Fungsi Tulang: Semua yang Perlu Anda Ketahui

Ilustrasi tulang .
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Fungsi tulang tentu sangat berperan penting untuk tubuh kita. Tulang lebih dari sekadar perancah yang menyatukan tubuh. Tulang datang dalam berbagai bentuk dan ukuran dan memiliki banyak peran. Dan dalam artikel kali ini, kami akan menjelaskan fungsinya, terbuat dari apa, dan jenis sel yang terlibat.

Duel Keras Penuh Darah, Sebastian Fundora Hancurkan Rekor Tak Terkalahkan Tim Tszyu

Fungsi tulang sangatlah banyak. Beberapa di antaranya seperti mendukung tubuh secara struktural, melindungi organ vital kita, dan memungkinkan kita untuk bergerak. Juga, mereka menyediakan lingkungan untuk sumsum tulang, di mana sel-sel darah dibuat, dan mereka bertindak sebagai tempat penyimpanan mineral, terutama kalsium .

Ilustrasi tulang dan syaraf

Photo :
  • Pixabay/geralt
Ahli Bedah di AS Berhasil Transplantasi Ginjal Babi ke Manusia

Saat lahir, kita memiliki sekitar 270 tulang lunak. Saat kita tumbuh, beberapa di antaranya menyatu. Begitu kita mencapai usia dewasa, kita memiliki 206 tulang. Tulang terbesar dalam tubuh manusia adalah tulang paha atau femur, dan yang terkecil adalah stapes di telinga tengah, yang panjangnya hanya 3 milimeter (mm).

Tulang sebagian besar terbuat dari protein kolagen , yang membentuk kerangka lunak. Mineral kalsium fosfat mengeraskan kerangka ini, memberinya kekuatan. Lebih dari 99 persen kalsium tubuh kita disimpan di tulang dan gigi kita.

Geger Kamar Pengantin Keluar Cairan Mirip Darah, Keluarga Panik

Tulang memiliki struktur internal yang mirip dengan sarang lebah, yang membuatnya kaku namun relatif ringan. Tulang adalah bagian penting dari sistem kerangka Anda. Mereka adalah struktur ringan yang sangat kuat.

Tulang yang ada di tubuh Anda, ternyata dapat melayani lima fungsi utama dalam tubuh Anda, termasuk beberapa yang ada di bawah ini melansir dari www.webmd.co.

Ilustrasi tulang

Photo :
  • Pixabay/Sbtineet

1. Mendukung tubuh Anda dan membantu Anda bergerak. Tulang Anda benar-benar menopang tubuh Anda dan mencegahnya runtuh ke tanah. Postur Anda tergantung pada tulang Anda. Anda juga harus bisa mengoordinasikan tulang Anda dan memindahkan berat badan Anda di sekitarnya agar bisa bergerak. 

2. Melindungi organ dalam Anda. Tulang Anda menjaga organ Anda aman dari benturan keras, tusukan, dan bentuk cedera lainnya. Misalnya, tulang rusuk Anda melindungi jantung dan paru-paru Anda, dan tengkorak Anda melindungi otak Anda. 

3.Memproduksi sel darah Anda. Jenis tulang tertentu membuat trombosit, sel darah merah, dan sel darah putih Anda. Sel-sel ini dibuat di dalam tulang Anda. Trombosit membantu pembekuan darah Anda, sel darah merah mengirimkan oksigen ke organ Anda, dan sel darah putih membantu melawan infeksi. 

4. Menyimpan dan melepaskan lemak. Jenis tulang tertentu menyimpan lemak dan kemudian melepaskannya saat tubuh Anda membutuhkan energi. 

5. Menyimpan dan melepaskan mineral. Tulang juga dapat menyimpan mineral yang diperlukan ketika kadarnya terlalu tinggi dalam darah Anda. Kemudian, tulang Anda akan melepaskan mineral ketika tubuh Anda membutuhkannya. Contoh mineral ini termasuk kalsium, fosfor, dan vitamin D. 

Struktur Tulang

Tulang terdiri dari dua jenis jaringan:

1. Tulang kompak (kortikal): Lapisan luar keras yang padat, kuat, dan tahan lama. Itu membuat sekitar 80 persen dari massa tulang orang dewasa.

2. Tulang cancellous (trabecular atau spongy): Ini terdiri dari jaringan trabekula atau struktur seperti batang. Ini lebih ringan, kurang padat, dan lebih fleksibel daripada tulang kompak.

Juga ditemukan di tulang:

- osteoblas dan osteosit, bertanggung jawab untuk membuat tulang
- osteoklas atau sel penyerap tulang
- osteoid, campuran kolagen dan protein lainnya
- garam mineral anorganik dalam matriks
- saraf dan pembuluh darah
- sumsum tulang
- tulang rawan
- membran, termasuk endosteum dan periosteum.

Apa Sistem Rangka Anda?

Tulang Anda bergabung bersama untuk membuat kerangka Anda: struktur di mana seluruh tubuh Anda dibangun bagian dari sistem muskuloskeletal Anda.  Sistem kerangka Anda berfungsi sebagai kisi struktural tempat bagian tubuh Anda dibangun dan bergantung pada dukungan.  

Selain tulang, bagian lain dari sistem kerangka Anda meliputi: 

- Ligamen. Ini adalah jaringan kuat yang menghubungkan tulang Anda satu sama lain. 
Tulang rawan. Ini adalah jaringan semi-kaku yang menutupi tulang di mana mereka saling bersentuhan. Ini memberikan permukaan yang fleksibel dan halus untuk gerakan.  
- Tendon. Ini menghubungkan tulang Anda ke otot Anda. 

