7 Cara Membersihkan Wajah dengan Baik dan Benar yang Dianjurkan

Cara membersihkan wajah
Sumber :
  • Freepik

VIVA – Cara membersihkan wajah dengan baik dan benar tentunya banyak dicari tahu agar wajah kita tetap sehat dan bersih. Membersihkan wajah memang terdengar sederhana, namun tetap membutuhkan waktu dan perhatian. Membersihkan wajah dengan cara yang benar dapat membuat kulit wajah menjadi berseri dan bebas dari jerawat

3 Skincare Ini Jadi Paling Diandalkan oleh Penggunanya

Membersihkan wajah menjadi salah satu hal yang penting untuk dilakukan sebagai sebuah cara untuk menjaga wajah dari permasalahan kulit yang bisa saja muncul. Apalagi membersihkan wajah pada malam hari yang oleh ditekankan untuk dilakukan dan ditambah dengan penggunaan skincare malam karena dapat mendukung kulit dalam proses regenerasi dan pembaruan semalaman. 

Lantas, apa saja cara membersihkan wajah yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit? Mengutip dari Healthline, berikut ini sejumlah cara membersihkan wajah dengan mudah.:

Direkomendasikan oleh IDI, Apa Sih Physical Sunscreen Itu?

1. Menghapus make up terlebih dahulu

Ilustrasi membersihkan wajah

Photo :
7 Manfaat Luar Biasa Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Jaga Kesehatan Kulit

Cara membersihkan wajah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menghapus make up terlebih dahulu bagi yang menggunakan make up. Namun bagi yang hanya menggunakan produk skincare atau bahkan tidak menggunakan apa-apa juga tetap harus dibersihkan terlebih dahulu. 

Kamu bisa menggunakan remover make up yang lembut sebelum benar-benar memulai membersihkan wajah, terutama sebelum tidur. Hal ini harus dilakukan agar pori-pori tidak tersumbat dan tertimbun di dalam kulit karena make up tersebut. Membersihkan wajah ini sangat penting untuk dilakukan bahkan bagi semua jenis kulit apapun dan baik itu bagi perempuan maupun laki-laki. 

2. Jangan menggunakan sabun batangan dengan kandungan yang keras

Ilustrasi sabun batang.

Photo :
  • dok. pixabay

Bagi kamu yang ingin membersihkan wajah, alangkah baiknya untuk tidak menggunakan sabun batangan dengan kandungan yang keras untuk kulit. Kecuali jika itu memang diformulasikan secara khusus untuk wajah. Hal itu dikarenakan sabun batangan dapat mengubah keseimbangan pH kulit, yang memungkinkan lebih banyak bakteri dan pertumbuhan ragi. Maka dari itu tidak heran bahwa produk pembersih wajah dibuat untuk membuat kulit menjadi lebih halus. 

Selain itu pilihlah pembersih wajah yang tidak memiliki banyak busa karena dengan busa yang banyak ternyata dapat menghilangkan lebih banyak minyak alami pada kulit. 

Dalam sebuah studi tahun 2012 yang mengkonfirmasi hal ini, menyimpulkan bahwa surfaktan (yang memungkinkan pembersih memecah minyak, sehingga air dapat membersihkan kotoran) mencegah molekul kulitmu tetap alami dan sehat.

3. Menggunakan micellar water

ilustrasi wajah mulus

Photo :
  • U-Report

Selanjutnya kamu bisa menggunakan micellar water sebagai cara membersihkan wajah. Micellar water sendiri merupakan air yang mengandung molekul misel yang menempel pada riasan dan kotoran dan memecahnya. Kamu hanya tinggal membersihkan wajah memakai micellar water dengan menggunakan kapas. 

Micellar water juga dapat membersihkan wajah dari make up maupun skincare. Bahkan bisa digunakan meskipun wajahmu tidak menggunakan apa-apa, hanya sekadar membersihkannya saja. Selain itu, micellar water ini juga jangan praktis dan ekonomis untuk dibawa ke mana-mana sebagai pembersih wajah. Misalnya saat sedang berkemah atau di suatu tempat yang tidak ada air, micellar water dapat membersihkan wajah kamu bahkan tanpa perlu dibilas. 

