7 Cara Membersihkan Paru-paru Secara Alami, Mudah dan Praktis

Kacang kedelai.
Sumber :
  • Freepik/xb100

VIVA – Cara membersihkan paru-paru bisa secara alami. Dengan membersihkan paru-paru ini dapat bermanfaat bagi orang yang merokok, orang yang sering terpapar polusi udara, dan mereka yang memiliki kondisi kronis yang memengaruhi sistem pernapasan, seperti asma, penyakit paru obstruktif kronik, dan cystic fibrosis.

Tidur dengan AC Menyala? Hati-hati 6 Masalah Kesehatan Ini Mengintai

Menghirup polusi udara, asap rokok, dan racun lainnya dapat merusak paru-paru bahkan menyebabkan kondisi kesehatan. Menjaga kesehatan paru-paru sangat penting untuk menjaga kesehatan seluruh tubuh. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), paparan polusi udara menyebabkan 4,2 juta kematian di seluruh dunia setiap tahun. 

Paru-paru merupakan organ yang akan mulai menyembuhkan dirinya sendiri setelah paparan polutannya berhenti, misalnya ketika seseorang berhenti merokok. Setelah paru-paru terpapar polusi, seperti asap rokok, dada seseorang mungkin terasa penuh, sesak, atau meradang. Lendir berkumpul di paru-paru untuk menangkap mikroba dan patogen, yang berkontribusi pada perasaan berat ini.

8 Tips Menghilangkan Cegukan, No 8 Paling Unik

Orang mungkin dapat menggunakan teknik khusus untuk membantu membersihkan paru-paru dari lendir dan iritasi untuk meredakan sesak dada dan gejala tidak nyaman lainnya. Beberapa metode ini juga dapat membuka saluran udara, meningkatkan kapasitas paru-paru, dan mengurangi peradangan, yang dapat membantu mengurangi efek polusi dan asap di paru-paru. Melansir dari medicalnewstoday, berikut cara membersihkan paru-paru secara alami yang bisa kamu terapkan.

1. Terapi uap

Cara Alami Supaya Rambut Uban Hitam Kembali ala Zaidul Akbar

Ilustrasi Uap Air

Photo :
  • pinterest.com

Cara membersihkan paru-paru secara alami yang pertama bisa menggunakan Teknik terapi uap. Terapi uap, atau inhalasi uap, melibatkan menghirup uap air untuk membuka saluran udara dan membantu paru-paru mengeluarkan lendir. Orang dengan kondisi paru-paru mungkin melihat gejala mereka memburuk di udara dingin atau kering. Iklim ini dapat mengeringkan selaput lendir di saluran udara dan membatasi aliran darah.

Sebaliknya, uap menambah kehangatan dan kelembapan ke udara, yang dapat meningkatkan pernapasan dan membantu melonggarkan lendir di dalam saluran udara dan paru-paru. Menghirup uap air dapat memberikan bantuan langsung dan membantu orang bernapas lebih mudah.

Sebuah penelitian kecil yang melibatkan 16 laki-laki dengan penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), suatu kondisi paru-paru yang membuat lebih sulit untuk bernapas, menemukan bahwa terapi masker uap menyebabkan denyut jantung dan tingkat pernapasan secara signifikan lebih rendah daripada terapi non-masker. Namun, para peserta tersebut tidak melaporkan perbaikan yang langgeng dalam fungsi pernapasan mereka.

Terapi ini mungkin adalah solusi sementara yang efektif, namun peneliti perlu melakukan penelitian lebih lanjut sebelum mereka memahami sepenuhnya manfaat terapi uap terhadap kesehatan paru-paru.

2. Batuk terkontrol

Ilustrasi batuk

Photo :

Cara membersihkan paru-paru lainnya yaitu dengan batuk terkontrol. Batuk adalah cara tubuh mengeluarkan racun yang terperangkap dalam lendir secara alami. Batuk terkontrol mengendurkan kelebihan lendir di paru-paru, mengirimkannya melalui saluran udara. Dokter menyarankan agar penderita PPOK melakukan latihan ini untuk membantu membersihkan paru-paru mereka. Kamu dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membersihkan paru-paru:

  • Duduk di kursi dengan bahu rileks, jaga kedua kaki tetap rata di lantai.
  • Lipat tangan di atas perut.
  • Tarik napas perlahan melalui hidung
  • Hembuskan napas perlahan sambil mencondongkan tubuh ke depan, mendorong lengan ke perut.
  • Batuk 2 atau 3 kali saat menghembuskan napas, menjaga mulut sedikit terbuka.
  • Tarik napas perlahan melalui hidung.
  • Istirahat dan ulangi seperlunya.

3. Mengeluarkan lendir dari paru-paru

Teknik Berbaring

Photo :
  • Emodul Kemdikbud

Drainase postural melibatkan berbaring di posisi yang berbeda untuk menggunakan gravitasi untuk mengeluarkan lendir dari paru-paru. Latihan ini dapat meningkatkan pernapasan dan membantu mengobati atau mencegah infeksi paru-paru. Teknik drainase postural berbeda tergantung pada posisinya:

  • Teknik drainase postural di punggung, berbaring di lantai atau tempat tidur. Tempatkan bantal di bawah pinggul untuk memastikan dada lebih rendah dari pinggul. Tarik napas perlahan melalui hidung dan buang napas melalui mulut. Setiap menghembuskan napas harus memakan waktu dua kali lebih lama dari menghirup, yang disebut pernapasan 1:2. Lanjutkan selama beberapa menit.