Terbuat Dari Apa Tulang?

Tulang terbuat dari tiga jenis sel yang berbeda dan memiliki tiga lapisan yang berbeda. Struktur umum mereka adalah kombinasi dari protein yang disebut kolagen dan molekul yang disebut kalsium fosfat. Ini menenun bersama untuk membentuk strukturnya yang kuat dan ringan. 

Tiga jenis sel yang membentuk tulang adalah: 

1. Osteoblas. Ini membuat jaringan tulang baru dan membantu memperbaiki kerusakan pada tulang Anda.
2.Osteosit. Ini adalah sel tulang matang yang membantu tulang bayi baru lahir matang. 
3. Osteoklas. Ini memecah tulang Anda dan membantu membentuknya menjadi bentuk yang benar. 

Tiga lapisan tulang adalah: 

1. Periosteum. Ini adalah lapisan luar yang keras untuk tulang Anda yang membantu melindunginya.
2.Tulang kompak. Ini tepat di bawah periosteum. Ini keras, putih, dan halus. Ini juga merupakan bagian utama dari tulang yang memberikan kekencangan dan dukungan untuk sistem kerangka Anda.  
3. Tulang spons. Ini adalah lapisan dalam yang lembut dari tulang Anda. Itu penuh dengan lubang di mana sumsum tulang bisa muat. Ada dua jenis sumsum - satu jenis yang membuat sel darah dan satu jenis yang menyimpan lemak dan mineral. 

Apa Berbagai Jenis Tulang?

Tiga jenis utama tulang adalah: 

1. Tulang yang membuat sel darah. 

Ini adalah tulang yang mengandung sumsum tulang merah. Contoh tulang yang memiliki sumsum tulang merah termasuk panggul, tulang dada, humerus, dan tulang paha. 

2. Tulang yang menyimpan lemak. 

Ini adalah tulang yang mengandung sumsum tulang kuning. Sumsum tulang kuning menyimpan lemak dalam bentuk jaringan adiposa. Ini dapat melepaskan energi ketika tubuh Anda membutuhkannya dalam bentuk trigliserida - sejenis lemak yang ditemukan dalam darah Anda. 

3. Tulang yang membentuk persendian

Beberapa tulang menyatu dengan tulang, ligamen, dan tulang rawan lainnya dalam struktur yang disebut sendi. Ada berbagai jenis persendian yang ditentukan dengan tepat bagaimana tulang Anda menyatu di wilayah itu. Ini membantu tubuh Anda bergerak dengan cara yang berbeda. 

Ketika Anda lahir, tulang Anda sebagian besar mengandung sumsum tulang merah, tetapi menjadi kuning di lengan dan kaki Anda saat Anda tumbuh dewasa. Ini mencerminkan perubahan kebutuhan tubuh Anda untuk produksi sel darah versus penyimpanan lemak. 

Ada banyak kondisi berbeda yang dapat memengaruhi sistem kerangka Anda, dan khususnya tulang Anda. Contohnya seperti yang ada berikut ini;

1. Radang sendi 
Kondisi yang menyakitkan di mana persendian Anda melemah. Bisa juga terjadi peradangan pada persendian Anda. 
2. Skoliosis
Ini adalah saat tulang di tulang belakang Anda tidak lagi lurus. 
3. Kanker
Ada kanker tertentu yang dapat terbentuk di dalam tulang Anda dan berdampak pada sistem kerangka Anda.
4. Istirahat
 Tulang bisa patah — terkadang sangat parah. Terkadang, tulang Anda dapat menyembuhkan patahan kecil dengan sendirinya, tetapi seringkali, Anda memerlukan bantuan medis untuk memperbaiki patah tulang. 

Jenis Tulang yang Perlu Diektahi

Ada lima jenis tulang dalam tubuh manusia:

Tulang panjang: Ini sebagian besar adalah tulang padat dengan sedikit sumsum dan mencakup sebagian besar tulang di tungkai. Tulang-tulang ini cenderung menopang berat badan dan membantu gerakan.
Tulang pendek: Hanya lapisan tipis tulang kompak, ini termasuk tulang pergelangan tangan dan pergelangan kaki.
Tulang pipih: Biasanya tulang yang tipis dan melengkung. Mereka terdiri dari dua lapisan luar tulang kompak dan lapisan dalam tulang spons. Tulang pipih mencakup sebagian besar tulang tengkorak dan tulang dada atau tulang dada. Mereka cenderung memiliki peran protektif.
Tulang sesamoid: Ini tertanam dalam tendon, seperti patela atau tempurung lutut. Mereka melindungi tendon dari keausan dan stres .
Tulang tidak beraturan: Seperti namanya, ini adalah tulang yang tidak termasuk dalam empat kategori pertama dan bentuknya tidak biasa. Mereka termasuk tulang tulang belakang dan panggul. Mereka sering melindungi organ atau jaringan.
Tulang rangka dibagi menjadi dua kelompok:

Kerangka apendikular - tulang tungkai, bahu, dan gelang panggul.
Kerangka aksial - tulang tengkorak, kolom vertebral, sangkar toraks.

Cek hipertensi atau darah tinggi.

5 Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Darah Tinggi, dari Buah Beri sampai Yogurt

Hipertensi, atau tekanan darah tinggi, adalah kondisi medis yang umum di mana tekanan darah dalam arteri meningkat. Untuk mengurangi masalah ini, salah satunya makanan.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024