Ini Alasan Mengapa Hari Bipolar Sedunia Begitu Penting

Ilustrasi bipolar
Sumber :
  • mhanational.org

VIVA – Pada tanggal 30 Maret setiap tahun, dunia berkumpul untuk meningkatkan kesadaran akan gangguan kesehatan mental yang memengaruhi hampir 6 juta orang Amerika, masing-masing dengan cara yang berbeda.

Geger Seorang Pegawai Museum Pajang Karya Seninya Dekat Lukisan Legendaris

Gangguan bipolar memiliki dampak yang jauh melampaui angka. Pada Hari Bipolar Sedunia, berikut beberapa aspek gangguan bipolar yang penting untuk dipahami, sehingga Anda bisa membantu memerangi stigma sosial, dikutip dari mhanational.org.

Gangguan bipolar memengaruhi setiap aspek kehidupan

Hari Kesadaran Autisme Sedunia, Gimana Cara Tunjukkan Kepedulian?

Mungkin sulit untuk sepenuhnya memahami dampak gangguan bipolar pada seseorang karena ini adalah penyakit yang tidak terlihat. Seperti yang dijelaskan oleh vlogger bp Magazine Natasha Tracy dalam sebuah videonya, hal itu dapat melumpuhkan --memengaruhi hubungan, pekerjaan, dan semua aspek kehidupan sehari-hari—mulai dari tidur hingga mandi.

Gangguan bipolar memiliki banyak penyebab, mulai dari genetika hingga peristiwa kehidupan

Akhir Tragis Penghina Nabi Muhammad SAW

Setelah sebuah penelitian yang berlangsung hampir dua dekade, tim dari University of Michigan menemukan bahwa tidak ada satu pun perubahan genetik, peristiwa kehidupan, atau ketidakseimbangan kimiawi otak yang dapat menjadi akar penyebabnya dari gangguan bipolar. Seringkali, ini adalah kombinasi dari beberapa faktor biologis dan lingkungan yang dapat memicu gangguan bipolar.

Gangguan bipolar jarang ada sendirian

Seolah-olah gangguan mood yang melibatkan depresi jangka panjang dan episode manik tidak cukup untuk ditangani, gangguan bipolar juga dapat datang dengan kondisi fisik dan psikologis lain yang perlu dikhawatirkan. Ini termasuk gangguan metabolisme dan migrain.

Gangguan bipolar setiap orang berbeda

Gangguan bipolar seperti sidik jari dan kepingan salju—tidak ada dua orang yang memiliki gejala yang sama persis dan setiap diagnosis dapat sangat bervariasi. Namun, ada dua jenis utama gangguan bipolar: Bipolar I yang ditandai dengan satu atau lebih episode manik yang berlangsung setidaknya satu minggu dan memerlukan rawat inap; dan bipolar II, yang ditandai dengan episode yang lebih depresif.

Ada banyak selebritas yang hidup dengan gangguan bipolar

Demi Lovato

Photo :
  • Instagram/@ddlovato

Selebriti termasuk Demi Lovato, Richard Dryfuss, dan Mary Lambert menggunakan platform terkenal mereka untuk memerangi stigma gangguan bipolar. 

Demi Lovato khususnya menjadi berita utama karena membawa CAST Foundation dalam Tur Tell Me You Love Me miliknya. CAST adalah perpanjangan dari organisasi kesadaran kesehatan mental yang berbasis di Los Angeles yang menurut Demi membantunya tetap sadar selama enam tahun.

Mungkin ada hubungan seniman

Tahukah Anda bahwa Hari Bipolar Sedunia jatuh pada hari ulang tahun Vincent van Gogh? Van Gogh, dianggap sebagai salah satu seniman paling berpengaruh sepanjang masa, secara anumerta didiagnosis memiliki gangguan bipolar. 

Wajah seniman terkenal lainnya adalah Carrie Fisher, yang dikenal karena perannya sebagai Putri Leia dalam franchise Star Wars. Dia dianggap sebagai pahlawan wanita karena memberontak terhadap stigma kesehatan mental.

Ini mengancam jiwa, dan dukungan sangat penting

Diperkirakan 1 dari 5 orang yang didiagnosis dengan gangguan bipolar meninggal karena bunuh diri. Hari Bipolar Sedunia adalah kesempatan untuk menunjukkan kepada mereka yang hidup dengan tantangan sehari-hari dari kondisi ini bahwa mereka tidak sendirian, mereka mendapat dukungan Anda, dan selalu ada harapan.

Hidup dengan gangguan bipolar mungkin tidak mudah, tetapi seperti yang pernah dikatakan van Gogh sendiri: “Awalnya mungkin lebih sulit dari apa pun, tetapi tetaplah hati, semuanya akan baik-baik saja.”

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya