sama membentuk jaringan.

Ahli dari KPU Akui OCR Sirekap Sudah Matang tapi Belum Sempurna

Jaringan-jaringan ini bergabung bersama untuk membentuk organ dan membentuk sistem organ, yang akhirnya memunculkan individu. Seberapa banyak yang kita ketahui tentang tubuh kita sendiri? Tahu berapa banyak organ yang kita miliki?

Mari kita lihat secara rinci berbagai jenis organ dalam tubuh manusia berikut ini.

5 Manfaat Tidur Cepat yang Membangun Kesehatan

Apa itu Organ?

Organ tubuh manusia

Photo :

Organ terdiri dari jenis jaringan yang sama, yang terorganisir dengan baik untuk melakukan fungsi spesifik pada semua makhluk hidup , termasuk tumbuhan, hewan, burung, serangga, reptil, mamalia, dan manusia.

Tips Menjaga Kondisi Tubuh Agar Sehat Selama Bulan Ramadhan

Organ secara kolektif membentuk sistem organ. Organ-organ ini memiliki struktur makroskopik. Otak, jantung, paru-paru, hati, ginjal adalah beberapa contoh organ.

Anatomi manusia terutama berkaitan dengan studi tentang struktur organ-organ internal dan fisiologi berkaitan dengan studi tentang fungsi organ-organ internal. Ilmu yang mempelajari tentang organ visceral adalah Splanchnology.

Jenis Organ Tubuh Manusia

Secara keseluruhan ada tujuh puluh delapan organ utama di dalam tubuh manusia. Organ-organ ini bekerja dalam koordinasi untuk menimbulkan beberapa sistem organ. 

Di antara 78 organ ini, lima organ dianggap vital untuk kelangsungan hidup. Ini termasuk jantung, otak, ginjal, hati dan paru-paru. Jika salah satu dari lima organ ini berhenti berfungsi bahkan untuk beberapa detik, kematian akan terjadi tanpa intervensi medis. 

Oleh karena itu, selalu disarankan oleh para dokter untuk menjaga kesehatan sistem kita, menjaga pola makan yang seimbang, tidur yang cukup, aktivitas fisik yang teratur dan fokus pada perubahan gaya hidup sehat.

Dalam organ tubuh manusia, ada lima organ vital yang dibutuhkan manusia untuk tetap hidup. Ini juga sejumlah organ lain yang bekerja sama dengan organ vital ini untuk memastikan bahwa tubuh berfungsi dengan baik.

Organ Tubuh Manusia dan Fungsinya

Tubuh manusia

Photo :

 Peta tubuh interaktif di bawah ini menunjukkan organ-organ tubuh dan sistem mana yang berperan penting. 

Organ vital 

Organ vital adalah organ yang dibutuhkan seseorang untuk bertahan hidup. Masalah dengan salah satu organ ini dapat dengan cepat menjadi mengancam jiwa.

Tidak mungkin hidup tanpa organ-organ ini. Konon, dalam kasus ginjal dan paru-paru berpasangan, seseorang dapat hidup tanpa salah satu dari pasangan itu.

Berikut di bawah ini terdapat bagian lima organ vital secara lebih rinci.

1.Otak

Ilustrasi otak.

Photo :
  • U-Report

Otak adalah pusat kendali tubuh. Ini membentuk inti dari sistem saraf pusat dengan menciptakan, mengirim, dan memproses impuls saraf, pikiran, emosi, sensasi fisik, dan banyak lagi.

Tengkorak membungkus otak, melindunginya dari cedera. Ahli saraf adalah dokter yang mempelajari sistem saraf. Seiring waktu, mereka telah mengidentifikasi banyak bagian otak, termasuk sistem di dalam otak yang berfungsi mirip dengan organ independen.

Otak terdiri dari tiga subbagian utama: otak besar, otak kecil , dan batang otak. Di dalam area ini, ada beberapa komponen utama otak yang, bersama dengan sumsum tulang belakang, membentuk sistem saraf pusat.