4. Membersihkan wajah menggunakan tangan

Ilustrasi membersihkan wajah.

Photo :
  • Unsplash

Dalam sebuah studi menunjukkan bahwa jumlah bakteri yang menumpuk di spons atau alat skincare lainnya membuktikan bahwa mungkin menggunakan alat tersebut bukanlah ide yang bagus. Kecuali jika kamu selalu membersihkan alat tersebut dengan larutan pemutih. 

Dalam membersihkan wajah, kamu hanya direkomendasikan untuk menggunakan tangan saja sebagai alat untuk membersihkannya. Tentunya menggunakan tangan yang sudah diberi pembersih wajah. 

5. Bersihkan juga bagian leher dan rahang

Leher menghitam.

Photo :
  • U-Report

Tahukah kamu bahwa rahang dan leher merupakan bagian yang rentan terhadap penumpukan kotoran? Jadi, bagian rahang dan leher tersebut juga memerlukan perhatian untuk dibersihkan.

Saat kamu membersihkan wajah dengan memijatnya, kamu juga bisa menggosok lembut jari dengan gerakan ke atas untuk melancarkan sirkulasi dan mendorong kulit tetap kencang dan terangkat secara alami. Pijatan lembut tersebut dapat membantu merelaksasi dan memberi istirahat pada otot wajah yang dibutuhkan.

6. Keringkan dengan handuk lembut

Ilustrasi mengeringkan wajah dengan handuk

Photo :
  • instagram.com/pibuupage

Cara membersihkan wajah yang benar berikutnya adalah mengelap wajah dengan handuk yang lembut saat kamu ingin wajahmu cepat kering. Setelah membersihkan wajah dan untuk mengeringkannya sebaiknya kamu tidak menggunakan handuk atau bahan kain lain yang kasar. Karena itu akan merusak permukaan kulit dan mungkin bisa membuat lecet. 

Menggunakan handuk lembutnya juga harus pelan dan lembut. Kamu bisa menepuk lembut dengan handuk antimikroba yang lembut. Ingat jangan menggosok muka dengan kuat, pelan-pelan saja. Saat menepuk wajah dengan handuk juga kamu harus berhati-hati saat melakukannya di sekitar area bawah mata yang sensitif.

7. Jangan terlalu sering mencuci wajah

Cara membersihkan wajah

Photo :
  • Freepik

Biasanya orang seringkali terlalu berlebihan membersihkan wajah mereka, misalnya sebanyak tiga kali dalam sehari. Hal itu dirasa agak terlalu berlebihan. Apalagi bagi orang yang tipe kulitnya cenderung kering. Membersihkan wajah terlalu sering sangat tidak disarankan. Bersihkan wajah yang sewajarnya saja dua kali dalam sehari. 

Lalu, kapan saja waktu yang tepat untuk membersihkan wajah agar tidak terlalu sering dilakukan? Penelitian menunjukkan bahwa mempertahankan ritme sirkadian kulitmu dapat membantu melindunginya dari kerusakan. Kamu bisa membersihkan wajah saat matahari terbenam, bukan setelahnya.

Itulah sejumlah cara membersihkan wajah dengan baik dan benar yang dianjurkan untuk dilakukan dalam sehari-hari. Bagi kamu yang sebelum mengetahuinya, mulai sekarang cara-cara di atas bisa kamu terapkan agar wajahmu tetap terjaga dan sehat. Selalu ingat bahwa apapun yang berlebihan tidak baik, termasuk membersihkan wajah secara berlebihan. Semoga tulisan cara membersihkan wajah ini dapat bermanfaat bagi kamu yang membacanya.

Buah Alpukat - Photo by Kelly Sikkema on Unsplash

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Alpukat, buah lezat yang seringkali dijuluki sebagai mentega alami, bukan hanya memberikan cita rasa yang lezat di dalam hidangan, tetapi juga menawarkan sejumlah manfaat

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024