9 Cara Menumbuhkan Kumis dengan Bahan Alami dan Cepat Tumbuh

kumis
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Cara menumbuhkan kumis terbilang mudah dilakukan oleh siapa saja, dan bahkan tidak sedikit pria yang memandang bahwa kumis adalah identitas seorang laki-laki. Akan tetapi, tidak semua kaum adam mempunyai kumis seperti yang mereka inginkan sehingga banyak yang mencari cara menumbuhkan kumis dengan cepat dan mudah, mulai dari memakai bahan alami sampai menggunakan obat-obatan kimia. 

Terkuak, Ini Identitas Mayat Perempuan dengan Wajah Hancur di Dermaga Pulau Pari

Kumis sendiri sejatinya mempunyai manfaat untuk melindungi wajah, tapi tidak jarang sebagian orang menumbuhkannya semata karena faktor penampilan. Perlu diketahui juga bahwasannya tumbuhnya kumis begitu dipengaruhi dengan genetik dan hormon testosteron seseorang. Itulah mengapa bentuk kumis setiap kaum adam berbeda-beda. Ada pria dengan kumis tebal, dan ada juga pria yang mempunyai kumis tipis. 

Gentik adalah peran penting dalam cara menumbuhkan kumis tersebut. Walaupun demikian, bukan tidak mungkin untuk kamu menumbuhkan kumis walaupun faktor genetik tidak mendukung. Kamu bisa memakai beberapa bahan alami yang mudah ditemui sebagai cara untuk menumbuhkan kumis tersebut tanpa mengandalkan produk kimia penumbuh kumis yang belum dijamin keamanannya. 

Potret Terakhir Babe Cabita Sebelum Meninggal Dunia, Botak Tanpa Rambut Kribonya

Bahkan, banyak pria mengatakan bahwa mereka ingin menumbuhkan kumis karena beberapa alasan. Mulai dari terlihat lebih tampan, dewasa, macho, berwibawa, dan juga sebagai sebuah alasan fashion atau modis. Ikon pria dewasa juga biasanya muncul dengan kumis yang semakin membuat dirinya tampak maskulin. Nah, berikut adalah ulasan tentang cara menumbuhkan kumis yang disadur dari berbagai sumber. 

1. Pola Makan

Biar Aman dan Terpercaya, 5 Faktor Ini Wajib Dipertimbangkan saat Pilih Klinik Kecantikan

Ilustrasi sedang makanan.

Photo :
  • Pexels/Rachel Claire

Kesehatan tubuh secara keseluruhan begitu penting untuk proses penumbuhan kumis. Mulai dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan protein, seperti kacang, telur, ikan, susu, dan masih banyak yang lain. Sementara untuk jenis kacang, kamu bisa mengonsumsi kacang almond, kenari, kacang tanah, biji rami, dan lain sebagainya. 

Selain itu, kamu juga harus melengkapi asupan dengan apel, jeruk, stroberi, anggur, pepaya, lemon, alpukat, delima, dan lain sebagainya. Kemudian kamu juga disarankan untuk banyak mengonsumsi sayuran hijau seperti kol, selada, sawi, bayam, kol dan lain sebagainya. Makanan tersebut diyakini bisa membantu untuk menumbuhkan rambut di bagian wajah. 

2. Minyak Zaitun

Minyak zaitun.

Photo :
  • U-Report

Minyak zaitun mengandung nutrisi seperti vitamin A dan vitamin E. Vitamin A ini akan merangsang pertumbuhan rambut, sementara vitamin E akan senantiasa memelihara kesehatan rambut. Dengan kombinasi tersebut, maka kamu akan memiliki kumis yang lebat dalam waktu yang cukup singkat. 

Selain itu, perlu diperhatikan juga bahwa kamu perlu memakai minyak zaitun yang benar-benar alami, tidak tercampur dengan bahan-bahan kimia berbahaya. Caranya juga sangat mudah, kamu hanya perlu mengoleskan minyak zaitun sebelum tidur, biarkan semalaman, kemudian keesokan harinya bersihkan sambil mencuci wajah. 

2. Minyak Kelapa

Ilustrasi Minyak kelapa Murni

Photo :
  • U-Report

Minyak kelapa mempunyai fungsi untuk kondisioner alami dan membantu dalam proses pertumbuhan kembali rambut. Minyak kelapa ini mengandung protein yang sangat tinggi sehingga akan membantu dalam merangsang pertumbuhan rambut. 

Selain itu, minyak kelapa juga bisa melindungi rambut dari hal-hal yang bisa merusak rambut. Karena itu, minyak kelapa bisa dipakai sebagai cara menumbuhkan kumis. Kamu hanya perlu mengoleskan minyak kelapa pada kumis sebelum tidur, biarkan semalaman, kemudian keesokan harinya bersihkan sambil mencuci wajah. 