Area utama sistem saraf pusat meliputi :

- Medula: Ini adalah bagian terendah dari batang otak. Ini membantu mengontrol fungsi jantung dan paru-paru.
- Pons: Terletak di atas medula di batang otak, area ini membantu mengontrol gerakan mata dan wajah.
- Sumsum tulang belakang: Diperpanjang dari dasar otak dan di tengah punggung, sumsum tulang belakang membantu dengan banyak fungsi otomatis, seperti refleks. Ini juga mengirimkan pesan ke dan dari otak.
- Lobus parietal: Terletak di tengah otak, lobus parietal mendukung identifikasi objek dan penalaran spasial. Ini juga berperan dalam menafsirkan sinyal rasa sakit dan sentuhan.
- Lobus frontal: Lobus frontal, yang terletak di bagian depan kepala, adalah bagian terbesar dari otak. Ini memainkan peran dalam banyak fungsi sadar, termasuk kepribadian dan gerakan. Ini juga membantu otak menafsirkan bau.
- Lobus oksipital: Diposisikan di dekat bagian belakang otak, lobus oksipital terutama menafsirkan sinyal penglihatan.
Lobus temporal: Terletak di kedua sisi otak, lobus temporal berperan dalam berbagai fungsi, termasuk bicara, pengenalan aroma, dan memori jangka pendek.

Dua belahan otak disebut belahan kanan dan kiri. Corpus callosum menghubungkan kedua belahan otak ini.

2.Jantung

Serangan jantung

Photo :
  • U-Report

Jantung adalah organ terpenting dari sistem peredaran darah, yang membantu mengantarkan darah ke tubuh. Ia bekerja dengan paru-paru untuk menambahkan oksigen ke darah dan memompa darah yang baru saja teroksigenasi ini melalui pembuluh darah dan ke seluruh tubuh.

Jantung juga memiliki sistem kelistrikan di dalamnya. Impuls listrik di dalam jantung membantu memastikan bahwa ia berdetak dengan ritme yang konsisten dan tingkat yang tepat.

Denyut jantung meningkat ketika tubuh membutuhkan lebih banyak darah, seperti selama latihan intens. Ini berkurang selama waktu istirahat.

Jantung memiliki empat ruang. Dua ruang atas disebut atrium, dan dua ruang bawah disebut ventrikel. Darah mengalir ke atrium kanan dari vena jantung dan tubuh (kecuali paru-paru), kemudian mengalir ke ventrikel kanan. Dari sana, ia mengalir ke arteri pulmonalis, yang memiliki cabang yang mencapai paru-paru. Paru-paru kemudian mengoksidasi darah.

Darah beroksigen ini berjalan dari paru-paru, melalui vena pulmonalis yang mengarah kembali dan bergabung bersama, ke atrium kiri, dan kemudian melalui ventrikel kiri. Dari sana, jantung memompa darah melalui arteri yang bercabang untuk mendistribusikan darah ke dirinya sendiri dan bagian tubuh lainnya (kecuali paru-paru).

Jantung memiliki empat katup yang memastikan bahwa darah mengalir ke arah yang benar. Katup jantung adalah:

- katup trikuspid
- katup pulmonal
- katup mitral
- katup aorta

3.Paru-paru

paru-paru

Photo :
  • U-Report

Paru-paru bekerja dengan jantung untuk mengoksidasi darah. Mereka melakukan ini dengan menyaring udara yang dihirup seseorang, lalu membuang kelebihan karbon dioksida untuk ditukar dengan oksigen.

Beberapa bagian paru-paru membantu tubuh mengambil udara, menyaringnya, dan kemudian mengoksidasi darah. Ini adalah:

- Bronkus kiri dan kanan: Trakea terbagi menjadi tabung-tabung ini, yang meluas ke paru-paru dan memiliki cabang. Bronkus yang lebih kecil ini terbagi menjadi tabung yang lebih kecil yang disebut bronkiolus.

- Alveoli: Alveoli adalah kantung udara kecil di ujung bronkiolus. Mereka bekerja seperti balon, mengembang saat seseorang menarik napas dan berkontraksi saat menghembuskan napas.
- Pembuluh darah: Ada banyak pembuluh darah di paru-paru untuk membawa darah ke dan dari jantung.

