11 Cara Membersihkan Karang Gigi yang Membandel dengan Bahan Alami

karang gigi
Sumber :

VIVA – Cara membersihkan karang gigi sebenarnya cukup mudah dilakukan dengan memakai bahan alami. Karang gigi sendiri kerap menjadi sebuah masalah yang disepelekan. Padahal bila dilihat lebih jauh, karang gigi bisa mengakibatkan penyakit dan bahkan kerusakan gigi secara permanen. Dalam gejala yang ringan, gangguan yang satu ini bisa diatasi dengan langkah sederhana. 

10 Penyebab Gigi Ngilu dan Goyang, Salah Satunya Kehamilan!

Gigi dan mulut sendiri merupakan satu kesatuan yang termasuk ke dalam sistem pencernaan. Kedua elemen ini harus dijaga dengan baik, sebab melakukan kontak langsung dengan makanan dan minuman setiap harinya. Bila lalai dalam menjaga kebersihannya, sisa-sisa kotoran dari makanan dan minuman akan menempel pada bagian gigi. Plak yang diakibatkan oleh penumpukkan sisa makanan dan minuman kemudian akan berkembang dan membentuk karang gigi. 

Bakteri yang menumpuk di area tersebut kemudian berkembangbiak dan menghasilkan zat asam. Zat asam tersebut yang kemudian bisa merusak enamel gigi sampai mengakibatkan berbagai kerusakan gigi. Karang gigi juga bisa mendatangkan malapetaka untuk kesehatan mulut dan mengakibatkan penyakit gusi. Bila karang gigi masih dalam intensitas ringan, berikut adalah beberapa cara membersihkan karang gigi yang disadur dari berbagai sumber. 

Ternyata, Ini Penyebab Anak Demam Saat Tumbuh Gigi

1. Soda Kue

ilustrasi baking soda atau soda kue

Photo :
  • Pixabay
Kartika Putri Alami Masalah Kulit Parah Sampai Wajah Melepuh, Netizen: Besok-besok Jaga Lisan Ya

Soda kue atau baking soda merupakan cara yang aman untuk menghilangkan karang gigi. Soda gue ini akan menghilangkan plak tanpa merusak email gigi. Sebuah studi memperlihatkan bahwa pasta gigi yang mengandung soda kue mungkin akan lebih efektif untuk mengurangi jumlah plak di dalam mulut ketimbang pasta gigi konvensional. Soda kue juga dapat melindungi dari demineralisasi, yaitu proses kimia yang menghilangkan kalsium dari email gigi. 

Hal ini karena baking soda mempunyai pH tinggi, yang membantu untuk menyeimbangkan tingkat pH di dalam mulut dan juga mencegah hilangnya enamel gigi. Cara membersihkan gigi ini cukup efektif karena mempunyai sifat antimikroba yang bisa mencegah kerusakan gigi. Bahkan dalam penelitian yang lain, memperlihatkan bahwa soda kue bisa secara signifikan mengurangi jumlah Streptococcus mutans. 

2. Cuka Putih

Detergen alami dari cuka putih.

Photo :
  • U-Report

Cara membersihkan karang gigi berikutnya bisa memakai cuka putih. Ini adalah cairan asam asetat yang sangat efektif dalam membunuh bakteri mulut dan mencegah infeksi. Caranya juga sangat mudah, kamu hanya perlu mencampurkan dua sendok makan cuka putih ke dalam setengah cangkir air hangat. Tambahkan satu sendok garam dan aduk sampai merata. Kemudian buat kumur dengan campuran tersebut sehari sekali secara teratur. 

3. Rajin Menyikat Gigi

Sikat gigi

Photo :
  • U-Report

Menyikat gigi secara teratur merupakan salah satu cara membersihkan karang gigi. Prosedur tersebut bisa dilakukan sebanyak dua kali sehari, yaitu sesudah sarapan dan sebelum tidur di malam hari. Lakukan sikat gigi selama dua menit. Pastikan kamu menyikat sampai menjangkau seluruh permukaan gigi di dalam mulut. Untuk masing-masing bagian, yaitu kanan, kiri, depan, belakang, dan lakukan selama 30 detik. 

4. Bersihkan dengan Benang

Benang Gigi

Photo :
  • inmagine.com

Cara membersihkan gigi berikutnya adalah melakukan pembersihan lebih detail dengan memakai benang gigi. Tujuannya adalah untuk membersihkan plak yang terletak di sela-sela gigi. Benang juga bisa menjangkau sela-sela gigi yang tak dapat dijangkau oleh sikat gigi. Kamu dapat melakukan cara yang satu ini setelah menyikat gigi untuk hasil yang maksimal. 

5. Daun dan Buah Jambu Biji

Jambu biji

Photo :
  • U-Report

Siapa sangka dari perpaduan daun dan juga buah jambu biji ini sangat efektif dalam membersihkan karang gigi. Caranya hanya dengan mencuci beberapa lembar daun jambu biji, kunyah, dan buang. 