  • Teknik drainase postural di sisi, berbaringlah di satu sisi, sandarkan kepala pada lengan atau bantal. Letakkan bantal di bawah pinggul. Latih pola pernapasan 1:2. Lanjutkan selama beberapa menit. Ulangi di sisi lain. 

  • Teknik drainase postural di perut, letakkan setumpuk bantal di lantai. Berbaring dengan perut di atas bantal. Ingatlah untuk menjaga pinggul di atas dada. Lipat lengan di bawah kepala untuk menopang. Latih pola pernapasan 1:2. Lanjutkan selama beberapa menit.

4. Latihan

Olahraga

Photo :
  • Times of India

Olahraga teratur dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental seseorang, dan mengurangi risiko berbagai kondisi kesehatan, termasuk stroke dan penyakit jantung.

Latihan memaksa otot untuk bekerja lebih keras, yang meningkatkan laju pernapasan tubuh, menghasilkan pasokan oksigen yang lebih besar ke otot. Ini juga meningkatkan sirkulasi, membuat tubuh lebih efisien dalam membuang kelebihan karbon dioksida yang diproduksi tubuh saat berolahraga.

Tubuh akan mulai beradaptasi untuk memenuhi tuntutan olahraga teratur. Otot akan belajar menggunakan oksigen lebih efisien dan menghasilkan lebih sedikit karbon dioksida.

Meskipun berolahraga mungkin lebih sulit bagi orang dengan kondisi paru-paru kronis, orang-orang ini juga dapat memperoleh manfaat dari olahraga teratur. Orang yang menderita COPD, cystic fibrosis, atau asma harus berkonsultasi dengan profesional kesehatan sebelum memulai rejimen olahraga baru.

5. Teh hijau

Teh hijau atau Green Tea

Photo :
  • U-Report

Cara membersihkan paru-paru secara alami lainnya yaitu dengan mengonsumsi teh hijau. Teh hijau mengandung banyak antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan di paru-paru. Senyawa ini bahkan dapat melindungi jaringan paru-paru dari efek berbahaya dari menghirup asap.

Sebuah studi baru-baru ini yang melibatkan lebih dari 1.000 orang dewasa di Korea melaporkan bahwa orang yang minum setidaknya 2 cangkir teh hijau per hari memiliki fungsi paru-paru yang lebih baik daripada mereka yang tidak minum sama sekali.

6. Makanan anti inflamasi

Kacang polong.

Photo :
  • U-Report

Peradangan pada saluran napas dapat membuat sulit bernapas dan menyebabkan dada terasa berat dan sesak. Makan makanan anti-inflamasi dapat mengurangi peradangan untuk meredakan gejala-gejala ini. Makanan yang membantu melawan peradangan diantaranya:

  • Kunyit
  • Sayuran hijau
  • Ceri
  • Bluberi
  • Zaitun
  • Kenari
  • Kacang polong
  • Kacang-kacangan

7. Perkusi dada

Sakit dada

Photo :
  • Times of India

Cara membersihkan paru-paru yang terakhir yaitu dengan perkusi dada. Perkusi merupakan cara lain yang efektif untuk menghilangkan kelebihan lendir dari paru-paru. Seorang profesional kesehatan atau terapis pernapasan akan menggunakan tangan yang ditangkupkan untuk mengetuk dinding dada secara berirama untuk mengeluarkan lendir yang terperangkap di paru-paru.

Menggabungkan perkusi dada dan drainase postural dapat membantu membersihkan saluran udara dari kelebihan lendir.
Racun dari asap rokok atau polusi udara yang masuk ke paru-paru dapat mempengaruhi seluruh tubuh. Racun ini akhirnya terperangkap di dalam lendir. Kesehatan pernapasan yang baik tergantung pada efektif atau tidaknya tubuh mengeluarkan lendir dari paru-paru dan saluran udara.

Orang yang memiliki paru-paru yang rusak mungkin memiliki waktu yang lebih sulit daripada yang lain membersihkan lendir dari sistem mereka. Kondisi kronis, seperti COPD, asma, dan cystic fibrosis, menyebabkan produksi lendir berlebih atau lendir yang sangat kental yang dapat menyumbat paru-paru.

Teknik pembersihan paru-paru, termasuk drainase postural, perkusi dada, dan latihan pernapasan, dapat membantu mengeluarkan lendir dari paru-paru dan saluran udara. Terapi uap mungkin menawarkan bantuan sementara untuk orang yang menderita kemacetan atau kondisi pernapasan kronis.

Berolahraga secara teratur, minum teh hijau, dan makan makanan anti-inflamasi adalah perubahan gaya hidup yang dapat meningkatkan kesehatan paru-paru dan mengurangi risiko kondisi kesehatan.

Demikian informasi tentang cara membersihkan paru-paru secara alami yang bisa kamu terapkan. Semoga paru-paru kamu semakin sehat ya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Air kelapa

5 Manfaat Menakjubkan Mengonsumsi Air Kelapa Setiap Hari, Bisa Jaga Kesehatan Jantung

Air kelapa adalah minuman alami yang menyegarkan dan lezat yang dikenal banyak orang sebagai minuman tropis yang menyehatkan dan memiliki manfaat untuk tubuh.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024