Dengan perawatan medis yang ekstensif, seseorang dapat hidup tanpa satu paru-paru, tetapi mereka tidak dapat bertahan hidup tanpa paru-paru.
Diafragma, yang merupakan pita otot tebal tepat di bawah paru-paru, membantu paru-paru mengembang dan berkontraksi ketika seseorang bernafas.

4. Hati

ilustrasi kanker hati

Photo :
  • U-Report

Hati adalah organ terpenting dari sistem metabolisme. Ini membantu mengubah nutrisi menjadi zat yang dapat digunakan, mendetoksifikasi zat tertentu, dan menyaring darah yang berasal dari saluran pencernaan melalui vena sebelum bergabung dengan aliran darah vena dari bagian tubuh lainnya. Darah teroksigenasi mencapai hati melalui arteri.

Mayoritas massa hati berada di sisi kanan atas perut, tepat di bawah tulang rusuk. Hati memainkan banyak peran dalam pencernaan dan menyaring darah, termasuk :

- memproduksi empedu
- membantu tubuh menyaring zat beracun, termasuk alkohol, obat-obatan, dan metabolit berbahaya
- mengatur kadar berbagai bahan kimia penting dalam darah, termasuk -asam amino
- membuat kolesterol
- menghilangkan beberapa bakteri dari darah
- membuat beberapa faktor kekebalan
- membersihkan bilirubin dari darah
- mengatur proses pembekuan darah, sehingga seseorang tidak - - mengeluarkan darah terlalu banyak dan tidak mengembangkan pembekuan darah yang berbahaya

Hati bermitra dengan kantong empedu untuk mengirimkan empedu ke usus kecil. Hati menuangkan empedu ke dalam kantong empedu, yang kemudian menyimpan dan kemudian melepaskan empedu ketika tubuh membutuhkannya untuk membantu pencernaan.

Seseorang dapat hidup tanpa bagian dari hati mereka, tetapi hati itu sendiri sangat penting untuk kehidupan.

5.Ginjal

Ilustrasi ginjal/batu ginjal.

Photo :
  • Freepik/brgfx

Ginjal adalah sepasang organ berbentuk kacang, dan masing-masing seukuran kepalan tangan. Mereka terletak di kedua sisi punggung, terlindung di dalam bagian bawah tulang rusuk. Mereka membantu menyaring darah dan membuang limbah dari tubuh.

Darah mengalir dari arteri ginjal ke ginjal. Setiap ginjal mengandung sekitarsatu jutaSumber Tepercayaunit kecil untuk penyaringan yang dikenal sebagai nefron. Mereka membantu menyaring limbah ke urin dan kemudian mengembalikan darah yang disaring ke tubuh melalui vena ginjal.

Ginjal juga menghasilkan urin ketika mereka membuang limbah dari darah. Urine mengalir keluar dari ginjal melalui ureter, kemudian turun ke kandung kemih.

Seseorang dapat hidup hanya dengan satu ginjal. Ketika seseorang mengalami gagal ginjal yang parah, dialisis dapat menyaring darah sampai mereka mendapatkan transplantasi ginjal atau ginjal mereka pulih beberapa fungsi. Beberapa orang perlu menjalani hemodialisis jangka panjang.

Organ Tidak Vital

Organ non-vital adalah organ yang tanpanya seseorang dapat bertahan hidup. Namun, ini tidak berarti bahwa kondisi yang mempengaruhi organ-organ ini tidak pernah mengancam jiwa atau berbahaya. Banyak infeksi dan kanker pada organ non-vital yang mengancam nyawa, terutama jika tidak segera diobati.

Cedera pada organ non-vital juga dapat mempengaruhi organ vital, seperti ketika batu empedu merusak fungsi hati. Bagian di bawah ini akan menguraikan organ non-vital tubuh secara lebih rinci.