Selain itu, kamu juga harus makan jambu biji mentah dengan ditaburi sedikit garam di atasnya. Jambu biji terkenal bisa meredakan masalah gusi lantaran mempunyai sifat anti-inflamasi. Cara tersebut akan membantu untuk mengurangi pembengkakan dan nyeri pada gusi. 

6. Mengonsumsi Sayur dan Buah

Buah dan sayur.

Photo :
  • U-Report

Salah satu cara yang paling sederhana untuk kamu yang akan merontokkan karang gigi adalah dengan memperbanyak makan buah dan juga sayuran. Hal ini karena buah dan sayuran akan membantu untuk meningkatkan produksi air liur. Sementara itu, air liur sendiri mempunyai fungsi untuk membilas kotoran, sisa-sisa makanan, sampai bakteri di dalam mulut. 

7. Kumur dengan Minyak Kelapa

Ilustrasi Minyak kelapa Murni

Photo :
  • U-Report

Jika kamu mempunyai stok minyak kelapa murni di rumah, kamu dapat memanfaatkan bahan tersebut sebagai salah satu cara membersihkan karang gigi. Ini karena minyak kelapa mengandung antioksidan dan juga asam laurat yang bisa membantu untuk membasmi bakteri jahat yang ada di dalam mulut. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, kamu hanya perlu berkumur dengan satu sendok makan minyak kelapa selama 5 hingga 10 menit. 

8. Menggunakan Obat Kumur

Obat kumur.

Photo :
  • Freepik

Cara membersihkan karang gigi berikutnya adalah dengan memakai obat kumur. Obat kumur ini dinilai bisa merontokkan kotoran dari sisa makanan yang menempel di gigi. Selain itu, pemakaian obat kumur juga bermanfaat untuk membantu aroma napas menjadi lebih segar. Untuk memperoleh manfaatnya, hindari obat kumur yang mengandung alkohol. 

9. Bersihkan Lidah

Lidah.

Photo :
  • U-Report

Tahukah kamu bahwa 50 persen bakteri yang ada di dalam mulut ternyata bersarang di permukaan lidah. Maka dari itu, bersihkan lidah juga harus menjadi bagian dari rutinitas sehari-hari. Campurkan air liur dan bakteri yang bisa membentuk plak di atas permukaan lidah. Tapi sayang, plak tersebut tidak dapat dihilangkan hanya dengan membilasnya dengan air atau berkumur dengan obat kumur. 

Cara terbaik untuk menghilangkan plak yang menempel di permukaan lidah adalah menyikat bagian lidah. Gosoklah lidah kamu dari pangkal lidah paling dalam dan tarik perlahan ke bagian depan dalam satu gerakan. Jangan digosok bolak-balik. Ulangi cara tersebut beberapa kali hingga lidah kamu benar-benar bersih atau kesat. Jangan lupa juga untuk membersihkan bagian samping lidah. 

10. Berhenti Merokok

Tips berhenti merokok.

Photo :
  • Dok. Istimewa

Selain bisa mengakibatkan gangguan fungsi jantung dan paru-paru, merokok juga bisa mengakibatkan masalah pada gigi dan mulut. Salah satunya adalah kemunculan karang gigi. Kandungan bahan kimia yang ada di dalam rokok bisa memicu pembentukan karang gigi yang semakin banyak. 

Bahkan, karang gigi orang yang kerap merokok cenderung berwarna kehitaman daripada kamu yang tidak merokok. Maka dari itu, berhenti merokok sangat penting sebagai sebuah cara menghilangkan karang gigi yang tepat. Mulailah secara perlahan dan jangan ragu untuk meminta bantuan dari keluarga dan kerabat dekat. 

11. Minum Air Putih

Ilustrasi minum air/air putih.

Photo :
  • Pexels/Karolina Gabrowska

Bila kamu ingin karang gigi hilang dan tidak bertambah parah, minum air putih merupakan salah satu solusinya. Banyak minum air putih bermanfaat untuk meningkatkan produksi air liur dalam mulut. Air liur ini berfungsi untuk menjaga kelembapan mulut dan juga meluruhkan plak serta sisa-sisa makanan yang ada di permukaan gigi. 

Enzim yang ada di dalam air liur ini juga bisa membantu untuk melawan bakteri penyebab infeksi mulut. Jika kamu tidak suka rasa air putih, coba menyiasatinya dengan cara yang lain. Tambahkan irisan buah-buahan segar atau rempah dedaunan yang berwarna putih. 

Ilustrasi bau mulut

5 Tips Ampuh Cegah Bau Mulut Saat Puasa Ramadhan

Salah satu cara untuk menghilangkan bau mulut saat berpuasa adalah dengan minum banyak air setiap hari. Hal ini akan meningkatkan produksi air liur dan mencegah bau mulut

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2024