4. Minum Air Lebih Banyak

Minum air putih.

Photo :
  • Times of India

Bukan hanya tubuh, tapi rambut di bagian wajah juga memerlukan asupan air yang cukup untuk tumbuh dengan cepat. Tapi sayang, mayoritas pria mengabaikan asupan tersebut dan tidak menghidrasi diri mereka dengan betul. Air, bersama dengan mineral, vitamin dan makanan kaya protein sangat penting untuk pertumbuhan kumis serta janggut. 

Air yang tak cukup akan mengakibatkan kumis dan janggut tumbuh lebih lambat. Ketika tubuh kekurangan air, maka jumlah darah yang mengalir ke bagian wajah juga akan berkurang. Kondisi tersebut membuat kumis dan juga janggut tidak dapat tumbuh dengan cepat. Karena itu, orang dewasa sangat disarankan untuk banyak minum, minimal 8 gelas per hari. 

5. Minyak Esensial Rosemary

Ilustrasi essential oil/minyak esensial.

Photo :
  • Pixabay/silviarita

Rosemary diyakini dapat merangsang pertumbuhan rambut supaya bisa tumbuh secara cepat. Hal ini karena minyak rosemary mempunyai fungsi untuk merangsang folikel yang membuat rambut tumbuh panjang dan lebat serta dapat mencegah kerontokan. 

Dengan memakai minyak esensial tersebut sebagai cara menumbuhkan kumis, maka kumis yang kamu inginkan bisa tumbuh dengan cepat. Oleskan minyak esensial rosemary di kumis sebelum kamu tidur, biarkan selama semalaman, kemudian keesokan harinya bersihkan sembari mencuci wajah. 

6. Bawang Merah

Bawang Merah

Photo :
  • Pixabay/ Klimkin

Bawang merah memang sering membuat mata menjadi perih dan kemudian tampak sedang menangis. Tapi ternyata, bahan dapur yang satu ini bukan hanya untuk menyedapkan makanan tapi juga bermanfaat untuk dipakai sebagai salah satu bahan menyuburkan rambut. 

Caranya juga sangat mudah, hanya dengan mengulek dan menumbuh atau menghaluskan 2 siung bawang merah sampai halus kemudian dioleskan pada kumis. Diamkan sekitar 30 menit atau sampai mata kamu tidak kuat lagi menahan perih. Kemudian bersihkan dengan memakai air dingin. 

7. Minyak Kemiri

Ilustrasi minyak kemiri.

Photo :
  • U-Report

Asam linolenic atau asam lemak omega 3 yang ada di dalam minyak kemiri mempunyai manfaat untuk merangsang pertumbuhan rambut kamu. Minyak kemiri ini memang telah lama diyakini dan dipakai sebagai salah satu cara menumbuhkan rambut, menyuburkan, dan juga menguatkannya. 

Maka dari itu, tidak salah bila kamu memilih minyak kemiri untuk diaplikasikan dalam proses cara menumbuhkan kumis dengan kemiri. Caranya juga sangat mudah, kamu hanya perlu mengoleskan kemiri pada kumis sebelum tidur, biarkan semalaman, lalu keesokan harinya bersihkan sambil mencuci muka. 

8. Minyak Fenugreek

Biji fenugreek.

Photo :
  • U-Report

Kamu mungkin masih asing dengan jenis minyak yang satu ini. Tanaman yang berasal dari Yunani ini belum terkenal di Indonesia, tapi walaupun tidak populer fenugreek mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh kamu, salah satunya adalah untuk menumbuhkan rambut di area kumis. 

Oleh sebab itu, dengan memakai minyak fenugreek ini, kamu bisa mempunyai kumis yang lebat dengan waktu relatif singkat. OIeskan minyak fenugreek ini pada bagian kumis sebelum tidur, biarkan selama semalam, dan keesokan harinya bersihkan dengan air bersih sambil mencuci wajah. 

9. Minyak Jojoba

Ilustrasi minyak kemenyan.

Photo :
  • U-Report

Minyak jojoba mempunyai fungsi sebagai bahan alami dalam menjaga kelembapan rambut kamu. Minyak ini juga berfungsi untuk membentuk lapisan lilin yang tipis di setiap helai rambut, sehingga akan melindungi dari sinar matahari. 

Dengan begitu, rambut di bagian kumis kamu akan tumbuh dengan alami dan lebih cepat. Oleskan minyak ini pada bagian kumis sebelum tidur, biarkan selama semalaman, kemudian keesokan harinya bersihkan sambil mencuci wajah. 

Ilustrasi perawatan wajah.

Pengen Mulai Perawatan Kulit? Perhatikan Ini Biar Gak Terjerumus Klinik Abal-abal

Tidak cukup hanya memakai skincare, demi mendapatkan hasil yang lebih maksimal lagi perawatan kulit juga disarankan untuk dilakukan di klinik kecantikan.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024