Kantong empedu

Kecil dan berbentuk buah pir, kantong empedu berada di kuadran kanan atas perut, tepat di bawah hati. Ini mengandung kolesterol, garam empedu, empedu, dan bilirubin.

Pada orang yang sehat, hati melepaskan empedu ke dalam kantong empedu, yang disimpan oleh kantong empedu dan kemudian dilepaskan untuk berjalan ke saluran empedu umum ke dalam usus kecil untuk membantu pencernaan.

Namun, beberapa orang mengembangkan batu empedu yang menghalangi kantong empedu atau pohon bilier, menyebabkan rasa sakit yang hebat dan mengganggu pencernaan. Juga, ini terkadang dapat mengganggu fungsi hati atau pankreas.

Pelajari tentang beberapa masalah kandung empedu potensial di sini.

Pankreas
Terletak di bagian kiri atas perut, pankreas memiliki dua peran penting: Berfungsi sebagai kelenjar eksokrin dan kelenjar endokrin.

Sebagai kelenjar eksokrin, pankreas menghasilkan enzim yang dibutuhkan seseorang untuk membantu mencerna makanan mereka dan mengubahnya menjadi energi. Enzim-enzim tersebut antara lain amilase, lipase, tripsin, dan kimotripsin.

Dalam perannya sebagai kelenjar endokrin, pankreas juga memproduksi dan melepaskan insulin, yang membantu tubuh mengeluarkan glukosa dari darah dan mengubahnya menjadi energi.

Masalah dengan insulin dapat menyebabkan tingkat glukosa darah yang sangat tinggi dan timbulnya diabetes.

Pankreas juga memproduksi dan melepaskan glukagon, yang meningkatkan kadar glukosa darah.

Saluran pankreas utama terhubung ke saluran empedu yang umum, yang mengalir dari hati dan kantong empedu. Oleh karena itu, masalah di dalam saluran empedu, hati, atau kantong empedu juga dapat mempengaruhi pankreas.

Perut
Lambung adalah organ berbentuk J di dekat bagian atas perut.
Makanan memulai perjalanannya ke perut segera setelah seseorang menelan. Makanan bergerak turun dari tenggorokan dan masuk ke kerongkongan. Lambung terletak di ujung kerongkongan.

Otot-otot perut membantunya memecah dan mencerna makanan. Di dalam lapisan lumennya, daerah tertentu di perut juga menghasilkan enzim yang membantu mencerna makanan. Enzim pepsin, misalnya, memecah protein sehingga bisa menjadi asam amino.

Lambung juga membantu menyimpan chyme sampai bergerak ke usus. Chyme mengacu pada makanan yang telah dicampur dengan sekresi lambung.

Ahli anatomi biasanya membagi perut menjadi lima subbagian. Ini adalah:

- Kardia: Terletak tepat di bawah kerongkongan, bagian perut ini termasuk sfingter jantung. Sfingter mencegah makanan mengalir kembali ke kerongkongan atau ke dalam mulut.
- Fundus: Ini terletak di sebelah kiri kardia dan di bawah diafragma.
Tubuh: Makanan mulai terurai di dalam tubuh, yang juga merupakan bagian terbesar dari perut.
- Antrum: Ini adalah bagian bawah perut. Ini berisi makanan yang dicerna sebagian sebelum mengalir ke usus kecil.
- Pilorus: Bagian lambung ini terhubung ke usus kecil. Ini termasuk otot yang disebut sfingter pilorus, yang mengontrol kapan dan berapa banyak isi lambung mengalir ke usus kecil.
usus
- Usus adalah sekelompok tabung yang membantu menyaring limbah, menyerap air dan elektrolit tertentu, dan mencerna makanan.

Makanan yang dicerna sebagian pertama kali berjalan melalui usus kecil, yang terdiri dari tiga bagian:duodenum, jejunum, dan ileum. Sebagian besar pencernaan dan penyerapan makanan terjadi di sini.

Makanan kemudian menjadi feses saat berjalan di dalam dan melalui usus besar. Ini dimulai dengan sekum, meluas ke seluruh usus besar, dan berakhir dengan rektum. Rektum adalah perhentian terakhir untuk feses sebelum terjadi pengusiran dari anus.

Sistem organ
Dokter biasanya membuat daftar lusinan organ, meskipun definisi organ bervariasi dari satu ahli ke ahli lainnya. Sebagian besar organ berperan dalam sistem organ, yang bekerja sama untuk melakukan fungsi tertentu.

Bagian di bawah ini akan menguraikan sistem organ tubuh secara lebih rinci.

Sistem saraf

Otak dan sumsum tulang belakang membentuk sistem saraf pusat, yang berfungsi memproses dan mengirim sinyal saraf, menafsirkan informasi, dan menghasilkan pemikiran sadar.

Bagian sistem saraf yang berhubungan dengan sistem saraf pusat disebut sistem saraf tepi. Secara keseluruhan, sistem saraf perifer dan pusat juga mencakup jaringan neuron yang luas. Terletak di seluruh tubuh, berkas berserat ini mengirimkan informasi tentang sensasi, suhu, dan rasa sakit.

Sistem saraf membantu tubuh mengatur setiap fungsi, termasuk setiap sistem organ lainnya.

Misalnya, perut melepaskan hormon ghrelin , yang memberi sinyal ke otak bahwa sudah waktunya untuk makan. Hal ini menyebabkan perasaan lapar dan mendorong seseorang untuk makan, yang mengarah ke awal dari proses pencernaan.

Sistem saraf terintegrasi dengan hampir setiap bagian tubuh lainnya. Misalnya, serabut saraf di tangan memberi tahu otak bila ada cedera di area itu. Sementara itu, saraf di kulit menyampaikan informasi tentang suhu eksternal. Hal ini dapat menyebabkan otak memulai respons tak sadar yang mengontrol suhu tubuh, seperti berkeringat atau menggigil.

Juga, saraf lain berinteraksi dengan otot, yang membantu mengoordinasikan gerakan.

Sistem reproduksi
Sistem reproduksi meliputi organ-organ yang memungkinkan seseorang untuk bereproduksi dan mengalami kenikmatan seksual. Pada wanita, sistem reproduksi juga mendukung pertumbuhan janin.

Sistem reproduksi bekerja sama dengan organ dan sistem organ lainnya. Misalnya, hipotalamus dan kelenjar pituitari membantu mengatur produksi dan pelepasan hormon seperti estrogen dan testosteron.

Organ sistem reproduksi pria termasuk:

- testis
- epididimis
- vas deferens
- saluran ejakulasi
- kelenjar prostat
- vesikula seminalis
- penis
- kelenjar bulbouretralis

Organ sistem reproduksi wanita termasuk:

- kelenjar susu di payudara
- ovarium
- saluran tuba
- rahim
- vagina
- vulva
- klitorisnya
- sistem berbagai kelenjar, seperti kelenjar Bartholin, yang membantu melumasi vagina
leher rahim

Kulit

Ilustrasi Kulit Kusam

Photo :
  • U-Report

Kulit adalah organ tubuh terbesar. Ini adalah bagian dari sistem integumen, yang meliputi kulit, rambut, kuku, dan lemak. Sistem integumen membantu mengatur suhu tubuh, melindungi tubuh dari patogen berbahaya, membuat vitamin D dari sinar matahari, dan memberikan input sensorik.

Kulit terdiri dari tiga lapisan:

- Epidermis: Ini adalah lapisan luar kulit. Ini berisi tiga jenis sel. Sel skuamosa adalah lapisan luar kulit, yang terus-menerus ditumpahkan oleh tubuh. Sel basal adalah lapisan berikutnya, terletak di bawah sel skuamosa. Melanosit menghasilkan melanin, yang merupakan pigmen kulit. Semakin banyak melanin yang diproduksi melanosit, semakin gelap kulit seseorang.
- Dermis: Ini adalah lapisan tengah kulit, terletak di bawah epidermis. Ini berisi pembuluh darah, pembuluh getah bening, folikel rambut, kelenjar keringat, saraf, kelenjar sebaceous, dan fibroblas. Protein fleksibel yang disebut kolagen menyatukan dermis.
- Lapisan lemak subkutan: Ini adalah lapisan terdalam dari kulit. Ini membantu menjaga tubuh tetap hangat dan mengurangi risiko cedera dengan menyerap pukulan berat.

Sistem otot

Sistem otot mencakup jaringan otot yang luas. Ada tiga jenis otot:

- Otot rangka: Ini adalah otot sukarela, yang berarti bahwa seseorang dapat memutuskan kapan harus menggerakkannya. Bisep dan trisep adalah contoh otot rangka.
- Otot jantung: Ini adalah otot tak sadar yang membantu jantung memompa darah.
- Otot polos: Ini juga otot tak sadar. Otot polos melapisi kandung kemih, usus, dan perut.

Sistem endokrin

Sistem endokrin adalah jaringan kelenjar di seluruh tubuh. Kelenjar ini melepaskan bahan kimia penting yang disebut hormon, yang membantu mengatur fungsi hampir setiap organ dan sistem organ dalam tubuh.

Misalnya, progesteron membantu mengatur siklus menstruasi dan memainkan peran penting dalam mempertahankan kehamilan.

Sistem endokrin mencakup beberapa kelenjar utama, termasuk:

- pankreas
- tiroid
- kelenjar adrenal
- hipofisis
- paratiroid
- tiroid
- hipotalamus
- kelenjar pineal
- ovarium
- testis

Sistem kekebalan

Sistem kekebalan membantu tubuh mencegah infeksi dan melawannya ketika itu terjadi. Banyak organ berperan dalam sistem kekebalan tubuh. Misalnya, kulit mencegah patogen berbahaya memasuki tubuh, dan kelenjar ludah melepaskan air liur yang dapat membantu memecah beberapa sumber infeksi berbahaya dalam makanan.

Sistem limfatik memainkan peran kunci dalam sistem kekebalan dengan melepaskan limfosit yang melawan penyakit. Ada banyak kelenjar getah bening di seluruh tubuh. Beberapa orang memperhatikan bahwa kelenjar getah bening mereka membesar ketika mereka sakit.

Sistem pencernaan

Sistem pencernaanSumber Tepercayaadalah kelompok organ yang mencerna makanan, serta berbagai struktur di dalamnya yang melepaskan zat untuk membantu pencernaan dan penyerapan.

Itu termasuk:

- mulut
- kerongkongan
- kelenjar ludah
- kantong empedu
- hati
- pankreas
- perut
- usus kecil dan besar
- lampiran
- rektum
- anus

Sistem sirkulasi

Sistem peredaran darah mencakup banyak pembuluh darah yang mengedarkan darah ke seluruh tubuh. Ini termasuk vena, arteri, kapiler, venula, dan arteriol.

Sistem limfatik juga merupakan bagian dari sistem peredaran darah. Ini membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh dengan mengumpulkan kelebihan cairan dan partikel lain dari darah. Kelenjar getah bening hadir dalam sistem ini.

Jadi Kesimpulannya;

Setiap organ dalam tubuh adalah sistem kompleksnya sendiri, terdiri dari banyak bagian yang lebih kecil. Banyak organ juga bergantung pada beberapa bagian tubuh lainnya. Misalnya, untuk bernapas dengan benar, paru- paru harus bekerja dengan hidung, mulut, tenggorokan, tenggorokan, dan sinus.

Kompleksitas setiap organ dan sistem organ ini berarti bahwa beberapa dokter memilih untuk berspesialisasi dalam satu organ atau sistem organ. Misalnya, ahli jantung mengobati masalah jantung, sementara ahli paru mempelajari paru-paru.

Siapa pun yang merasa memiliki masalah dengan salah satu organ atau sistem organ mereka harus menemui spesialis atau meminta rujukan dari penyedia layanan kesehatan.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo (tengah)

Hari Pertama Idul Fitri Sistem Kelistrikan Nasional Andal

SPKLU PLN Sukses Layani Pemudik Pakai Kendaraan Listrik.

img_title
VIVA.co.id
11 April 2024